Kontes Anjing: Jenis dan Parameter yang Digunakan serta Upaya untuk Jadi Anjing Jawara

Berikut ini sekilasinfo bagikan contoh makalah tugas mata kuliah UTKHP fakultas peternakan yang berjudul “Kontes Anjing: Jenis dan Parameter yang Digunakan serta Upaya untuk Jadi Anjing Jawara”

Pengertian Kontes Hewan

Kontes hewan adalah sebuah ajang perlombaan bagi hewan peliharaan. Saat ini kontes hewan sudah banyak dijumpai dengan berbagai tingkatan lomba. Jenis-jenis hewan yang dilombakan pun bermacam-macam dari mulai hewan peliharaan yang lazim maupun sampai hewan yang tidak wajar untuk dipelihara. Contoh kontes ternak yang adalah kontes anjing, kucing, kelinci, sapi sonok, kambing PE, domba garut dan lain-lain.

Kontes masing-masing hewan memiliki tujuan yang berbeda. Pada kontes kecantikan ternak, maka yang dicari adalah hewan yang paling cantik secara penampilannya. Begitu pula dengan kontes kelincahan, yang dicari adalah hewan yang paling lincah. Secara umum kontes hewan dapat dikategorikan menjadi dua jenis yaitu kontes kesayangan dan kontes ketrampilan. Beberapa hewan bisa mengikuti kedua jenis kontes tersebut. Namun sebagian hanya bisa mengikuti salah satu kontes saja.

Kontes Anjing di Indonesia

Hewan yang akan diikutkan dalam kontes hewan sebaiknya memenuhi parameter yang diinginkan oleh panitia kontes. Biasanya panitia kontes memilih parameter berdasarkan parameter umum yang sudah disepakati bersama secara nasional maupun internasional. Pada beberapa jenis hewan bahkan sudah ada organisasi yang sudah diakui secara nasional yang menaungi kontes hewan tersebut.

Contoh organisasi atau paguyuban yang sudah ada antara lain PERKIN (Perkumpulan Kinologi Indonesia). PERKIN adalah adalah organisasi nirlaba yang menjadi induk organisasi penggemar anjing ras (anjing trah) di Indonesia. Organisasi ini adalah satu-satunya lembaga pendaftaran yang berwenang mengeluarkan surat silsilah (stamboom) anjing trah di Indonesia, dan menetapkan standar anjing trah Indonesia (Anjing Kintamani) (perkin.com, 2014).

Aturan dan parameter kontes Anjing

Parameter yang digunakan dalam antara kontes kesayangan dengan kontes ketrampilan secara umum berbeda walaupun ada pula kesamaaannya. Anjing adalah salah satu hewan yang bisa mengkuti kontes kesayangan dan kontes ketrampilan. Menurut aturan FCI (Fédération Cynologique Internationale) (2008) yang merupakan organisasi pecinta anjing terbesar di dunia, kontes anjing dibagi berdasarkan umur dan breed. Berikut adalah pembagian kelas perlombaan anjing menurut FCI;

  • Baby Class : 6 bulan kebawah
  • Puppy Class : 6 bulan + 1 hari s/d 9 bulan
  • Junior Class : 9 bulan + 1 hari s/d 18 bulan
  • Intermediate Class : 15 – 24 bulan
  • Open Class : 15 bulan keatas
  • Working Class : 15 bulan keatas
  • Champion Class : 15 bulan keatas serta mempunyai gelar champion (dalam / luar negeri )
  • Veteran Class : 8 tahun keatas

Syarat Wajib Bagi Anjing Untuk Mengikuti Kontes

Persyaratan wajib bagi yang akan mengikuti lomba dengan standar FCI antara lain:

  1. Termasuk dalam breed yang diakui secara definitif oleh FCI menurut FCI Breeds Nomenklatur.
  2. Pure breed. Seekor anjing dianggap murni-dibesarkan ketika silsilah mencakup 3 generasi lengkap yang terdaftar di FCI diakui studbooks (pendaftaran dalam lampiran ke studbooks tidak valid), yaitu nama anjing, inisial FCI diakui stud book + nomor registrasi.

Selain itu, kondisi untuk pemberian sertifikat yang berbeda dari (CACIB, CACIT, CACITR, CACIL, CACIAG et CACIOB) seperti yang dijelaskan dalam peraturan internasional yang berbeda FCI dan persyaratan lain yang termasuk dalam Peraturan untuk Kejuaraan internasional berdasarkan perjanjian harus dihormati.

Parameter penilaian yang digunakan untuk kontes kesayangan antara lain kemurnian bangsa, penampakan tubuh (ukuran, kesempurnaan fisik, konformasi, kesehatan, keindahan, kebersihan), temperamen (kejinakan, kepatuhan). Sedangkan untuk kontes ketrampilan sama seperti diatas ditambah dengan parameter utama yaitu kelincahan, kecepatan, dan ketidakadaan kesalahan (Danang, 2014).

Metode yang dipakai dalam penilaian adalah secara objektif dan subjektif. Penilaian secara objektif dilakukan dengan mengukur dan mencatat performans dari anjing yang dinilai. Parameter yang bisa dinilai dengan metode objektif adalah kecepaan dan ketidakadaan kesalahan. Penilaian subjektif dilakukan oleh jui dan penonton. Parameter yang dinilai adalah penampakan tubuh dan behavior.

demikianlah aturan kontes anjing yang perlu anda ketahui.

