Wisata Sriharjo Imogiri Tempat Favorit Pesepeda

wisata sriharjo imogiri

Perjalanan wisata merupakan suatu perjalanan yang sungguh manrik untuk dibicarakan. Jogja merupakan salah satu daerah di Indonesia yang sangat sering dikunjungi wisatawan baik itu wisatawan domestik ataupun turis mancanegara. Hal ini tentu wajar sebab Jogja sarat akan keindahan alam dan budayanya yang sangat khas.

Salah satu daerah di Jogja yang bisa Anda kunjungi untuk berwisata ada di Bantul. Wisata Bantul sangat terkenal akan pantai-pantainya yang indah dan berpasir hitam. Namun, selain pantai Anda juga bisa mengunjungi salah satu destinasi Desa Wisata Sriharjo Bantul.

Berwisata ke Imogiri

Wisata Sriharjo Imogiri Tempat Favorit Pesepeda 1

Imogiri adalah kecamatan di Kabupaten Bantul, DIY. Letaknya berada di sebelah tenggara  Kota Bantul dan Yogyakarta. Luas wilayah Imogiri lebih dari 5.448 Hektar yang terdiri atas 8 desa. Imogiri terkenal dengan tempat makam raja-raja Kraton Yogyakarta dan Kraton Surakarta. Selain itu juga terkenal akan sentra kerajinan barang-barang khas Jawa, antara lain, kerajinan tatah sungging wayang di Pucung dan batik di Giriloyo, keduanya di Kelurahan Wukirsari. Ada pula kerajinan keris di Banyusumurup, serta pusat kuliner berada di bekas pasar lama maupun parkiran Makam Raja-raja Pajimatan.

Lokasi Wisata Sriharjo

wisata sriharjo imogiri

Wisata Sriharjo ini lebih tepatnya di Sungai Sriharjo. Destinasi wisata unik di pinggir sungai yang satu ini akan memberikan Anda sensasi baru dalam berwisata. Salah satu destinasi wisata Jogja ini berlokasi di Desa Sriharjo, Imogiri, Kabupaten Bantul tepatnya di lembah Sungai Oya dan diapit oleh bukit-bukit karst menghijau. Sungai ini memisahkan antara Desa Sriharjo dengan Desa Selopamioro. Hulunya berada di Gunung Kidul dan bermuara di pantai selatan Jawa dengan total panjang sungai 106 km.

Keunggulan desa wisata ini adalah, bentang alamnya yang dikelilingi perbukitan karst dan dibelah aliran Sungai Oya. Pemandangan indah yang sangat menyegarkan mata. Perbukitan karst yang subur membentuk sistem sawah berundak bernama Terasering Sangupati. Terasering yang bertingkat-tingkat seolah terpahat indah di bukit karst. Berwarna hijau, berpadu indah dengan legam batuan kapur perbukitan.

Sedangkan Sungai Oya yang membelah pedukuhan, mencipta tengara primadona yaitu Jembatan Gantung Siluk yang lebih dikenal sebagai Jembatan Gantung Selopamioro. Jembatan sepanjang 70 meter yang membelah 2 desa, Selopamioro dan Sriharjo ini berwarna kuning, kontras dengan coklat air Sungai Oya saat musim penghujan. Di sisi utara dan selatan jembatan, perbukitan karst menjulang. Dari ujung timur menuju ujung barat, aliran Sungai Oya mengular.

Akses Menuju Desa Wisata Sriharjo

wisata sriharjo imogiri

Anda bisa menuju ke Desa Wisata Sriharjo melalui rute dari Jogja menuju Jalan Imogiri – Siluk kemudian mengikuti arah petunjuk Jembatan gantung. Serunya mengunjungi tempat wisata ini karena perjalanan menuju desa tersebut sangat menantang dan mampu menaikkan andrenalin para pengunjung. Tempat wisata Sriharjo ini, sangat cocok untuk Anda yang memiliki jiwa petualang karena di sana Anda bisa melakukan banyak hal seperti berfoto, jalan kaki, bersepeda, atau naik motor trail. 

Kelompok Sadar Wisata Desa Wisata Sriharjo

Masyarakat sekitar desa wisata ini membentuk suatu perkumpulan untuk mengelola destinasi wisata tersebut dengan membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Sriharjo. Mereka membangun spot-spot menarik untuk bisa Anda kunjuingi sambil berfoto ria antara lain Sri Keminut, Taman Ngirli Indah, Lembah Sorory, Desa Wisata Pengkol, Kedhungasri dan Ngepohsari. Setiap spot wisata Pokdarwis menyuguhkan sajian wisata dengan konsep yang berbeda pula tentunya sehingga Anda tidak akan bosan mengunjunginya.

Kelompok sadar Wisata ini mengelola destinasi tersebut sehingga dapat terkelola dengan baik. Wisatawan merasa nyaman ketika berkunjung karena fasilitas-fasilitas yang telah diberikan. Sajian spot wisata menarik dapat Anda kunjungi sepuasnya.

Spot Olahraga Pesepeda

wisata sriharjo imogiri

Saat ini komunitas gowes yang senang berolahraga sepeda mulai bergeser melakukan kegiatannya di pinggiran kota atau daerah pedesaan. Tidak berada di perkotaan lagi karena udara pedesaan selalu menawarkan kesegaran tersendiri. Selain suasana jalananan desa relatif lengang memungkinkan untuk jaga jarak sesuai protokol kesehatan seperti saat ini, udaranya pun masih segar dan sesuai tujuan bersepeda yaitu untuk menjaga kesehatan.

Salah satu daerah pedesaan yang sejak dahulu menjadi destinasi wisata sekaligus tempat olahraga menarik bagi para komunitas gowes adalah daerah sekitar Imogiri, Kabupaten Bantul. Spot wisata ini berupa aliran Sungai Oya dengan latar belakang perbukitan seperti pemandangan dalam film-film koboi.

Di Imogiri ada banyak trek-trek sepeda yang menantang dan mampu meningkatkan adrenalin dengan pemandangan desa yang alami dan indah, seperti di Desa Sriharjo dan Selopamioro. Wisatawan dapat berfoto ria dengan melihat hamparan sawah atau sungai yang berlatarkan perbukitan seperti di hollywood.

Jembatan Gantung Penghubung Desa Sriharjo dan Selopamioro

wisata sriharjo imogiri

Sebagai penghubung Desa Sriharjo dan Desa Selopamioro terdapat sebuah Jembatan Gantung, yang menjadi tempat favorit untuk berselfi. Ada aturan saat ingin melintasi jembatan gantung tersebut seperti tertulis di papan dekat arah masuk jembatan yang dipasang oleh Direktorat Jendral Bina Marga.

Saat ingin melewati jembatan pengunjung harus antri berurutan dengan jumlah maksimum 40 orang pada waktu bersamaan dan tidak boleh berkelompok, dilarang bermain-main, berlari dan berfoto (selfi) di atas jembatan, dan masih ada aturan lainnya termasuk kendaraan roda 4 dilarang melintas.

Bagi Anda yang menyukai suasana sunyi dan tenang Anda bisa mendengarkan iringan gemricik suara air atau sekaligus memancing ikan maka Anda dapat mengunjungi spot Bendung Tegal. Bangunan ini membendung aliran Sungai Opak dan dibangun pada tahun 1997. 

Area Terasering

wisata sriharjo imogiri

Ada 3 titik wisata area terasering yakni  Bukit Sriharjo, Ngepohsari, dan Padusan Banyu Bening. Di Area Terasering, wisatawan dapat berfoto-foto di area persawahan hijau bertuliskan Sriharjo yang dikelilingi oleh pepohonan rindang. Selain itu, di area ini juga terdapat kegiatan Techno Eco Park bagi pengunjung yang ingin mempelajari seputar cara bertani dengan teknik modern.

Fasilitas Sepeda Air

wisata sriharjo imogiri

Tersedia pula fasilitas sepeda air yang dapat digunakan oleh para pengunjung. Selain melakukan sepeda air, pengunjung juga dapat berenang dan bermain air di atas aliran Sungai Oya yang dangkal dan bebatuan di Ngepohsari dan Padusan Banyu Bening.

Di tempat wisata Sriharjo ini juga tersedia area bermain air untuk anak-anak yang relatif aman, pengunjung tidak perlu khawatir saat berlibur mengajak anak kecil dan anggota keluarga lainnya.

Selain sajian kegiatan wisata diatas, pengunjung dapat menikmati pemandangan asri dan menghirup udara kaya oksigen, tak lupa spot foto alam yang tidak boleh terlewatkan.

Itulah penjelasan detail mengenai Desa Wisata Sriharjo dan sekitarnya yang sangat menarik untuk bisa Anda kunjungi pada akhir pekan. Penatnya urusan pekerjaan dan tugas sekolah akan perlahan mulai hilang apabila Anda mengunjungi salah satu destinasi wisata menarik ini. Saat ini liburan tak perlu ke luar negeri karena di negeri sendiri sudah tersedia pemandangan alam yang begitu Indah untuk dikunjungi.

 

 

 


Baca juga :