10 Makanan Khas Bali Yang Mendunia

Makanan Khas Bali

Apakah anda sedang mencari makanan khas bali yang enak dan lezat? Cocok sekali anda berkunjung ke Sekilasinfo. karena kami disini akan membahas beberapa rekomendasi makanan khas bali yang sudah mendunia. Yuk simak selengkapnya pada ulasan rekomendasi berikut ini.

Bali, merupakan sebuah daratan yang berupa pula dan terpisah dengan pulau besar Jawa, namun jarak antar kedua pulau tersebut tidak terpaut jauh. Bali sendiri memiliki daya tarik cukup baik di dunia wisata, baik dalam negeri, maupun mancanegaranya.

Bahkan para wisatawan mancanegara menganggap Bali itu bukan di Indonesia melainkan merupakan sebuah negara lain. Stereotip yang terjadi di kalangan wisatawan mancanegara tersebut sangatlah lumrah untuk mengganggap jika Bali itu negara sendiri buka termasuk dalam NKRI.

Salah satu julukan yang cukup terkenal untuk menyebut pulau Bali adalah jukan “Pulau Dewata”. Hal tersebut berdasarkan pulau Bali yang memiliki suatu kekentalan budaya agama hindu di pulau Bali, karena mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu.

Selain julukan itu, banyak juga hal lain yang membuat Bali menjadi sangat terkenal, banyaknya pantai yang indah, serta makanan khas daerah yang membuat pulau Dewata Bali tidak pernah luput dari incaran para wisatawan dalam negeri dan mancanegara.

Dalam artikel ini, saya akan menyajikan beberapa rekomendasi makanan khas Bali yang wajib untuk anda coba jika sedang berwisata di tempat tersebut.

1. Babi Guling

babi guling makanan khas bali

Makanan khas Bali yang pertama saya rekomendasikan adalah babi guling. Babi guling sangatlah populer bagi para wisatawan khususnya wisatawan mancanegara.

Babi guling menjadi makanan khas Bali yang mendunia dikarenakan sangatlah terkenal bagi para wisatawan mancanegara, hal tersebut wajar karena kebanyakan wisatawan bukanlah pemeluk agama islam sehingga mereka diperbolehkan untuk mengkonsumsi hal tersebut. Bagi para wisatawan yang dapat menikmati babi guling, menjadi suatu keharusan apabila mereka sedang berkunjung di Bali.

Namanya melambangkan bahwa babi guling adalah hidangan daging babi yang dimasak dengan cara dibakar utuh bersama berbagai rempah yang dimasukkan ke tubuh babi sebelum di dibakar. Daging babi di tempatkan diatas pemanggang lalu diputra-putar atau diguling-guling agar matang pada daging babi merata.

Kemudian daging babi disajikan dengan nasi campur, dengan tekstur daging yang empuk dan juga cita rasa yang kaya rempah membuat dua kombinasi makanan tersebut sangatlah cocok.

Makanan daging babi guling Bali menjadi suatu ciri khas karena daging yang empuk serta bagian kulit hasil panggangan yang garing membuat babi guling menjadi cukup terkenal.

Lalu untuk restoran yang menyajikan daging babi guling yang cukup terkenal adalah babi guling Bu Oka yang terletak di Ubud. Harga per porsi babi guling Bu Oka mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 75.000 per porsi.

2. Sate Lilit

makanan khas bali

Makanan khas Bali selanjutnya adalah sate lilit, sate lilit sendiri merupakan sate yang cukup unik karena daging yang akan digunakan untuk bahan akan dicincang terlebih dahulu, baru kemudina dililit ke tusukan dari batang bamboo atau malah di batang daun serai.

Bumbu yang digunakan pada sate lilit biasanya terdiri dari jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah, dan berbagai bumbu lain. Daging untuk sate biasanya di giling hingga halus dan kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu seperti tadi.

Setelah melakukan pelilitan cincangan daging pada batang bamboo, sate kemudian dibakar hingga matang. Sate lilit sendiri enak dihidangkan dengan nasi atau lontong. Seperti halnya lawar dan sambal matah, sate lilit juga gampang banget ditemukan di wilayah Bali khususnya warung yang menjual nasi campur.

Anda juga bisa menikmatinya di restoran seperti Bebek Tepi Sawah atau Bebek Bengil di Ubud. Rasa yang disajikan pada sate lilit sangatlah enak, dan makanan ini menjadi salah satu kuliner yang wajib anda nikmati saat berlibur ke Bali.

Sate lilit banyak tersedia di seluruh wilayah Bali dengan harga per porsi sekitar Rp. 15.000

3. Sate Plecing

10 Makanan Khas Bali Yang Mendunia 1

Selain sate lilit ada juga makanan khas Bali lainnya yang berupa sate, yaitu sate plecing. Sate plecing adalah sate yang biasanya dibuat dengan daging ayam atau daging babi, hal unik dari sate plecing adalah bumbu yang digunakan. Bumbu yang digunakan pada sate plecing diantaranya adalah cabai, gula, tomat, garam, jeruk limau dan terasi. Terasi yang menjadi bumbu membuat sate plecing memiliki cita rasa yang khas tersendiri sehingga membuat sate ini banyak diburu. Salah satu sate plecing yang terkenal di Bali adalah sate plecing Arjuna yang letaknya di Denpasar Utara.

Harga per porsi sate plecing Bali mulai dari Rp 25.000 per porsi.

