TikTok Meluncurkan Chatbot AI Baru Bernama Tako untuk Bersaing di Pasar Teknologi

TikTok Uji Coba Fitur Chatbot AI “Tako” untuk Membantu Pengguna Temukan Konten

TikTok, platform media sosial yang sangat populer dengan video pendeknya, ikut melompat ke dalam tren chatbot AI dengan menciptakan fitur terbarunya, “Tako.” Saat ini, Tako sedang diuji terbatas di beberapa pasar tertentu oleh TikTok untuk membantu pengguna menemukan konten baru dan menemukan video berdasarkan preferensi mereka.

Dilansir dari Gizmochina, Tako, chatbot AI dari TikTok, muncul di sebelah kanan antarmuka aplikasi, tepat di atas profil pengguna dan tombol lainnya. Tako menyediakan cara yang mudah bagi pengguna untuk berinteraksi dengan aplikasi ini.

Pengguna dapat mengajukan pertanyaan kepada Tako atau meminta rekomendasi menggunakan pertanyaan yang menggunakan bahasa sehari-hari. Misalnya, jika pengguna ingin menonton video lucu, mereka hanya perlu meminta Tako untuk merekomendasikan beberapa video yang sesuai dengan permintaan tersebut. Tako akan memberikan daftar video yang terkait dengan topik yang diminta, lengkap dengan detail seperti judul video, penulis, subjek, dan tautan ke konten serupa.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

TikTok mengembangkan Tako sebagai bagian dari komitmennya terhadap inovasi dan memberikan nilai tambah bagi komunitas penggunanya. Dengan menguji teknologi chatbot AI, TikTok berharap dapat menciptakan lingkungan yang aman dan menghibur yang mendorong kreativitas dan keterlibatan budaya.

Namun, perlu dicatat bahwa Tako masih dalam tahap uji coba dan belum sempurna. TikTok memberikan pemberitahuan kepada pengguna saat mereka menggunakan Tako, bahwa respons yang diberikan oleh chatbot ini mungkin tidak selalu akurat. TikTok memberikan penjelasan yang serupa dengan chatbot AI lainnya seperti ChatGPT dari OpenAI dan AI dari Google.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Untuk menjaga keamanan pengguna dan meningkatkan kinerja Tako, TikTok melakukan peninjauan terhadap semua percakapan yang terjadi. Meskipun demikian, hal ini menimbulkan kekhawatiran privasi karena interaksi pengguna dengan Tako dicatat dan disimpan. TikTok memungkinkan pengguna untuk menghapus percakapan mereka, namun kebijakan penyimpanan data dan informasi pribadi yang terlibat masih belum jelas.

Tahap uji coba Tako telah menarik perhatian, khususnya perusahaan intelijen aplikasi Watchful.ai yang menemukan chatbot ini selama pengujian pada perangkat iOS di Amerika Serikat. Walaupun TikTok menjelaskan bahwa Tako saat ini belum tersedia untuk publik di Amerika Serikat, chatbot ini sedang diuji di pasar global lainnya, termasuk Filipina.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Dengan adanya Tako, TikTok berharap dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan memperkuat posisinya sebagai salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Namun, perusahaan juga harus memperhatikan kekhawatiran privasi pengguna dan memastikan bahwa Tako dapat berfungsi secara akurat dan aman bagi seluruh komunitas penggunanya.