VIDA dan SIJITU Menghadirkan Solusi Anti Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme untuk Masyarakat Luas

VIDA dan SIJITU Jalin Kerjasama Strategis untuk Cegah Pencucian Uang dan Pendanaan Terorisme

PT Indonesia Digital Identity atau yang lebih dikenal sebagai VIDA, berkolaborasi dengan SIJITU untuk menyediakan solusi bisnis secara komprehensif dalam program anti pencucian uang dan pendanaan terorisme (APU-PPT). Kolaborasi ini dimulai pada tahun 2022 dan bertujuan untuk mengintegrasikan proses verifikasi identitas online dan uji tuntas nasabah (Customer Due Diligence atau CDD) bagi pelaku usaha layanan keuangan berbasis digital di Indonesia.

Verifikasi identitas dan CDD menjadi fungsi penting dalam operasional bisnis dan onboarding nasabah di era digital. Dalam hal ini, penggunaan identitas palsu (identity fraud) telah dinyatakan OJK sebagai salah satu modus operandi pencucian uang. Oleh karena itu, sinergi antara VIDA dan SIJITU sangatlah penting untuk mitigasi risiko tersebut secara menyeluruh, cepat, dan aman.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Sebelumnya dikenal sebagai Espay CDD, SIJITU berperan sebagai penyedia sumber data global maupun lokal, mencakup lebih dari 25.000 profil terdiri dari orang yang populer secara politis (Politically Exposed Person atau PEP), menjadi subjek investigasi (Special Interest Person atau SIP), maupun kerabat terdekat (Relatively Close Associate atau RCA).

Melalui sinergi ini, proses CDD dari SIJITU akan diperkuat dengan verifikasi identitas secara online berdasarkan sertifikat elektronik yang diterbitkan oleh VIDA sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) berinduk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Kehadiran sertifikat elektronik berdasarkan UU ITE ini mendorong identitas digital seseorang dapat menjadi sebuah bukti otentik sebagai alat otentikasi atau persetujuan yang legal dalam transaksi digital.

Selain meningkatkan kepatuhan terhadap standar dan regulasi internasional, kerjasama ini mendorong peluang pengembangan bisnis mengingat teknologi digital identity sudah menjadi bagian dari sebagian besar perusahaan di berbagai sektor di Indonesia. Dengan teknologi VIDA dan SIJITU, layanan yang menggunakan teknologi kelas dunia dapat diberikan sekaligus fully compliant dengan aturan yang berlaku.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Adrian Anwar, Managing Director VIDA, mengatakan bahwa transformasi digital yang gencar saat ini tak hanya membuka banyak peluang bisnis, namun juga mendorong potensi ancaman kriminal baru. Oleh karena itu, sinergi antara VIDA dan SIJITU sangatlah penting untuk mitigasi risiko tersebut secara menyeluruh, cepat, dan aman.

Joshua Dharmawan, Direktur SIJITU, menyambut baik kerjasama dengan VIDA sebagai penyedia layanan digital identity terdepan di Indonesia. Melalui sinergi ini, proses customer onboarding nasabah yang difasilitasi oleh VIDA otomatis akan terhubung dalam teknologi CDD SIJITU dalam waktu singkat, sehingga pelaku jasa keuangan dapat memberikan layanan yang lebih scalable bagi nasabah mereka.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Sebagai penyedia identitas digital terdepan, VIDA terus menjunjung tinggi tiga nilai penting yang dihadirkan melalui produk-produknya, yaitu Speed, Scale, and Secure. Dalam kerjasama ini, teknologi VIDA mampu memproses pemrosesan data dalam skala besar dengan kemampuan teknologi untuk memproses, memverifikasi, dan melakukan otentikasi data pengguna dalam waktu singkat. Selain itu, secure memberikan jaminan lebih terhadap keamanan data dari pengguna dengan enkripsi end-to-end, dan telah dijamin oleh berbagai akreditasi kelas global seperti ISO 27001 dan WebTrust.

Kolaborasi antara VIDA dan SIJITU dalam gerakan Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme atau APU-PPT dapat memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha layanan keuangan berbasis digital di Indonesia. Diharapkan sinergi ini dapat mendorong tingkat kepatuhan pelaku usaha terhadap standar global dalam proses e-KYC (electronic Know Your Consumer) dan program APU-PPT.