Oli Hiace ATF & differential sering diabaikan untuk diperiksa

Mari tukar ATF untuk menjaga durabilitasnya yang tinggi

Mobil selalu membutuhkan semacam pelumasan untuk bagian-bagian seperti mesin dan transmisi. Semua orang tahu bahwa minyak adalah kuncinya.

Saat mobil digunakan, oli selalu terkontaminasi, teroksidasi dan menua, serta performa aslinya cenderung menurun. Itu sebabnya penggantian oli mesin secara teratur dianjurkan. Ini adalah salah satu perawatan terpenting dengan pertimbangan mekanisme.

Namun, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa pengguna umum hanya perlu mengetahui penggantian oli mesin. Ini karena, tergantung pada bagiannya, oli tidak perlu diganti. Misalnya, orang yang berlari setiap puluhan ribu kilometer pun tidak perlu melakukan perawatan apa pun selama beberapa tahun.

Namun demikian, hal ini tidak dapat diabaikan sama sekali, oleh karena itu perlu diketahui bahwa kita memerlukan tenaga profesional untuk memeriksa apakah ada masalah dengan kondisi pelumasan setiap bagian, seperti melakukan pemeriksaan berkala.

Misalnya ATF. Ini adalah cairan (oli) transmisi otomatis, dan Toyota Auto-Fluid Type T-IV asli adalah oli yang ditunjuk. Kapasitasnya 7L untuk mesin 2L. Mesin diesel 2.5L dan 2.7 adalah 8.3.

Transmisi manual ditentukan oleh oli roda gigi MG asli Toyota khusus II (API GL-3, SAE75W-90). Mesin 2L adalah 2.2L. 2.5L diesel 2WD adalah 2.6L. 4WD dari model yang sama membutuhkan kapasitas 2.2mm.

Toyota mengatakan bahwa oli ini baik-baik saja tanpa mengganti oli, tetapi dealer menyarankan untuk mengganti oli setiap 40.000 hingga 50.000 km dengan pertimbangan mekanisme. Dalam artian bisa mengendarai mobil dalam waktu lama dengan rasa aman, akan lebih baik menggantinya karena tidak ada oli yang tidak kotor atau rusak.

Selain itu, saat menukar ATF lebih dari 100.000 km, terdapat kasus di mana sludge (crud) yang menumpuk hingga titik tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi. Dalam hal ini, ada baiknya menggantinya setiap 50.000 km.

Periksa level oli oli diferensial dan transmisi manual dengan melepas baut pengisi. Tidak apa-apa jika level oli sampai ke posisi lubang baut.

Jumlah ATF diukur dengan pengukur level. Bahkan gangguan sampah sekecil apa pun dapat menyebabkan masalah, jadi perhatian terbaru harus diberikan saat memeriksa.