5 Alasan Air Putih Sangat Penting bagi Tubuh

Tak hanya menghilangkan dahaga, air putih ternyata mengandung segudang manfaat bagi yang meminumnya. Mencukupi kebutuhan air putih setiap hari akan mendatangkan banyak manfaat dan mencegah berbagai risiko penyakit. Jadi, jangan sampai kurang minum air putih yaa!!

***

Kebutuhan air bagi tubuh manusia ternyata sangat penting. Perlu diketahui, komposisi tubuh manusia 70%-nya terdiri dari air. Kebutuhan air untuk tubuh dapat tercukupi melalui minuman yang diminum, seperti air putih.

Secara umum, Air putih baik untuk dikonsumsi karena tidak berasa dan tidak tercampur kandungan lain. Air yang tidak berasa ini akan mengurangi beban yang harus diolah tubuh dalam menjalankan metabolisme. Air yang kita minum rupanya sangat bermanfaat untuk melancarkan proses dalam tubuh. Mau lebih tahu tentang manfaat air putih? Berikut 5 manfaat yang ada dalam air yang biasa kita minum sehari-hari.

1. Mencegah Dehidrasi

Memenuhi kebutuhan air tentunya akan menghindarkan kita dari dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi ketika cairan tubuh lebih banyak yang keluar daripada yang masuk. Dengan kata lain, tubuh kekurangan cairan. Tubuh yang kekurangan air putih akan membuat fungsi tubuh tidak baik.

Dalam kondisi yang lebih parah, kekurangan asupan air putih dapat menyebabkan gangguan fungsi ginjal yang sangat tergantung pada asupan air putih untuk penyaringan darah.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Air putih yang masuk ke tubuh akan menetralkan kondisi tubuh dari zat-zat yang ada, salah satunya garam. Kandungan garam yang berlebih dalam tubuh akan membuat darah menjadi kental dan sulit dipompa oleh jantung. Darah yang kental ini akan membuat jantung kesulitan dalam melakukan kerjanya sehingga meningkatkan risiko gagal jantung dan penyakit lainnya.

Air bermanfaat untuk membilas kelebihan garam dalam tubuh dan dibuangnya melalui urine. Secara umum, minum air yang cukup dan rutin dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 54% bagi pria dan 41% bagi wanita. 

3. Meningkatkan Konsentrasi

Pernah gak sih, kamu merasa sulit berpikir lalu diikuti rasa haus? Atau kamu sering kesulitan berpikir saat haus? Atau bahkan tubuhmu merasa kurang nyaman saat merasa haus? Kalau kamu sering mengalami hal demikian, bisa jadi kamu kurang minum air putih.

Berdasarkan studi, kekurangan cairan atau dehidrasi dalam kadar ringan dapat merusak banyak aspek fungsi otak. Jurnal American College of Nutrition tahun 2012 menyebutkan dehidrasi ringan mengurangi 2% tingkat konsentrasi dan perhatian seseorang. Minum air yang cukup mampu mengembalikan konsentrasi yang telah buyar.

Selain itu, terpenuhinya kebutuhan air bagi tubuh akan meningkatkan kemampuan daya ingat. Jadi jangan sampai kurang minum air ya!

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Minum air putih dalam jumlah cukup ternyata dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang meningkat dapat membuat proses dalam tubuh lancar sehingga pencernaan pun lancar. Selain itu, air dapat mengurangi risiko sembelit (konstipasi), mengurangi risiko maag, dan mengefisienkan pembakaran kalori. Selain itu, air dapat membantu penyerapan nutrisi dari makanan sehingga kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi.

baca juga : sistem pencernaan manusia

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Siapa yang ingin badan ideal? Tentunya semua orang ingin badan yang ideal dan sehat. Ternyata, air putih yang biasa kita minum dapat membantu menurunkan berat badan. Konsumsi air dapat membantu tubuh untuk membakar lemak dan mencerna makanan.

Penelitian dalam Obesty Journal pada 2008 menunjukkan bahwa mengonsumsi air selama 12 bulan dapat mengurangi berat badan hingga 2 kg pada wanita. Tentunya, ada beberapa tips mengonsumsi air untuk menurunkan berat badan. Pertama, minum dalam jumlah cukup. Kedua, minum sebelum makan agar menekan rasa lapar. Ketiga, tidak menambahkan perasa apapun agar tetap rendah kalori.

Ternyata, banyak sekali manfaat air bagi tubuh. Jadi, pastikan kamu minum dalam jumlah cukup atau sekitar 2-3 liter per hari. Berikut tips minum air putih yang bisa dibaca di sini.

Tonton juga video ini yaa!