30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat

makanan khas sunda

Kamu sedang mencari informasi tentang makanan khas Sunda yang lezat? Tepat sekali kamu berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo. Karena disini kami akan bahas tentang rekomendasi makanan khas Sunda yang lezat, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Rekomendasi Makanan Khas Sunda yang Lezat

1. Karedok

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 1

Karedok adalah makanan  khas Sunda yang khas dengan daerah tersebut, karedok sendiri merupakan makanan yang disajikan dengan sayur-sayuran mentah. Banyak yang menganggap bahwa karedok dan gado-gado merupakan makanan yang sama, walaupun pada dasarnya berbeda. Karedok mirip dengan makanan lain yaitu pada siraman bumbu kacang yang melimpah di atas makanannya, dan juga tambahan kerupuk diatas sayuran yang telah disiram bumbu kacang.

2. Batagor

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 2

Batagor atau bakso tahu goreng adalah makanan khas Sunda yang berasal dari Bandung, awalnya makanan tersebut berasal dari keturunan Tionghoa. Batagor sendiri memiliki komposisi siomay goreng, dan tahu yang biasanya berisi ikan tenggiri. Makanan khas Sunda ini sudah tidak asing bagi kebanyakan orang di Indonesia, umumnya batagor dijual serta disajikan dengan bumbu kacang, sambel, kecap, dan terkadang jeruk nipis.

3. Lotek

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 3

Lotek adalah makanan yang hampir sama dengan karedok, makanan tersebut sama-sama menggunakan bumbu kacang dan kerupuk. Perbedaannya terdapat pada Lotek lebih banyak menyajikan sayur-sayuran rebus seperti kapri, bayam, dan kacang panjang. Untuk pelengkap lotek juga bisa kamu nikmati dengan nasi atau lontong, agar membuat perut kamu semakin kenyang.

4. Soto Bandung

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 4

Soto Bandung hampir sama dengan soto daerah lainnya, soto Bandung termasuk makanan khas Sunda yang minimalis dan umumnya menggunakan daging sapi yang khas daripada daerah lain. Perbedaan soto ini dengan soto lain adalah adanya penamabahan kacang kedelai goreng dan irisan lobak di kuah sotonya.

5. Sate Maranggi

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 5

Makanan khas Sunda yang sudah sangat tenar di seluruh dunia, sate maranggi dapat berbahan dasar daging sapi atau daging ayam. Makanan ini juga memiliki kisah yang menarik untuk diketahui, awalnya sate maranggi adalah makanan asing dari para pendatang China yang menetap di Indonesia. Pada awalnya daging yang digunakan adalah dagin babi, namun diganti dengan daging sapi atau ayam untuk menyesuaikan budaya yang ada di Sunda.

6. Tahu Sumedang

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 6

Makanan khas Sunda selanjutnya adalah tahu Sumedang, tahu Sumedang berbeda dengan tahu goreng lainnya. Tahu Sumedang memiliki suatu ciri khas pada tekstur makanan yang khas, ketika dimakan kamu juga akan merasakan kerenyahan dan kering bercampur dengan bahan dalamnya yang lembut. Untuk merasakan sensasi tersebut, kamu harus memakannya ketika tahu tersebut masih hangat sebelum menjadi dingin.

7. Lepet

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 7

Makanan ini sering disebut sebagai lepet di Jawa Tengah dan Jawa Timur dan leupeut di Sunda. Lepet sendiri adalah makanan khas Sunda yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kacang, campuran kedua bahan tersebut dimasak dalam santan kemudian dibungkus dengan daun hingga kering. Makanan lepet yang sudah kering bisa langsung dimakan, lepet memiliki tekstur yang padat dan lengket dibanding lontong.

8. Combro

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 8

Makanan khas Sunda selanjutnya adalah combro, makanan ini tergolong sebagai makanan ringan yang sederhana. Combro juga banyak ditemui di daerah lain tidak hanya di Sunda saja, makanan ini berbentuk oncom yang dibalut dengan sesuatu. Selain dengan isian oncom, kamu juga bisa menemui isian seperti cabai rawit utuh agar lebih terasa nikmat.

9. Bapatong

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 9

Bapatong atau disebut baso kupat gentong, merupakan makanan yang wajib kamu coba jika sedang berwisata di daerah Bogor. Bapatong sendiri merupakan nama tempat kuliner terkenal di Bogor dengan menu andalannya yaitu bakso dan kuah yang sangat menggugah selera lidah para wisatawan, tekstur bakso yang lembut dengan kuah yang segar menjadi alasan hal tersebut. Selain bapatong kamu juga bisa menemukan menu lain seperti mie ayam, dan aneka varian bakso lainnya.

10. Awug

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 10

Awug adalah makanan khas Sunda yang berupa camilan, pada jaman dulu masyarakat Sunda memakannya dengan secangkir teh hangat. Camilan ini terbuat dari tepung beras, kelapa, daun pandan, dan gula merah serta memiliki tampilan hampir mirip dengan kue putu. Awug paling pas untuk dinikmati saat masih hangat, karena jika dingin akan sedikit mengeras tekstur dari awug.

11. Ketimus

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 11

Makanan khas Sunda kali ini memiliki rasa yang manis, bahan yang digunakan adalah singkong dan parutan kelapa yang dicampur dengan gula merah. Makanan ini sangat cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat, sama seperti awug.

12. Tahu Gejrot

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 12

Tahu gejrot menjadi makanan khas Sunda yang hampir bisa ditemukan dimanapun, tahu gejrot berasl dari Cirebon. Tahu gejrot penyajiannya dengan tahu ditumbuk lalu dibumbui kuah pedas, isi tahu gejrot juga kosong agar bumbu yang digunakan dapat meresap sempurna. Hal tersebut menjadikannya berbeda dengan isi tahu sumedang.

13. Gepuk

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 13

Makanan khas Sunda selanjutnya adalah gepuk, makanan ini memiliki suatu keunikan dari cara pembuatannya. Pertama daging sapi direbus hingga setengah matang dan dipukul untuk menjadi lebih empuk, kemudian daging sapi akan dicampur dengan adonan bumbu yang telah disiapkan. Langkah terakhir adalah merebus daging tersebut hingga matang, lalu jadilah gepuk.

14. Cungkring

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 14

Makanan cungkring merupakan makanan khas Sunda yang menggunakan bahan olahan kaki sapi seperti kikil, kulit, damrat, dan urat sapi sebagai bahan utama makanan ini. Pada penyajian cungkring, terdapat 4 jenis bumbu yang dapat digunakan. Lalu hal terakhir dalam penyajian cungkring dihidangkan dengan cara menyiramkannya dengan bumbu kunyit, bumbu kacang, kecap, dan cabai.

15. Peuyeum

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 15

Seringkali peuyem disamakan dengan tapai singkong, karena berasal dari fermentasi singkong. Namun terdapat perbedaan antara peuyem dan tapai singkong, yaitu peuyem memiliki daya tahan yang lebih lama dan tidak berair seperti tapai singkong. Makanan khas Sunda ini dibuat dengan dari bahan singkong yang sudah dipotong dan direndam sampai matang.

16. Dodol Garut

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 16

Dodol Garut menjadi makanan khas Sunda yang sangat terkenal di Indonesia. Dodol ini memiliki varian rasa seperti, dodol nanas, dodol wijen, dodol kacang, dll. Dodol Garut memiliki suatu ciri khas dibandingkan dengan dodol lain, yaitu pada teksturnya yang legit.

17. Galendo

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 17

Makanan galendo adalah camilan tradisional dari Ciamis, galendo berbahan dasar kelapa. Kelapa yang telah diolah menjadi serbuk kemudian dilakukan proses penekanan pada bahan tersebut hingga menjadi galendo. Saat ini terdapat beberapa toko yang telah menyediakan varian rasa galendo yang cocok dengan lidah para anak muda.

18. Gemblong

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 18

Gemblong merupakan makanan khas Sunda yang terbuat dari beras ketan putih. Makanan ini berupa jajanan yang dikenal karena menggunakan gula aren. Gemblong memiliki nama lain di Jawa Timur, di sana disebut dengan nama getas.

19. Kadedemes

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 19

Kadememes merupakan makanan khas Sunda yang dibuat dengan berbahan dasar kulit singkong, ternyata kulit singkong juga masih bisa menjadi makanan. Pertama kulit singkong dicuci bersih, lalu direbus dan ditiriskan. Setelah kering, bahan hasil rebusan bisa digunakan sebagai campuran tumis untuk lauk saat memakan nasi.

20. Opak

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 20

Camilan khas Sunda yang renyah dan mirip dengan kerupuk, namun opak terbuat dari tepung beras yang telah diberi bumbu. Adonan opak yang telah diolah dan dibumbui biasanya bertekstur agak lunak. Agar membuat opak kering dan renyah, adonan tersebut dipotong tipis-tipis dan dikeringkan.

21. Bakakak Hayam

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 21

Makanan khas Sunda yang satu ini merupakan makanan yang berbahan utama daging ayam, biasanya daging yang digunakan adalah dada ayam yang dibelah hingga terbuka lalu ditusukkan hingga berbentuk seperti sebuah bakakak. Lalu cara masak ayam juga beragam, bisa dengan cara digoreng atau dibakar.

22. Gerem Asem

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 22

Makanan khas Sunda satu ini terbuat dari cengkeh dan bawang merah yang dicampuri dengan cabe cengek dan daun salam, daging yang digunakan adalah daging ayam atau daging bebek. Gerem asem memiliki suatu keunikan dengan rasa pedas yang disajikan oleh makanan ini.

23. Angeun Lompong

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 23

Angeun lompong menjadi makanan khas Sunda yang kini mulai langka, makanan ini berbentuk sayur yang sangat cocok dikonsumsi para vegetarian. Lompong sendiri adalah batang talas, yang biasanya dimanfaatkan sebagai keripik dan bahan lauk saat memakan nasi. Namun saat ini, makanan  yang satu ini sulit untuk kamu jumpai saat sedang berwisata di daerah Sunda.

24. Ulukutek Leunca

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 24

Makanan yang satu ini memiliki kisah yang unik, pada awalnya makanan ini berasal dari ketidaksengajaan oleh seorang nenek yang memiliki kebun buah leunca. Nenek tersebut mencoba cara baru untuk menikmati leunca dengan cara di ulek, lalu diberi bumbu dan dicampur dengan oncom. Saat ini makanan leunca sangat terkenal, dan biasanya dinikmati dengan sambal terasi dan sagu panas.

25. Mie Kocok

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 25

Rekomendasi makan Sunda selanjutnya adalah mie kocok. Jika kamu sedang berwisata di Bandung, pastinya kamu akan sering menemui menu mie kocok dijual di berbagai tempat. Mie kocok menggunakan mie pipih telur dan disajikan dengan kuah kaldu dan kikil, yang pastinya sangatlah lezat.

26. Tutut

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 26

Tutut atau keong sawah juga menjadi makanan yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Keong sawah dibersihkan lalu direbus dan diberi bumbu yang agak pedas agar semakin nikmat. Tutut juga menjadi makanan khas Jawa Barat yang kaya protein.

27. Nasi Liwet

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 27

Nasi liwet menjadi makanan yang sangat sering disajikan saat acara kumpul keluarga maupun kumpul kolega. Nasi liwet biasanya disajikan dengan tambahan ikan teri, tempe, tahu, daun serai, dan ayam goreng. Keunikan dari nasi liwet adalah rasa nasi yang sedikit manis dan kental karena penggunaan santen kelapa yang kental.

28. Nasi Tutug Oncom

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 28

Nasi tutug berasal dari Tasikmalaya, nasi ini merupakan campuran antara nasi dan oncom. Nasi tutug oncom seringkali disajikan di berbagai restoran yang ada di daerah Jawa Barat. Kamu juga bisa menambahnya dengan lauk seperti ikan asin, tempe, dan tahu.

29. Nasi Timbel

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 29

Nasi timbel hampir mirip dengan nasi liwet, hanya saja nasi timbel biasanya disajikan dengan bungkusan daun pisang. Nasi timbel dapat kamu dengan berbagai lauk yang tersedia pada warung makan tersebut, seperti sayur asam atau ikan asin.

30. Misro

30 Makanan Khas Sunda Yang Lezat 30

Makanan misro merupakan pasangan dari makanan combro yang tidak dipisahkan, misro juga berbahan dasar parutan singkong. Misro berisi gula merah bukan oncom seperti combro, misro sangat nikmat untuk dimakan saat sedang hangat. Lalu mengapa ini disebut pasangan combro, karena misro dikonsumsi untuk menghilangkan pedas dari combro.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang rekomendasi makanan khas Sunda, semoga informasi yang disampaikan tentang rekomendasi makanan khas Sunda.

Have A Nice Day 😊


Baca juga :