40 Makanan Khas Indonesia Terbaik #1

40 makanan khas indonesia terbaik

Anda ingin berwisata kuliner mencari makanan khas Indonesia terbaik? Tepat sekali bila anda membuka artikel ini. Karena artikel ini akan membahas makanan khas indonesia terbaik yang bisa anda gunakan sebagai referensi. Berikut pembahasannya.

 

Makanan Khas Daerah di Indonesia :

  1. Sate Bandeng Banten

Sate bandeng Banten merupakan makanan khas Indonesia yang spesial karena bandeng yang dibakar atau disate ini memiliki duri dan tulang yang lunak sehingga memudahkan anda saat menikmatinya.

 

  1. Rujak Cingur Jawa Timur

Rujak cingur dari Jawa timur ini dinamai cingur karena rujak ini menggunakan potongan bagian mulut sapi yang dalam bahasa jawa disebut cingur yang diolah dengan direbus. Pada umumnya rujak cingur ini dikonsumsi menggunakan sayuran, lontong dan menggunakan saos petis yang nikmat.

 

  1. Empal Gentong Cirebon

Empal gentong adalah jenis makanan gulai yang berasal dari Cirebon. Makanan tradisional ini ada sejak tahun 1994.

 

  1. Bebek Goreng Sinjay Madura

Madura tak hanya terkenal akan satenya, namun juga terkenal karena bebek goreng sinjay yang gurih dan empuk.

 

  1. Gudeg Yogyakarta

makanan khas indonesia

Makanan khas Indonesia selanjutnya adalah gudeg dari kota pelajar Yogyakarta. Salah satu bahan utama dalam makanan ini adalah buah nangka yang masih muda. Biasanya dihidangkan bersama sambal krecek.

 

  1. Soto Ayam Ambengan Surabaya

Selanjutnya adalah soto ayam Ambengan Surabaya, yang menjadi ciri khas dari soto ini adalah kuahnya yang berwarna kuning karena kuah soto ini menggunakan kunir sebagai salah satu bahan atau bumbunya.

 

  1. Nasi Lawar Bali

Kemudian ada nasi lawar atau biasa disebut juga dengan nasi Campur Bali, masakan ini adalah gabungan dari irisan daging dan sayuran. Pada umumnya makanan ini di hidangkan dengan di berikan bumbu dan di aduk jadi satu.

 

  1. Daging Asap NTT

Kemudian di wilayah NTT terdapat makanan khas yang bernama daging sei atau daging asap. Lokasi tepatnya berada di kab. Rote Ndao. Daging sei adalah irisan tipis daging yang kemudian diasap sampai matang. Pada umumnya daging yang telah diasap dapat langsung dikonsumsi atau juga dapat diolah menjadi masakan yang lain.

 

  1. Ayam Taliwang Lombok

Makanan khas Indonesia selanjutnya adalah ayam taliwang yang berasal dari Lombok. Masakan ini berbahan dasar daging ayam kampung yang masih muda.

 

  1. Surabi Bandung

Makanan khas Indonesia selanjutnya adalah surabi Bandung, makanan ini terbuat dari tepung terigu dan tepung beras yang dijadikan adonan kemudian dipanggang menggunakan wadah yang terbuat dari tanah liat.

 

  1. Soto Banjar Kalimantan Selatan

makanan khas indonesia

Soto banjar dari daerah Kalimantan Selatan ini memiliki ciri khas yang menggunakan rempah sebagai tambahan bumbunya, misalnya saja kayu manis, biji pala, san cengkih, kemudian ditambah susu sedikit yang mana ini membuat soto ini memiliki cita rasa yang Indonesia banget.

 

  1. Kepiting Soka Kalimantan Utara

Di daerah Kalimantan Utara, terdapat makanan yang ber bahan dasar kepiting soka atau kepiting yang memiliki cangkang lunak. Di lain sisi, daging kepiting ini juga lumbut sekali, biasanya diolah dengan saus asam manis.

 

  1. Ayam Cincane Kalimantan Timur

Kalimantan Timur juga memiliki makanan khas yang berbahan dasar ayam, Ayam Cincane namanya. Ayam Cincane adalah daging ayam kampung yang diolah menggunakan bumbu yang berwarna kemerahan, masakan ini banyak dijumpai di acara besar atau perayaan.

 

  1. Juhu Singkah Kalimantan Tengah

Selanjutnya makanan khas dari Kalimantan Tengah, lebih tepatnya Palangkaraya. Palangkaraya memiliki makanan khas yang bernama Juhu Singkah atau biasa disebut juga dengan umbut rotan. Ini merupakan rotan muda yang diolah dengan ikan baung dan dimasak dengan kuah santan.