Upaya yang dilakukan agar anjing juara

Anjing kontes haruslah anjing yang sehat dan harus dijaga dalam kondisi terbaik. Perawatan yang baik perlu dilakukan untuk menjaga performa anjing. Berikut adalah upaya yang perlu dilakukan agar anjing juara

1. Memberikan Dog Food

Mengapa Dog Food? Karena nutrisi yang terkandung di dalam dog food sudah lengkap, seimbang, melalui penelitian para ahli di bidangnya. Dog food yang paling mahal belum tentu yang paling bagus. Yang paling penting dog food tersebut cocok buat anjing anda dan bisa menjaga kestabilan bahkan meningkatkan kualitas anjing anda. Makanan jangan diumbar begitu saja, tapi harus diatur porsinya sesuai dengan takaran yang ditentukan oleh dog food. Makan yang berlebihan akan membuat anak anjing kegendutan dan merusak struktur kaki, tulang punggung (topline), dan lainnya. Di lain pihak, kekurangan makan akan menyebabkan anak anjing tidak akan bertumbuh dengan maksimal, karena kekurangan gizi yang dibutuhkan pada masa pertumbuhannya.

2) Air minum yang bersih harus selalu tersedia.

Air minum yang bersih harus selalu tersedia untuk mencegah dehidrasi. Air minum dianjurkan untuk dimasak dahulu. Atau lebih bagus lagi jika anda memberikan air mineral.

3) Olahragakan anjing secukupnya, sesuai dengan trah, umur dan kondisi.

Anjing yang sehat ototnya harus kencang, meskipun anjing anda jenis trah kecil. Jangan memberikan olahraga yang berat sebelum anjing berusia 2 tahun. Malah di trah tertentu, umur 2 tahun masih dikategorikan terlalu muda. Olahraga yang terbaik adalah lari secara alami. Bermain dan Short Walk sangat dianjurkan untuk anak anjing. Pada saat anjing sudah kelihatan capek, olahraga harus diakhiri, jangan terlalu memaksakannya hanya karena anda ingin anjing anda full berotot.

4) Water grows grass. Water grows hair. Clean hair grows. Dirty hair dies.

Mandikan anjing anda secara teratur minimal seminggu sekali, kecuali jika anjing sudah dalam keadaan kotor. Pada saat anjing akan di-show-kan, mereka dimandikan 2 kali seminggu, sekali di hari antara minggu itu dan sekali lagi pada hari sebelum show. Dianjurkan untuk memakai shampoo dan/atau kondisioner khusus untuk anjing, sebab anjing memiliki pH yang berbeda dengan manusia (merek merupakan preference masing-masing orang). Setelah dimandikan, keringkan bulu anjing sampai benar-benar kering. Jangan lupakan bagian sela-sela kaki dan ketiak. Bagian yang tidak benar-benar dikeringkan akan membuat gatal dan akan menimbulkan jamur pada kulit. Bulu yang bersih akan mencegah berbagai Penyakit kulit dan kerontokan yang tidak normal.

5) Cek kebersihan mata dan telinga

Cek selalu kebersihan telinga dan mata. Bersihkan telinga jika sudah kelihatan kotor dan bersihkan matanya dari kotoran atau berkas air mata.

6) Pemotongan kuku,

Kuku anjing anjing harus dipotong paling tidak seminggu sekali. Kuku jangan dipotong sampai mengenai daging bagian dalam.

7) Anjing harus bebas dari parasit

Anjing harus bebas dari parasit, baik internal (seperti cacing) maupun external (seperti kutu), karena parasit akan memperburuk kondisi anjing anda. Untuk mengatasi kutu pada anjing kesayangan anda, anda bisa membeli obat anti kutu yang tersedia di petshop-petshop. Untuk mengatasi cacingan, anjing dapat diberikan obat cacing sesuai dosisnya. Untuk skala pemberian, dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter hewan.

8) Perikasakan anjing ke dokter hewan secara berkala.

Perikasakan anjing ke dokter hewan secara berkala untuk mendapatkan Vaksinasi sampai tahap komplit. Pastikan anjing anda mendapatkan Vaksinasi : Parvo, Distemper, Rabies dan Kennel Cough (Flu / Batuk). Jika anda menemukan tanda-tanda yang tidak seperti biasanya pada anak anjing anda, misalnya menjadi tidak napsu makan, gelisah, murung, dsb; segeralah dibawa ke dokter hewan.

9) Suplement Tambahan.

Suplemen tambahan berupa vitamin bisa diberikan tapi bukan merupakan suatu keharusan. Sesuai dengan budget anda. Kekurangan vitaman, is BAD! Kelebihan vitamin, WORSE!

10) Melatih anak anjing untuk show harus dilakukan mulai dini, dan setiap hari.

Training atau pelatihan adalah suatu bentuk pendidikan yang sangat penting untuk anjing show agar nantinya di Show Ring anjing dalam keadaan terkontrol penuh oleh anda. Pada saat dog show, anjing anda akan diminta untuk berjalan membuat suatu lingkaran, berdiri diam dalam posisi terbaik, dipegang-pegang untuk diperiksa oleh juri (tentunya bagi anjing anda juri adalah orang asing), dan beristirahat didalam kandang kecil. Ini bukan sesuatu yang alami bagi anjing, dan mereka harus diajarkan untuk mencintai dan menikmati keadaan tersebut.

Daftar Pustaka

Danang. 2014. Mata kuliah UTKHP. Fakultas Peternakan UGM. Yogyakarta.

FCI. 2008. FCI International Championship. http://www.fci.be/en/FCI- International-Championship-41.html

Perkin. 2014. Tentang Perkin. http://www.perkin.or.id/


Baca juga :


Tinggalkan komentar