Microsoft Hadirkan Bing Chat pada Browser Selain Edge

Microsoft Uji Dukungan Bing Chat di Browser Pihak Ketiga

Microsoft saat ini sedang melakukan perombakan besar dalam aksesibilitas chatbot-nya dengan menguji dukungan Bing Chat di browser pihak ketiga. Sebelumnya, Bing Chat hanya dapat digunakan di Microsoft Edge, browser web milik perusahaan.

Dilansir dari Gizchina, hal ini akan berubah karena Microsoft telah memulai fase pengujian chatbot-nya pada browser selain Edge. Langkah ini dibocorkan oleh beberapa pengguna Reddit yang berhasil menggunakan chatbot Microsoft di browser populer seperti Google Chrome dan Safari. Kabar ini kemudian dibenarkan oleh Mikhail Parakhin, kepala divisi iklan dan layanan web Microsoft, melalui Twitter.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Bing, mesin pencari Microsoft, pertama kali diluncurkan 14 tahun yang lalu pada 3 Juni 2009. Sejak saat itu, Bing telah menghadapi kesulitan dalam bersaing dengan Google dan memperoleh pangsa pasar yang signifikan. Perlu diketahui bahwa Google kini mendominasi sektor pencarian online dengan pangsa pasar lebih dari 85%.

Integrasi Bing Chat dengan browser lain dapat memberikan keuntungan yang besar bagi mesin pencari Microsoft. Penambahan ChatGPT di Bing pada awal tahun ini telah membantu meningkatkan popularitasnya. Bing Chat telah menjadi sangat populer sehingga aplikasi Bing dan Edge mengalami peningkatan yang signifikan di App Store.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Sebelumnya, penggunaan Bing Chat terbatas pada browser Edge. Microsoft awalnya mewajibkan pengguna menggunakan browser web Microsoft untuk mengakses Chatbot yang didukung oleh ChatGPT. Namun, terdapat cara-cara untuk mengatasi batasan ini dengan menginstal ekstensi pihak ketiga di browser.

Beruntungnya, ketidaknyamanan ini akan segera menjadi hal yang tidak relevan. Meskipun dukungan untuk Bing Chat di browser lain masih dalam tahap pengujian, peluncurannya akan dilakukan dalam beberapa minggu mendatang. Meskipun Microsoft belum secara resmi merilis daftar lengkap browser yang didukung, kemungkinan besar Chrome, Firefox, dan Safari akan menjadi salah satunya.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Secara keseluruhan, keputusan Microsoft untuk memperluas aksesibilitas Bing Chat diharapkan dapat meningkatkan penggunaan Bing. Dengan memungkinkan pengguna mengakses chatbot dari berbagai browser, Microsoft kemungkinan akan menarik lebih banyak pengguna dan meningkatkan persaingan dalam pasar mesin pencarian.