manfaat air kelapa

10 Manfaat Air Kelapa untuk Kesehatan

Anda bingung dengan manfaat air kelapa bagi tubuh? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel kami, karena kami kali ini akan membahas tentang manfaat air kelapa bagi tubuh. Langsung saja simak pemabahsan kami dibawah ini.

Air kelapa sering kita jumpai, bahkan kita sering meminumnya. Air kelapa sudah terkenal dengan berbagai nutrisi dan manfaat yang terkandung didalamnya. Banyak sekali manfaat yang Anda peroleh jika Anda rutin meminum air kelapa ini. Air kelapa memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi sebagai pencegah kerusakan sel tubuh. Dan masih banyak lagi kandungan – kandungan yang dimiliki oleh air kelapa. Langsung saja kita simak penjelasan dibawah ini mengenai manfaat air kelapa.

1. Memperlambat Penuaan

manfaat air kelapa

Manfaat air kelapa yang pertama adalah dapat memperlambat proses penuaan yang terjadi pada diri kita. Air kelapa dapat membuat kulit lebih halus dan lebih muda tentunya. Air kelapa mengandung sitokinin yang dapat berfungsi sebagai pengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel. Kandungan sitokinin ini dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menhidrasi jaringan ikat, dan juga mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan umur.

2. Mengatur Tekanan Darah dan Kolesterol

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah dapat berfungsi sebagai pengatur tekanan darah dan kolesterol. Air kelapa mengandung kalium yang tinggi dan natrium yanng rendah, sehingga air kelapa baik untuk kesehatan jantung karena dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

3. Bagus untuk Kesehatan Pencernaan

manfaat air kelapa

Manfaat air kelapa berikutnya adalah air kelapa bagus untuk kesehatan pencernaan. Air kelapa mengandung osmolaritas yang lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare. Osmolaritas air kelapap lebih tinggi dikarenakan, pada air kelapa terdapat kandungan asam amino, enzim mineral, dan asam lemak sehingga air kelapa memiliki kadar osmolaritas tinggi.

4. Mencegah Batu Ginjal

Air kelapa juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya penaykit batu ginjal. Batu ginjal terbentuk ketika kalsium, asam oksalat, dan komponen lain mengendap menjadi kristal dan terbawa didalam urine. Nah, pada kandungan air kelapa dapat mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih, selain itu air kelapa juga dapat mengurangi terbentuknya kristal pada ginjal. Hal ini terjadi dikarenakan air kelapa dapat meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akiat tingginya kadar oksalat didalam urin.

5. Mendukung Fungsi Organ

Air kelapa menjadi sumber utama dari arginin, yaitu asam amino yang dapat membantu mengatasi stres tubuh saat Anda berolahraga. Pada dasarnya, asam amino juga membantu pembentukan protein sehingga bermanfaat untuk regenerasi sel – sel pada organ tubuh. Sementara itu, kandungan enzim yang ada di dalam air kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh. Enzim yang bekerja untuk mendukung khasiat air kelapa ini adalah asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan lainnya.

6. Menghindari Radikal Bebas

Manfaat air kelapa berikutnya adalah dapat menghindari dari radikal bebas. Saat tubuh terlalu banyak mengandung radikal bebas, maka tubuh akan mecapai kondisi stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat. Peneliti menemukan bahwa antioksidan yang terdapat pada air kelapa berkhasiat untuk meredakan efek stres oksidatif ini sehingga mampu menangkal zat radikal yang berbahaya.

7. Pengganti Cairan Tubuh yang Hilang

manfaat air kelapa

Manfaat air kelapa selanjutnya adalah dapat berfungsi sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang. Kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat olahraga. Namun, untuk mengembalikan hidrasi agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan, air kelapa harus diminum dalam jumlah banyak. Selain itu, risiko untuk merasa mual, kenyang, dan sakit perut juga lebih sedikit jika minum air kelapa.

8. Menguatkan Sistem Imun

Manfaat air kelapa juga dapat menguatkan sistem imun tubuh. Pada penelitian yang pernah dilakukan menyebutkan bahwa air kelapa mengandung asam laurat yang memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antivirus, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

9. Menurunkan Berat Badan

Manfaat air kelapa juga dapat menurunkan berat badan, hal ini dikarenakan air kelapa memiliki kandungan lemak, gula, dan kalori yang rendah, sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

10. Meningkatkan Kesehatan Seksual

manfaat air kelapa

Manfaat air kelapa dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan seksual. Air kelapa mengandung elektrolit alami, air kelapa memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan seksual. Minuman menyegarkan ini sarat dengan vitamin dan mineral untuk meningkatkan produksi hormon seks, terutama vitamin C, dan magnesium.

Itulah sedikit penjelasan kami mengenai manfaat air kelapa bagi tubuh, masih banyak manfaat air kelapa yang bisa Anda temui, yang kami sebutkan diatas hanyalah sebagian kecil saja. Semoga artikel kami ini dapat membantu menambah wawasan Anda mengenai manfaat air kelapa bagi tubuh. Apabila ada kesalahan kata kami mohon maaf sebesar – besarnya.

Terimakasih dan semoga hari Anda selalu menyenangkan!


Baca juga: