busa

Macam dan Jenis Busa yang Biasa Dipakai

Anda sedang mencari busa yang sesuai dengan kebutuhan anda? Anda tepat membuka artikel ini, karena kami dalam artikel ini akan membahas macam dan jenis busa yang beredar dipasaran. Mari simak.

Busa merupakan benda yang banyak berada disekitar kita walaun kadang tidak kita sadari, lalu busa jenis apakah yang berada disekitar kita tersebut? Untuk mengetahuinya, mari kita simak artikel ini yang berisi informasi mengenai macam dan jenis busa serta busa sofa yang bagus dan berkualitas untuk anda ketahui.

Jenis-Jenis Busa Terpopuler

1. Busa Mold

Busa Mold

Busa mold ini merupakan busa yang sangat banyak bentuknya, karena dibuat sesuai dengan keinginan pelanggan. Busa ini fungsinya juga tak kalah banyak karena jenis busa ini dibuat dengan cetakan mold yang menyesuaikan keinginan dan pesanan pelanggan. Kursi kantor, busa jok motor, dan busa jok mobil merupakan sedikit contoh dari pada penggunaan jenis busa Mold ini.

2. Busa Roll

Busa Roll

Busa Roll ini sering dipakai oleh pelaku industri bahan baku. Busa Roll, sesuai namanya busa ini berbentuk roll atau gulungan. Jenis busa ini memiiki banyak macam ukuran ketebalan mulai dari 2 mm, 3mm, 4mm, 5mm, 8mm, 10mm, 20mm, dan ukuran lebih besar lagi tergantung pesanan dari pelanggan.

Jenis busa Roll ini memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaan, diantaranya sebagai busa laminating, sebagai busa paking, sebagai busa stiker atau busa yang dilapisi dengan stiker atau perekat.

3. Busa General

Busa General

Jenis busa ini sering disebut juga dengan salb foam atau flexible foam. Jenis busa ini banyak macam dan jenisnya sesuai dengan fungsinya, busa general merupakan jenis busa yang banyak diminati karena sesuai penggunaannya.Busa general adalah jenis busa yang banyak dipakai untuk berbagai jenis industri, contohnya adalah: industri elektronik, industri otomotif, industri sofa, industri tas, industri sepatu, dan industri lainnya.

Jenis busa ini diolah menggunakan ramuan bahan kimia standar yang takaran perbandingan density dan hardness sejajar, maksudnya adalah jika semakin tinggi densitynya maka semakin tinggi pula hardnessnya.

4. Busa Balok

Busa Balok

Jenis busa ini sering disebut busa balok karena dibuat menggunakan mesin yang memiliki cetakan berbentuk balok. Busa ini memiliki ukuran standar panjang 100 meter dan lebar 2 meter. Anda bisa memotongnya sesuai keinginan sehingga busa balok ini bisa diaplikasikan untuk banyak macam fungsi dan bentuk misanya busa lembaran, busa roll, busa blok, busa paking, dan masih banyak lagi macam dan jenis busa yang lain.

5. Busa Rebonded

Busa Rebonded

Busa Rebonded ini dibuat menggunkan bahan sisa busa potongan kecil – kecil yang di cacah lagi menjadi lebih kecil dan kemudian diolah lagi dengan polymerisasi sehingga cacahan busa dapat menyatu dengan sempurna, jenis busa ini cocok untuk diaplikasikan dalam pembuatan spring bed, kasur busa, sofa, matras, dan masih banyak lagi.

6. Busa Kiloan

Busa Kiloan

Selanjutnya adalah jenis busa kiloan, busa ini merupakan hasil sisa potongan dari busa balokan atau busa balokan yang tidak sesuai standar pabrik setelah di cek laboratorium.

  • Busa kiloan kulit, merupakan sisa potongan busa balokan kulit
  • Busa daging, merupakan busa balok yang tidak lolos pada saat uji laboratorium.

