manfaat madu

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Kamu sedang mencari informasi tentang manfaat madu bagi kesehatan? Tepat sekali kamu berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo.

Karena disini kami akan bahas tentang manfaat madu bagi kesehatan, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Rasa manis yang dimiliki oleh madu berasal dari gula yang alami sehingga membuatnya sangat baik untuk meningkatkan stamina tubuh, terutama bagi kamu yang sering berolahraga ataupun bekerja. Selain hal tersebut, terdapat beberapa manfaat lain madu bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Imun Tubuh

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan 1

Manfaat madu yang pertama adalah meningkatkan imun tubuh bagi yang mengkonsumsinya, madu mengandung senyawa fironutrien yang mampu memperkuat sel-sel imun tubuh. Hal tersebut akan memperkecil kemungkinan terjadinya penyakit infeksi, dan penyakit lain. Madu juga mengandung memiliki manfaat sebagai suatu antijamur dan anti bakteri.

2. Menjaga Kesehatan Percernaan

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan 2

Berdasarkan banyak penelitian menyebutkan bahwa manfaat madu juga sebagai prebiotik. Prebiotik bermanfaat sebagai pendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, hal tersebut pastinya sangat baik bagi kesehatan percenaan.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan 3

Berdasarkan banyak hasil penelitian yang menyebutkan bahwa madu sangat bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka. Manfaat madu dalam penyembuhan luka adalah membantu menyingkirkan jaringan tubuh yang mati, membunuh bakteri pada luka sehingga tidak menimbulkan infeksi, dan mempercepat pembentukan kulit baru untuk menutupi luka yang ada. Jenis-jenis luka yang dapat disembuhkan oleh madu adalah lecet, luka bakar, luka bekas gigitan nyamuk, dan luka diabetes.

4. Meredakan Batuk

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan 4

Madu memiliki rasa yang manis, sehingga memicu produksi air liur yang berfungsi melembapkan rongga tenggorokan yang kering. Tenggorokan yang tidak kering, akan menghilangkan rasa gatal di tenggorokan dan keterpaksaan untuk batuk. Selain hal tersebut, madu juga mengandung berbagai antioksidan yang bermanfaat untuk meredakan radang tenggorokan yang mungkin akan menimbulkan batuk.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan 5

Madu mengandung suatu senyawa fitonutrien yang dipercayai mampu meningkatkan kesehatan jantung dengan cara melancarkan peredaran darah dan mencegah munculnya aterosklerosis. Bukti dari beberapa penelitian juga membuktikan bahawa madu dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat.

6. Menurunkan Kadar Lemak Darah

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan 6

Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang dapat ditemukan pada darah manusia. Peningkatan lemak ini dapat menjadi suatu penyebab dari timbulnya penyakit jantung. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi madu secara rutin, akan menurunkan kadar trigliserida pada darah.

7. Menangkal Radikal Bebas

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan 7

Masih dalam manfaat madu yang ditimbulkan oleh senyawa fitonutrien, madu juga merupakan suatu antioksidan alami yang dapat menangkal radikal bebas dari dalam tubuh. Manfaat madu ini berguna untuk mencegah kerusakan sel dan jaringan tubuh yang disebabkan oleh aktivitas oksidasi pada tubuh. Terdapat manfaat madu yang lain, misalnya mencegah reaksi alergi dan mencegah diabetes.

8. Menjaga Kadar Kolesterol

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan 8

Banyak penelitian yang telah menunjukkan adanya suatu keterkaitan antara mengkonsumsi madu dengan kadar kolesterol seseorang. Madu juga bermanfaat untuk mengurangi kolesterol jahat (LDL) secara signifikan, sembari memproduksi kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

9. Mengontrol Berat Badan

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan 9

Suatu studi yang terbit di dalam Journal of American College of Nutrition pada 2010 menemukan bahwa manfaat madu adalah sebagai pengendali nafsu makan. Mengkonsumsi madu sebelum tidur akan membuat tubuh membakar lebih banyak lemak selama seseorang tidur.

10. Menghilangkan Ketombe

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan 10

Suatu studi oleh European Journal of Medical Research, menemukan bahwa madu bisa membantuk menghilangkan ketombe pada rambut manusia. Studi tersebut juga menjelaskan pengaplikasian madu yang diencerkan dengan air hangat, lalu di oleskan pada rambut membuat rambut menjadi lebih kuat. Penggunaan madu juga mengurangi rasa gatal dan kerak ketombe pada kulit kepala.

11. Menyehatkan Kulit

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan 11

Manfaat madu selanjutnya adalah menyehatkan kulit, terutama bagi kesehatan kulit wajah. Madu terkenal bermanfaat untuk melembutkan kulit, hal tersebut karena madu mengandung beragam vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai suatu pelembap alami bagi kulit. Cara pengaplikasian juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan madu pada wajah lalu bilas ketika sudah kering.

12. Mencegah Kanker

12 Manfaat Madu Bagi Kesehatan 12

Madu sangatlah bermanfaat bagi penyakit kronis seperti kanker, dengan cara mencegah kanker tersebut dengan menjalani pola hidup sehat. Mengkonsumsi madu juga menjadi salah satu cara menghindari penyakit kanker, kandungan antioksidannya mampu membunuh sel-sel kanker dalam tubuh. Pada suatu penelitian juga menyebutkan, bahwa mengkonsumsi madu secara rutin juga mencegah terjadinya komplikasi penyakit di kemudian hari.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang manfaat madu bagi kesehatan, semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda dalam menambah wawasan tentang manfaat madu bagi kesehatan.

Have A Nice Day 😊


Baca juga: