Pasar Android Global Masih Didominasi oleh Android 11, Android 13 Masih Jarang Digunakan

Adopsi Android 13 Masih Rendah di Pasar Global

Data terbaru menunjukkan bahwa adopsi sistem operasi Android 13 dari Google masih rendah di pasar global. Hanya sekitar 15% perangkat di seluruh dunia yang menggunakan sistem operasi anyar ini. Hal tersebut diungkapkan dalam laporan terbaru dari 9to5Google.

Android 11 masih menjadi versi sistem operasi yang paling umum digunakan pengguna Android, dengan lebih dari 20% perangkat global telah mengadopsi versi tersebut.

Google secara berkala mengumpulkan statistik terkait banyak perangkat di seluruh dunia yang menjalankan Android, dan menawarkannya kepada pengembang melalui Android Studio. Pengguna dapat menemukan persentase perangkat yang menjalankan versi Android tertentu atau yang lebih baru melalui platform tersebut.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Ini berguna untuk memilih versi Android terendah yang didukung aplikasi, meskipun perusahaan seperti Apple telah menggunakan data publik yang serupa untuk membandingkan peluncuran cepat pembaruan iOS ke perangkat.

Adopsi Android 13 telah melihat periode pertumbuhan lainnya, naik dari 12,1% di bulan April menjadi 14,7% di bulan Juni. Sementara itu, Android 12, 11, dan 10 masing-masing mengalami penyusutan.

Android 11 tetap mempati peringkat posisi teratas dalam pangsa pasar. Sistem operasi tersebut telah digunakan oleh 23,1% perangkat global.

Menariknya, satu-satunya versi Android lain yang mengalami pertumbuhan antara April dan Juni adalah Android Oreo yang naik dari 6,7 persen menjadi 8,3 persen. Meski, masih turun dari 9,5 persen di bulan Januari.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Meskipun adopsi Android 13 masih rendah, Google terus mengembangkan sistem operasi anyarnya. Android 13 menawarkan banyak fitur baru, termasuk mode satu tangan, pengaturan privasi yang lebih baik, dan dukungan untuk jaringan 5G.

Untuk mengadopsi Android 13, pengguna perlu memastikan bahwa perangkat mereka telah memenuhi persyaratan sistem, seperti ruang penyimpanan yang cukup dan spesifikasi perangkat keras yang diperlukan.

Adopsi yang rendah dari Android 13 dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk keterbatasan perangkat keras yang tidak memenuhi persyaratan sistem, kurangnya dukungan dari produsen perangkat, atau pengguna yang tidak ingin meningkatkan sistem operasi mereka.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Namun, adopsi yang rendah tidak mengurangi kualitas Android 13 sebagai sistem operasi yang kuat dan canggih. Pengguna yang ingin meningkatkan sistem operasi mereka dapat mempertimbangkan untuk beralih ke Android 13 untuk mendapatkan fitur baru dan peningkatan kinerja.