4. Sate Penyu

10 Makanan Khas Bali Yang Mendunia 2

Mungkin bagi beberapa orang akan aneh jika mendengar nama makanan ini. Tapi pada kenyataan makanan sate penyu banyak dijual di pulau Bali. Makanan khas Bali ini cukup banyak diburu wisatawan karena rasa yang unik dan pastinya juga enak serta ada mitos sate penyu dapat menambah vitalitas. Penyajian sate penyu hampir sama dengan sate-sate yang lain dengan menggunakan bumbu kecap manis serta bawang merah dan bawang putih. Namun akhir-akhir ini terdapat peraturan yang melarang penangkapan penyu sehingga banyak pedagang sate penyu yang mulai tutup.

Namun, jangan khawatir, sate penyu masih biasa ditemui di sekitar Denpasar dan Kuta dengan harga mulai dari Rp 50.000 per porsinya.

5. Lawar

Lawar Khas Bali

Lawar adalah makanan khas Bali yang berupa campuran daging cincang dan sayuran yang diberi suatu bumu khusus. Bumbu yang digunakan diantaranya adalah cabai merah, cabai rawit, bawang putih, dan bawang merah. Lawar menjadi makanan khas karena adanya pencampuran berupa kelapa parut yang menambah cita rasa gurih. Lawar banyak disajikan oleh masyarakat Bali sebagai menu harian mereka dan juga sebagai suatu alternatif dalam menikmati sayuran namun juga bisa ditambah dengan daging.

Lawar banyak dijual di hampir seluruh wilayah Bali dengan harga yang ditawarkan per porsi mulai dari Rp 6.000.

6. Tum Ayam

10 Makanan Khas Bali Yang Mendunia 3

Tum ayam adalah makanan khas Bali yang dibuat dengan bahan dasar daging ayam. Bumbu yang digunakan dalam pembuatan tum ayam adalah bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan bumbu rempah lain. Tum ayam memiliki suatu ciri khas yaitu ayam yang digunakan adalah ayam tanpa tulang, sehingga daging menjadi lebih empuk. Selain itu, kuahnya juga memiliki aroma yang khas dari terasi sebagai bahan campuran. Penyajian ayam tum baisanya dengan dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang di tum (dibungkus kecil)

Ayam tum banyak di hampri seluruh wilayah Bali dengan harga mulai dari Rp 6.000 per bungkusnya.

7. Nasi Campur

10 Makanan Khas Bali Yang Mendunia 4

Nasi campur merupakan makanan khas Bali yang berupa nasi dengan campuran beberapa makanan lain seperti urap sayur, telur pindang, ayam suwir, dan kelapa parut. Ciri khas dari nasi campur adalah kuah kaldu yang ditambahkan pada nasi yang sudah dicampur dengan menu lain seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Perpaduan nasi dengan lauk yang gurih ditambah kuah kaldu yang kental, segar dan sedikit pedas menjadi makanan ini menjadi nikmat.

Nasi campur banyak ditemui di hampir seluruh wilayah Bali dengan harga per porsi mulai dari Rp 10.000 tergantung lauk yang dipilih sebagai pendamping nasi campur.

8. Tipat Cantok

10 Makanan Khas Bali Yang Mendunia 5

Bali memilki sangat banyak makanan kasha yang berbahan dasar sayuran, salah satunya adalah tipat cantok. Tipat cantok adalah makanan khas Bali yang berupa campuran sayuran rebus yang disajikan dengan ketupat dan kuah bumbu kacang, membuatnya mirip dengan gado-gado atau pecel. Namun tipat cantok mempunyai ciri khas yaitu pada proses mengaduka yang dilakuakn diatas uleg atau cantok.

Makanan ini bisa ditemui di hampir seluruh wilayah Bali dengan harga mulai dari Rp 7.000 per porsinya.

9. Rujak Pindang

10 Makanan Khas Bali Yang Mendunia 6

Rujak pindang merupakan makanan khas Bali yang cukup menyegarkan, hampir sama dengan rujak jenis lain. Rujak pindang menggunakan kombinasi dari berbagai buah yang segar dan ditambah kuah kental. Buah-buahan ini dikupas dan dipotong kecil-kecil dalam penyajiannya, rujak pindang menggunakan bumbu pelengkap kaldu kental yang berasal dari ikan laut dan juga ditambah garam, cabai, dan terasi. Semua bahan dicampur dan ditumbuk hingga lembut, sehingga menghasilakan cita rasa pedas, segar, dan juga rasa asin yang khas.

Makanan ini banyak ditemui di hampir seluruh wilayah Bali dengan harga mulai dari Rp 6.000 per porsinya.

10. Ikan Asap Sambal Matah

10 Makanan Khas Bali Yang Mendunia 7

Makanan khas Bali selanjutnya adalah ikan asap sambal matah, makanan satu ini berbahan dasar ikan yang diolah dengan cara pengasapan hingga matang. Proses pengasapan ikan berlangsung cukup lama sehingga ikan memiliki cita rasa yang enak dan empuk serta memiliki aroma ikan khas yang dibakar, ikaan asap sendiri biasanya disajikan dengan sambal matah yang segar dan pedas. Sehingga sangat cocok bagi para wisatawan pecinta pedas serta segar. Ikan yang digunakan pada ikan asap juga bisa dipilih seperti menggunakan ikan tongkol, ikan tuna, atau ikan cakalang. Ikan asap ini banyak dijual di sekitar Bali dan disajikan dengan nasi hangat.

Ikan asap sambal matah  banyak ditemukan di hampir seluruh wilayah Bali dengan harga mulai dari Rp 25.000 per porsinya.

Baca Juga: 5 Penginapan Termurah di Jogja

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang makanan-makanan khas dari Bali, semoga dengan artikel ini membantu anda dalam menambah pengetahuan tentang makanan-makanan khas yang ada di Bali.

Have A Nice Day 😊

 


Baca juga :


Tag: