WhatsApp Rilis Fitur Saluran Resmi, Memudahkan Komunikasi Bisnis dan Pemerintah

WhatsApp Resmi Hadirkan Fitur Saluran WhatsApp

WhatsApp resmi mengumumkan kehadiran fitur baru, yakni Saluran WhatsApp. Fitur baru WhatsApp ini adalah sebuah cara simpel, andal, dan privat yang dapat digunakan untuk menerima informasi terkini dari orang-orang dan organisasi, langsung di dalam WhatsApp.

WhatsApp tengah membuat Saluran di tab baru yang disebut Pembaruan – tempat Anda akan menemukan Status dan Saluran WhatsApp yang Anda pilih untuk diikuti – terpisah dari obrolan Anda dengan keluarga, teman, dan komunitas.

Saluran adalah fitur baru WhatsApp satu arah bagi admin untuk mengirim teks, foto, video, stiker, dan polling. Untuk membantu Anda memilih saluran yang ingin diikuti, WhatsApp membuat direktori yang dapat dicari tempat Anda dapat menemukan hobi, tim olahraga, informasi terbaru dari otoritas setempat, dan banyak lainnya.

Anda juga dapat mengikuti sebuah Saluran WhatsApp dari tautan undangan yang dikirim dalam chat, email, atau diposting secara online.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

WhatsApp memiliki visi untuk membangun layanan siaran yang paling privat. Langkah ini dimulai dengan melindungi informasi pribadi admin dan pengikut. Sebagai admin saluran, nomor telepon dan foto profil Anda tidak akan ditampilkan kepada pengikut.

Demikian sebaliknya, nomor telepon Anda juga tidak akan diungkapkan kepada admin dan pengikut lainnya ketika Anda mengikuti sebuah saluran. Siapa pun yang Anda ikuti adalah keputusan pribadi Anda sepenuhnya.

Sama halnya dengan cara WhatsApp membuat proses berkirim pesan, WhatsApp yakin bahwa pembaruan dalam Saluran WhatsApp tidak harus selalu ada selamanya. Jadi, WhatsApp hanya akan menyimpan riwayat saluran di server hingga 30 hari dan WhatsApp akan menambahkan cara untuk menghilangkan pembaruan lebih cepat dari perangkat pengikut. Admin juga akan memiliki opsi untuk memblokir tangkapan layar dan pesan yang diteruskan dari saluran mereka.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

WhatsApp juga akan memberikan kemampuan kepada admin untuk memutuskan siapa saja yang dapat mengikuti saluran mereka dan apakah mereka ingin saluran mereka dapat ditemukan di direktori atau tidak.

Mengingat bahwa tujuan Saluran adalah untuk menjangkau audiens yang luas, saluran tidak dienkripsi end-to-end secara default. WhatsApp melihat ada beberapa kasus di mana saluran terenkripsi end-to-end untuk audiens terbatas mungkin dapat diterapkan, seperti organisasi nirlaba atau organisasi kesehatan, dan WhatsApp juga sedang menjajaki hal ini sebagai opsi di masa depan.

Untuk memulai Saluran WhatsApp sangat antusias untuk bekerja sama dengan suara-suara global terkemuka dan organisasi pilihan di Kolombia dan Singapura, tempat Saluran pertama kali akan tersedia, untuk membuat, mempelajari, dan mengadaptasi pengalaman tersebut.

Dalam beberapa bulan mendatang, WhatsApp akan memperluas kehadiran Saluran WhatsApp ke lebih banyak negara dan memberikan kemampuan kepada siapa pun untuk membuat saluran.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

WhatsApp juga percaya bahwa ada peluang untuk mendukung admin dengan memberikan cara bagi mereka untuk membangun bisnis di sekitar saluran mereka melalui layanan pembayaran WhatsApp yang terus berkembang serta kemampuan untuk mempromosikan saluran tertentu dalam direktori WhatsApp guna meningkatkan awareness.

Tentunya, esensi dari cara orang-orang menggunakan WhatsApp akan tetap berupa berkirim pesan secara privat antara teman, keluarga, dan komunitas. Hal ini akan tetap menjadi prioritas utama WhatsApp. Membuat Saluran WhatsApp adalah langkah besar yang diminta pengguna WhatsApp selama bertahun-tahun.

WhatsApp rasa inilah waktu yang tepat untuk memperkenalkan fitur siaran WhatsApp yang simpel, andal, dan privat, dan WhatsApp harap Anda dapat menggunakannya dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.