POCO F5 Ungkap Kelebihan Terbaru dengan Snapdragon 7 Plus Gen 2

POCO F5 Resmi Menggunakan Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2 Sebagai Chipset Utama

POCO F5, smartphone terbaru dari POCO yang dirilis di pasar global termasuk Indonesia, resmi menggunakan chipset high-range terbaru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 7 Plus Gen 2. Chipset ini menjadi yang pertama kali dipakai pada seri Snapdragon 7-series. Dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, Snapdragon 7 Plus Gen 2 dapat disejajarkan dengan seri di atasnya.

Performa Snapdragon 7 Plus Gen 2

Snapdragon 7 Plus Gen 2 menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 7 Gen 1, terutama pada kecepatan clock processor (CPU) yang mencapai 2,92 GHz atau lebih cepat hingga 50%. Ini adalah kali pertama seri Snapdragon 7-series menggunakan Arm Cortex X-series untuk core CPU-nya, sama dengan seri flagship Snapdragon 8 Gen 1. Dengan delapan core, Snapdragon 7 Plus Gen 2 terdiri atas satu core utama berbasis Arm Cortex X2, tiga core untuk performa berbasis Arm Cortex A710, dan empat core untuk efisiensi berbasis Arm Cortex A510. Konfigurasi core di CPU Qualcomm Kryo milik Snapdragon 7 Plus Gen 2 sama dengan milik Snapdragon 8 Gen 1. Bahkan kecepatan clock masing-masing core di antara kedua chipset tersebut terpaut sangat tipis. Snapdragon 7 Plus Gen 2 dibangun di atas proses manufaktur 4nm TSMC, arsitektur 64-bit, dengan dukungan 5G, dan secara keseluruhan, konsumsi daya Snapdragon 7 Plus Gen 2 lebih hemat 13% dibanding pendahulunya.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Pengalaman Gaming Memukau

Snapdragon 7 Plus Gen 2 dilengkapi dengan GPU Adreno yang diklaim 2X kali lebih cepat dibandingkan Snapdragon 7 Gen 1. Fitur Auto Variable Rate Shading secara cerdas merender dengan resolusi tinggi pada bagian yang sedang difokuskan, sementara bagian lainnya di render dengan resolusi lebih rendah. Tujuannya agar visual game terlihat mengagumkan, sekaligus berjalan mulus dan menjaga efisiensi daya. Kemudian fitur Adreno Frame Motion Engine meningkatkan fps (frame per second) buat menciptakan aksi yang mulus, dan Volumetric Rendering buat meningkatkan detail gambar, seperti kabut dan asap, menjadi begitu nyata.

Qualcomm AI Engine

Qualcomm AI Engine pada Snapdragon 7 Plus Gen 2 punya performa artificial intelligence (AI) hingga 2X lebih baik daripada Snapdragon 7 Gen 1, dan dibekali dengan berbagai fitur menarik seperti Advance Rendering with Anti-cheat Extension, yakni algoritma AI untuk menyulitkan hacker yang ingin berbuat curang dalam game, dan AI super resolution yang secara cerdas menciptakan kualitas visual superior (1080p hingga 4K) pada adegan game maupun foto beresolusi rendah. Fitur AI antenna tuning technology mengenali kebiasaan tangan pengguna saat menggenggam ponsel, dan mengaktifkan penerimaan sinyal pada antena di lokasi yang tidak tertutup tangan.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Kamera Triple ISP

Snapdragon 7 Plus Gen 2 mendukung Triple 18-bit ISP (image signal processor) dengan fleksibilitas tinggi untuk berpindah-pindah di antara tiga lensa termasuk zoom-nya secara mulus. Berkat ISP 18-bit, chipset Qualcomm Snapdragon 7 Plus Gen 2 pun sanggup menangkap data warna 4096X lebih banyak dibanding ISP 14-bit, atau hingga sekitar 3.0 Gigapiksel per detik. Hasilnya, foto dan video dengan dynamic range yang ekstrim serta warna yang cerah dan jelas, termasuk peningkatan 5X lebih baik untuk night mode (dalam kondisi low light).

Kualitas Audio

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Snapdragon 7 Plus Gen 2 dapat menghadirkan kompresi lossless untuk menyajikan musik dengan kualitas suara setara CD. Pada unsur audio, koneksi audio yang solid, dan komunikasi suara dalam game tanpa lag.

Security Ibarat Lemari Besi

Sistem keamanan berbasis hardware, yakni Qualcomm Processor Security pada Snapdragon 7 Plus Gen 2, didesain untuk memproteksi data dan privasi pengguna, teknologi ini dapat dimanfaatkan antara lain untuk penguncian pada aplikasi premium dan untuk digital key di mobil dan rumah, serta SIM (Surat Izin Mengemudi) dan dompet digital, hingga solusi e-money.

Koneksi Ngebut

Snapdragon 7 Plus Gen 2 mengusung Snapdragon X62 5G Modem-RF System. Dan dibanding pendahulunya, Snapdragon 7 Plus Gen 2 sudah mendukung 5G/4G DSDA (dual SIM dual active) serta memiliki kecepatan download hingga 4,4 Gbps.

POCO F5 dengan chipset Snapdragon 7 Plus Gen 2 berhasil mengoptimalkan kinerja dan performa POCO F5. Seri POCO F menjadi salah satu smartphone terbaik dan paling dicari di tahun ini! POCO memang selalu kasih dobrakan melalui smartphone yang extreme performance dan extreme price!