Poco X5 Pro 5G vs Xiaomi 12 Lite: Siapakah yang Layak Dibeli?

Poco Perkenalkan Poco X5 Pro 5G Sebagai Ponsel Terbaru di Seri X

Dalam acara Fearless Launch yang digelar pada Selasa, 27 Juni 2023, Poco turut memperkenalkan Poco X5 Pro 5G yang menjadi seri terbaru dari seri X (Extreme).

Sebagai produk terbaru, POCO X5 Pro 5G tentu menghadirkan spesifikasi kekinian yang layak jajal. Apalagi ponsel ini dibekali dengan desain yang mewah.

Namun karena desainnya itu, beberapa pecinta ponsel pintar di Indonesia membandingkan antara POCO X5 Pro 5G dengan Xiaomi 12 Lite.

Tapi apakah kedua ponsel tersebut mirip? berikut Sekilasinfo.net telah merangkum informasinya buat kamu,

Perbandingan POCO X5 Pro 5G vs Xiaomi 12 Lite

Desain dan layar

POCO X5 Pro 5G. (POCO Indonesia)
POCO X5 Pro 5G. (POCO Indonesia)

Kalau bicara masalah desain, kedua ponsel ini sudah membawa desain mewah dan berkelas. Baik Poco X5 Pro 5G ataupun Xiaomi 12 Lite sama-sama mengusung desain kotak yang memesona.

Pada bagian depan, kedua ponsel ini punya layar bezeless dengan kamera depan punch hole yang diletakkan di bagian tengah atas.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Perbedaan baru terlihat saat kita membalikan kedua ponsel tersebut. Xiaomi Poco X5 Pro 5G punya dua kamera bulat besar dengan tambahan tulisan POCO di yang dicetak secara vertikal.

Sementara Xiaomi 12 Lite punya desain kamera yang lebih simpel karena terdiri dari satu kamera besar dan dua kamera kecil-kecil yang disusun secara vertikal.

Xiaomi Poco X5 Pro 5G memiliki ukuran layar yang lebih besar dengan 6.67 inci berbanding 6.55 inci milik Xiaomi 12 Lite.

Spesifikasi dan jeroan

Xiaomi 12 Lite 5G. (Xiaomi Indonesia)
Xiaomi 12 Lite 5G. (Xiaomi Indonesia)

POCO X5 Pro 5G dan Xiaomi 12 Lite sama-sama hadir dengan chipset Snapdragon 778G, dengan CPU octa-core (terdiri atas empat Cortex A78 dan empat Cortex A55) berkecepatan hingga 2.4GHz, GPU Qualcomm® Adreno 642L dengan proses manufaktur TSMC 6nm.

Qualcomm Snapdragon 778G diluncurkan dengan inti Big 1 dari Cortex-A78 yang merupakan inti kinerja sangat tinggi dengan clock 2,4 GHz, 3 core Cortex A78 lainnya memiliki clock 2,2 GHz.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Dilansir dari situs resmi Qualcomm, Snapdragon 778 Memiliki arsitektur instruksi set terbaru. Ini memang bukan yang tercepat tetapi cukup kuat untuk mengalahkan beberapa chipset terbaru yang ada saat ini.

Snapdragon 778G diklaim menjadi prosesor yang hemat daya dan akan mengkonsumsi lebih sedikit baterai dan menghasilkan lebih sedikit panas.

Chipset ini akan memiliki pengoptimalan latar belakang yang lebih baik berkat memori cache L2 yang besar sebesar 2MB. TDP menunjukkan konsumsi daya 5 watt yang bagus dan akan mengkonsumsi lebih sedikit baterai.

Kamera

Pada bagian kamera, POCO X5 Pro 5G merupakan seri X pertama yang mengusung kamera dengan lensa 108 MP.

Kamera ini ditemani kamera ultra-wide angle 8MP dengan Field of View (FOV) 120 derajat, dan kamera makro 2MP Full Frame (FF) 4cm. Sedangkan pada bagian depan, ponsel ini dibekali kamera 16MP.

Sementara Xiaomi 12 Lite punya kamera utama 108 MP, kamera ultra-wide 8 MP (f/2.2), dan kamera macro 2 MP (f/2.4). Pada bagian depan, perusahaan menyematkan kamera depan 32 MP untuk kebutuhan selfie.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Kesimpulan

Dalam urusan chipset, keduanya memang setara. Akan tetapi Sekilasinfo.net menyarankan kamu membeli POCO X5 Pro 5G ketimbang Xiaomi 12 Lite.

Pertama, POCO X5 Pro 5G punya baterai yang lebih besar yakni 5000 mAh berbanding 4.300 mAh milik Xiaomi 12 Lite.

Produk terbaru POCO ini juga memiliki kamera utama lensa ganda (multi-lensa) dan nits yang lebih cerah yakni 900 nits berbanding 500 milik Xiaomi 12 Lite.

Satu hal yang membuat POCO X5 Pro 5G ini lebih unggul adalah harganya yang murah. POCO X5 Pro 5G dijual Rp3,8 jutaan saja sedangkan Xiaomi 12 Lite berada di angka Rp5 jutaan.

Itulah perbandingan POCO X5 Pro 5G vs Xiaomi 12 Lite yang mungkin sedang kamu cari.

Kontributor: Damai Lestari