Youtube Tidak Lagi Menyediakan Fitur Stories, Ini Alasannya

YouTube Umumkan Penghentian Fitur Stories

YouTube mengumumkan bahwa fitur Stories-nya akan dihentikan. Fitur ini telah menjadi alat populer yang digunakan oleh para pembuat konten sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2017. Menurut Google, 26 Juni 2023 akan menjadi hari terakhir bagi para pembuat konten untuk memposting Stories baru.

Dalam upaya untuk memusatkan perhatian pada postingan Community dan Shorts, YouTube mengucapkan selamat tinggal kepada fitur Stories. Perusahaan mengatakan bahwa penghentian ini dilakukan karena fitur lain seperti Shorts, Live, dan Community telah memberikan para pembuat konten di platform ini alat yang mereka butuhkan untuk berinteraksi dengan audiens mereka.

Fitur Stories adalah fitur yang diperkenalkan pada tahun 2017 sebagai respons terhadap popularitas konten singkat dan sementara di platform media sosial seperti Snapchat dan Instagram. Fitur ini memungkinkan para pembuat konten untuk berinteraksi dengan audiens mereka dengan memposting video atau foto singkat. Fitur ini terbatas pada perangkat seluler dan bertujuan untuk menawarkan koneksi yang lebih santai dan pribadi antara pembuat konten dan penonton mereka.

Fitur ini akan resmi ditutup tujuh hari setelah tanggal tersebut. Jadi, jika Anda ingin membagikan sesuatu secara sementara di platform ini, saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.

YouTube mengatakan bahwa penghentian fitur Stories dilakukan karena fitur lain seperti Shorts, Live, dan Community telah memberikan para pembuat konten di platform ini alat yang mereka butuhkan untuk berinteraksi dengan audiens mereka. Namun, fitur Stories kemungkinan besar ditutup karena tidak mendapatkan daya tarik di platform ini.

Saat ini, para pembuat konten di YouTube dapat menggunakan fitur seperti Shorts dan Live untuk terus berinteraksi dengan audiens mereka. Shorts adalah fitur yang memungkinkan para pembuat konten untuk membuat video pendek dengan durasi 60 detik atau kurang. Sedangkan fitur Live memungkinkan para pembuat konten untuk membuat siaran langsung dan berinteraksi dengan audiens secara real-time.

YouTube adalah platform video online terbesar di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif per bulan. Platform ini memungkinkan para pengguna untuk mengunggah, menonton, dan berbagi video secara online.

Keputusan YouTube untuk menghentikan fitur Stories ini merupakan tindakan yang menunjukkan bahwa perusahaan ingin memusatkan perhatian pada fitur yang lebih populer dan berguna bagi para pengguna.

Bagi para pembuat konten, ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mempertimbangkan fitur-fitur baru yang tersedia di platform ini dan menggunakan fitur-fitur tersebut untuk terus berinteraksi dengan audiens mereka.