14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 1

Apakah kamu sedang nyari info oleh-oleh khas jogja untuk dibawa pulang? yuk simak rekomendasi 14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik buat kamu,

Liburan ke suatu tempat namun tak membawa oleh-oleh pasti kurang afdol rasanya. Banyak jenis oleh oleh khas jogja yang bisa Anda beli untuk dibagikan kepada keluarga di rumah atau rekan kerja di kantor. Oleh-oleh bisa berupa makanan, baju, pernak-pernik dan aksesoris, dan lain sebagainya.

Salah satu kota wisata yang tak pernah sepi wisatawan baik wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Kota Jogja. Jogja terkenal dengan adat budayanya yang masih sangat kental sehingga mudah sekali menemukan oleh-oleh di sini. Berikut beberapa rekomendasi oleh oleh khas Jogja yang bisa Anda bawa pulang untuk kerabat, teman dan keluarga:

Bakpia Pathok

oleh oleh khas jogja

Makanan khas Jogja yang satu ini memang sangat terkenal dan semua orang jika ke Jogja pasti akan membeli bakpia pathok sebagai oleh-oleh. Ada dua macam bakpia yakni bakpia kering dan bakpia kukus. Bakpia kukus bisa tahan 2-3 hari sedangkan bakpia kering bisa tahan hingga 1 minggu. 

Bakpia sendiri merupakan kue kecil manis yang didalamnya terdapat isian mulai dari kacang hijau hingga berbagai varian rasa lainnya seperti durian dan keju. Sedangkan pathok adalah suatu nama gang di Jogja yang warganya memproduksi bakpia sehingga menjadi sentra industri bakpia sampai saat ini. Biasanya pada kemasan tertulis Bakpia Pathok 25 atau Bakpia Pathok 75. Angka tersebut ternyata menunjukkan nomor rumah si pembuat bakpia.

Gudeg Kaleng

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 2

Semua orang tahu bahwa gudeg merupakan makanan khas Jogja. Apabila ditanya apa makanan khas Jogja pasti langsung terbesit kata gudeg di pikiran. Masakan yang bercita rasa manis ini terbuat dari buah nangka yang masih muda. Memasaknya pun harus dengan teknik khusus yaitu dimasak dengan bumbu selama minimal 7 jam dengan api kecil hingga bumbu meresap dan gudeg menjadi berwarna coklat.

Dulu gudeg hanya tersaji basah sehingga Anda harus menikmati langsung ditempat karena akan cepat basi. Namun sekarang gudeg sudah mulai dikeringkan dan dikemas dalam sebuah kaleng seperti sarden sehingga lebih memudahkan wisatawan yang ingin membawanya untuk oleh-oleh. Salah satu tempat oleh oleh Jogja yang menyediakan gudeg kering dalam kaleng adalah di Gudeg Bu Tjitro yang berada di Jl. Janti No.330, Modalan, Banguntapan.

Keripik Tempe Sagu

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 3

Salah satu macam oleh oleh yang bisa Anda beli adalah keripik khas Jogja yakni keripik tempe sagu. Keripik tempe yang satu ini berbeda dengan keripik tempe pada umumnya. Teksturnya lebih renyah biji tempenya masih terlihat jelas karena disatukan dengan sagu. Rasanya yang asin dan gurih cocok untuk dijadikan cemilan atau teman makan nasi. Pasti orang-orang terdekat Anda akan suka.

Peyek Tumpuk

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 4

Keripik khas Jogja lainnya yang bisa Anda beli sebagai oleh oleh adalah peyek tumpuk. Dinamakan peyek tumpuk karena bentuknya bertumpuk-tumpuk tak beraturan. Peyek ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan kacang tanah tanpa dihancurkan, sehingga bentuk kacang yang bulat-bulat masih terlihat seperti toppingnya.

Geplak

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 5

Jajanan pasar warna-warni ini bisa menjadi alternatif pilihan untuk menjadi oleh-oleh. Anda bisa membeli geplak di Malioboro atau Pasar Beringharjo. Jajanan yang terbuat dari ketan dan campuran kelapa ini tahan lama sehingga bisa dijadikan oleh-oleh khas dari Jogja.

Yangko

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 6

Mochi khas Jogja ini merupakan kue yang rasanya manis, cocok untuk dibeli sebagai oleh-oleh. Walaupun sepintas terlihat mirip dengan mochi Bandung, namun yangko ini terbuat dari tepung ketan sehingga teksturnya lebih padat daripada mochi Bandung. Ada berbagai variasi at atau durian. Salah satu toko oleh-oleh Jogja yang menjual yangko adalah Yangko Pak Prapto yang berada di Jl. Pramuka No 82, Yogyakarta.

Salak Pondoh Sleman

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 7

Salah satu referensi Ketika berburu oleh-oleh dari Jogja adalah salak pondoh Sleman. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar. Tempat budidaya salak pondoh yang terkenal di Jogja yaitu di Sleman tepatnya di lereng Gunung Merapi. Warga disana banyak membudidayakan salak sehingga Anda bisa dengan mudah membeli salak segar langsung dari petani.

Walang Goreng

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 8

Walang atau yang kita kenal sebagai belalang ini merupakan salah satu camilan khas dari Gunungkidul, Yogyakarta. Walaupun terlihat menggelikan namun makanan yang satu ini sangat tinggi protein. Harganya juga cukup terjangkau yakni mulai dari 20 ribu rupiah untuk satu toplesnya. Anda juga bisa mendapatkannya dengan mudah karena biasanya dijual di pinggir jalan sepanjang jalan di Gunungkidul.

Kerajinan Perak

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 9

Selain makanan, oleh-oleh dari Jogja juga bisa berupa pernak pernik khas jogja yakni kerajinan dari bahan perak. Ada berbagai macam kerajinan seperti bros, perhiasan, hingga pajangan dengan berbagai motif yang unik. Anda bisa membeli berbagai kerajinan perak di Kotagede. Kerajinan perak Kotagede bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Wayang Kulit

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 10

Bagi Anda pecinta budaya dan suka mengoleksi barang-barang antik, wayang kulit menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa Anda beli sebagai pajangan. Wayang dari Jogja berbeda dengan jenis wayang dari daerah lain. Anda yang menyukai benda dengan nilai seni tinggi pasti akan langsung berburu wayang kulit apabila sudah menapakkan kaki di Jogja.

Blangkon

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 11

Penutup kepala khas Jogja ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh dari Jogja. Blangkon khas Jogja namanya Blangkon Mondolan karena terdapat bulatan besar di belakangnya. Anda bisa memperoleh blangkon di sepanjang Jalan Malioboro dan menawarnya dengan harga terbaik.

Gerabah Kasongan

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 12

Jogja juga terkenal dengan sentra gerabahnya di daerah Kasongan. Anda bisa membeli berbagai kerajinan dari gerabah sebagai oleh-oleh. Banyak tersedia kerajinan tangan untuk pajangan rumah atau alat dapur dari gerabah. Anda cukup datang ke Jl. Kasongan No. 223 Kajen, Bangunjiwo, Bantul dan langsung bisa membeli aneka kerajinan gabah yang berkualitas. 

Kaos Dagadu

14 Oleh Oleh Khas Jogja Terbaik 13

Siapa yang tak kenal dengan kaos ini? Kaos yang populer dari Jogja ini sangat cocok untuk oleh-oleh kepada keluarga atau sahabat. Merk terkenal satu ini menjual berbagai produk fashion dan juga aksesoris yang Jogja sekali. Anda bisa membeli kaos Dagadu di Gedong Kuning no. 128, Rejowinangun Kotagede. 

Batik Jogja

toko batik jogja

Selain gudeg, yang menjadi ciri khas paling fenomenal dari Jogja adalah batik Jogja. Nyatanya, motif batik Jogja memiliki ciri khas tersendiri dibanding motif batik dari daerah lain di Indonesia. Motif batik khas Jogja misalnya motif Parang Rusak dan motif Kawung. Keduanya memiliki makna tersendiri dari motif yang terbentuk pada kain.

Batik Jogja bisa Anda beli di Pasar Beringharjo atau Malioboro. Ada aneka pakaian bermotif batik yang dijual seperti kemeja, rok, kaos, mukena, bahkan daster. Batik-batik di sana juga bisa ditawar dengan harga yang murah.

Itulah berbagai macam oleh-oleh khas Jogja yang bisa menjadi referensi jika Anda bingung ingin membeli apa untuk kerabat di rumah. Sangat unik dan menarik bukan. Barang dan makanan tersebut tentu sulit ditemukan di luar Jogja. Sehingga apabila Anda datang berkunjung ke Jogja sebaiknya segeralah berburu oleh-oleh khas Jogja tersebut.

 

 


Baca juga :