 

  1. Sup Konro Sulawesi Selatan

Kemudian Sulawesi Selatan memiliki makanan khas Indonesia yang bernama Sup Konro, makanan ini adalah sup iga sapi yang lembut. Iga sapi ini akan membuat anda terpesona saat memakannya.

 

  1. Sup Ikan Jantung Pisang Sulawesi Tengah

Di Sulawesi Tengah terdapat makanan khas yang berupa sup Ikan Jantung Pisang, makanan dari Sulawesi Tengah ini memadukan antara ikan yang direbus dengan kuah bumbu rempah.

 

  1. Ikan Asap Jayapura

Ikan asap dari Jayapura, adalah makanan yang  terbuat dari ikan yang diolah dengan digantung di atas bara api kecil yang ber asap selama berjam-jam.

 

  1. Binte Biluhuta Gorontalo

Makanan khas Indonesia dari Gorontalo ini adalah sup jagung yang terdapat rasa manis, pedas, dan asin.

 

  1. Bubur Tinutuan Sulawesi Utara

Bubur Tinutuan dari Sulawesi Utara ini merupakan bubur yang pada umumnya dihidangkan menggunakan daging ayam yang disuwir dan kecap manis. Kemudian bahan dasarnya adalah sayuran, seafood, dan jagung.

 

  1. Mie Aceh

Mie yang berasal dari aceh ini memiliki ukan mie yang cukup besar, mie ini diolah dengan kuah rempah yang nikmat.

 

  1. Rendang Sumatera Barat

makanan khas indoensia 1

Rendang, anda pasti tau makanan yang satu ini. Makanan khas Indoensia ini menjadi makanan terenak di dunia karena rasanya yang sangat mantap.

 

  1. Gulai Belacan Riau

 

  1. Mie Bangka

 

  1. Tempoyak Ikan Patin Jambi

  1. Pendap Bengkulu

  1. Pempek Sumatera Selatan

  1. Seruit Lampung

  1. Tempe Mendoan Jawa Tengah

  1. Kue Cucur Sulawesi Barat

  1. Tahu Campur Surabaya

  1. Gohu Ikan Maluku Utara

Gohu Ikan dari Maluku Utara ini mirip dengan sushi dari jepang karena makanan ini adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari ikan cakalang atau ikan tuna yang masih mentah kemudian dibumbui dengan jeruk nipis, daun kemangi, dan garam.

 

  1. Ikan Bakar Manokwari Papua Barat

Manokwari Papua Barat memiliki makanan khas berupa ikan bakar yang proses pengolahannya berbeda dengan ikan bakar lainnya. Karena proses memasaknya adalah ikan dibakar terlebih dahulu kemudian baru dibumbui menggunakan sambal yang diulek kasar.

Baca juga: Tips menabung yang bagus

  1. Tude Bakar Manado

Makanan khas Manado Tude bakar ini dibuat menggunakan bahan dasar ikan gurame atau ikan nila. Makanan ini sangat cocok bila digabungkan dengan saus dabu-dabu.

 

  1. Lumpia Semarang

Semarang memiliki lumpia yang berisi telur, rebung, udang atau daging ayam. Anda bisa mencoba makanan ini bila berkunjung ke Semarang.

 

  1. Bubur Sagu Ambon

Bubur sagu khas Ambon ini sebenarnya mirip dengan bubur kacang ijo pada umumnya, bubur ini di buat menggunakan sagu yang diolah dengan gula dan santan, rasanya mantap.

 

  1. Sambal Seruit Lampung

Salah  satu yang terkenal dari lampung adalah sambal seruit.

 

  1. Soto Betawi

Betawi selain terkenal dengan ondel-ondelnya, betawi juga terkenal dengan soto betawinya yang sangat khas. Soto betawi memiliki rasa segar dan gurih, dan biasanya ditambah emping yang menambah rasa renyah pada soto.

 

  1. Bika Ambon Medan

Adalah makanan khas indoensia yang berupa roti atau kue yang berasal dari medan, makanan ini memiliki banyak rasa yang bisa anda coba.

 

  1. Karedok Bandung

Bandung memiliki makanan khas indonesia yang bernama karedok, makanan ini terbuat dari sayuran yang masih mentah yang disiram dengan bumbu saus kacang.

 

  1. Pedesan Entog Indramayu

Pedesan entog adalah makanan yang mirip dengan gulai, makanan ini berbahan dasar entog atau unggas yang mirip bebek.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda, semoga apa yang telah kami sampaikan mengenai 40 makanan khas indonesia terbaik ini bisa menjadi referensi bagi anda dalam memilih makanan yang ingin dicoba. Terima kasih.


Baca juga :