7. Busa Lembaran

Busa Lembaran

Jenis busa inilah yang paling sering digunakan untuk dunia perindustrian. Busa lembaran masih merupakan bagian dari busa flexible yang dimana proses pengolahannya dibuat dari busa long blok yang potong – potong sehingga bisa menyesuaikan dengan keinginan atau kebutuhan perindustrian. Busa ini banyak digunakan mulai dari pengrajin sofa, pengrajin karpet bulu, pengrajin kasur.

Itulah beberapa macam dan jenis busa yang beredar dipasaran yang bisa kami sajikan untuk anda. Jika anda ingin mencari busa sofa yang berkualitas tinggi. Berikut kami sampaikan informasi mengenai beberapa merk busa yang bisa anda jadikan referensi untuk memilih busa yang ingin anda gunakan untuk bahan pembuatan sofa.

Beberapa Merk Busa Sofa yang Bagus dan Berkualitas

Busa memilik tekstur dan jenis yang beragam, mulai dari yang sangat empuk hingga yang sedikit keras. Tekstur busa yang lebih keras dan kenyal lebih cocok jika diaplikasikan untuk pembuatan sofa. Karena busa yang memiliki kedua tekstur itulah yang membuat busa berkualitas jika digunakan dalam pembuatan sofa. Berikut beberapa merk busa sofa yang bagus dan berkualitas:

1. Busa INOAC

busa inoac

INOAC merupakan busa yang sering digunakan untuk bahan pembuatan kasur. Akan tetapi busa ini juga bisa diaplikasikan untuk bahan sofa. Busa ini sangat nyaman dan cocok untuk diaplikasikan pada sofa karena memiliki kadar density yang tinggi. Busa INOAC yang berwarna kuning adalah busa yang paling berkualitas karena warna kuning menunjukkan kadar density yang bagus.

2. Busa ROYAL

ROYAL

Busa ROYAL ini hampir sama dengan busa INOAC. keduanya memiliki tingkat density yang cukup tinggi. Yang menjadikannya berbeda dengan busa INOAC adalah teksturnya yang kenyal. Tekstur kenyal pada busa ROYAL sangatlah khas karena busa ini biasa digunakan dalam pembuatan matras drop saving, seperti matras pada olahraga lompat galah dan lompat tinggi.

Kualitas busa ROYAL ini cukup tinggi. Usia pakai yang lama, busa ini bisa bertahan dalam 15 hingga 20 tahun, menjadi bukti kualitas busa ini. Ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk anda jika ingin memesan sebuah sofa yang mepunyai busa yang awet.

3. Busa BIG Foam

BIG Foam

Busa BIG Foam merupakan satu dari beberapa produk busa kasur yang cukup diminati. Tekstur bubblenya yang cukup kasar menjadi ciri khas dari busa ini. Tekstur itu ada karena unsur densitynya yang lebih rendah dan lebih besar dari merk busa lain. Meskipun demikian, busa ini memiliki tingkat density yang cukup rendah.

Busa BIG Foam, busa ini memiliki tingkat kenyamanan yang cukup tinggi karena mempunyai tekstur empuk yang khas. Busa BIG Foam didesain dengan tujuan untuk menyamankan pengguna, yang menjadikan busa ini salah satu busa yang cukup diminati di kalangan pengrajin sofa. Selain cukup diminati, harga busa ini juga cukup terjangkau. Sehingga busa ini sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan membuat sofa dengan biaya rendah.

4. Busa Olympic

Busa Olympic

Busa Olympic ini merupakan produk busa yang lebih berfokus dalam pembuatan kasur busa karena busa ini memiliki ketebalan paling tebal dipasaran, busa Olympic paling tipis berukuran tebal 16 cm. Ketebalan tersebut membuat produk busa dari Olympic ini hanya cocok diaplikaiskan dalam pembuatan sofa berukuran besar, seperti produk sofa rumbai dan sofa sudut L yang minimalis. jika anda ingin membuat sofa santai yang sangat nyaman, busa yang satu ini dapat anda jadikan salah satu referensi.

 

Demikian sedikit informasi terkait macam dan jenis – jenis busa dan busa sofa yang bagus dan berkualitas yang dapat kami sampaikan untuk anda. Semoga apa yang kami sampaikan bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita semua mengenai busa. Terima kasih.


Baca juga :