Kebun Teh Wonosari

kebun teh wonosari

Sekilas Info Tentang Kebun Teh Wonosari

Kamu sedang mencari informasi tentang kebun teh wonosari? Tepat sekali kamu berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo. Jika anda saat ini sedang bosan untuk berwisata ke pantai dan ingin mencari suatu suasana yang baru seperti kesejukan, santai dan membuat anda relax, maka sangat disarankan untuk berkunjung ke kota Malang. Kota Malang sendiri berada di wilayah dataran tinggi sehingga membuat kota Malang memiliki iklim yang dingin dan sejuk. Selain terkenal dengan agrowisata buah apelnya, wisata perkebunan teh di kota Malang juga tidak kalah menarik serta sangat wajib untuk dikunjungi.

Berkunjung ke kota Malang tak ada salahnya untuk menyempatkan diri singgah di Agrowisata Kebun Teh Wonosari, Lawang, Kabupaten Malang. Agrowisata tersebut memiliki pemandangan alam dan sejarah panjang yang menjadikan agrowisata tersebut menjadi salah satu dari sejumlah tempat wisata Kabupaten Malang. Kebun Teh Wonosari Malang merupakan perkebunan teh sekaligus dijadikan objek agrowisata edukasi memetic dan mengolah teh. Tempat tersebut dapat diibaratkan sebagai suatu pengganti objek wisata Puncak di Bogor bagi masyarakat Jawa Timur, terutama yang bertempat tinggal di wilayah Malang. Mereka tidak perlu pergi jauh-jauh ke wisata Puncak di Bogor yang banyak menghabiskan waktu dan biaya, mereka bisa mengganti hal tersebut dengan mengunjungi objek wisata Kebun Teh Wonosari.

Keindahan panorama di Kebun Teh Wonosari tidak kalah sangatlah menakjubkan dibandingkan dengan wisata lain khususnya wisata Puncak di Bogor. Kelebihan utama dari wisata Puncak di Bogor mungkin lebih familiar dan popular di telinga masyarakat Indonesia.

Alamat

kebun teh wonosari

Lokasi agrowisata ini tepatnya terletak di kaki gunung Arjuno, yang menjadi perbatasan kota Surabaya dan kabupaten Malang. Alamat tepatnya berada di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur dengan ketinggian 950-1.250 meter diatas permukaan laut. Kawasan ini memiliki jarak dengan Lawang sekitar 6 km atau kurang lebih sebelah utara dari kota malang 30 km dan 80 km dari kota Surabaya.

Jika anda merasa belum puas dengan berwisata di sini, atau anda mungkin masih punya banyak waktu untuk berlibur, maka anda bisa berkunjung di wisata dekat Kebun Teh Wonosari. Objek wisata lain seperti, Candi Sumberawan yang memiliki jarak 8,4 km, Badug Asu yang berjarak 14,5 km, atau di wisata Inonesia Safar Park II Prigen yang berjarak 20,4 km dari Kebun Teh ini.

Sejarah

kebun teh wonosari

Agrowisata ini memiliki sebuah sejarah panjang dimulai sejak zaman colonial belanda, tepatnya berdiri pada tahun 1910. Kebun teh ini merupakan kebun teh pertama di Jawa Timur saat itu yang berada di bawah perusahaan Belanda Bernama NV. Cultur Maathappy pada saat itu kebun teh ini ditanami teh dan kina. Namun pada masa penjajahan Jepang, dengan cita-cita menerapkan swasembada pangan untuk para jajahannnya, Sebagian lahan digunakan sebagai tempat menanam bahan pokok seperti singkong, ubi, kentang, dan sejenisnya. Setelah terbebas dari penjajahan Belanda dan Jepang, perkebunan teh Wonosari diambil alib oleh PT. Perkebunan Nusantara XII (PTPN XII) sampai saat ini.

Lembaga PTPN XII merupakan BUMN dengan status perusahaan perseroan yang menangani perluasan produksi teh dan pendistribustiannya. Berdasarkan pertimbangan ketinggian lokasi dan kelmbaban tanah, PTPN XII memfokuskan tanaman menjadi teh, kopi, dan tanaman lainnya sehingga kebun teh ini menghasilkan produk teh dengan merek The Rolas.

Kebun teh Wonosari dalam halnya memproduksi teh, tempat tersebut juga menjadi agro wisata yang pastinya sangat layak anda kunjungi. Kebun teh Wonosari berada di wilayah dataran tinggi, sehingga kebun teh menyajikan panorama keindahan alam namun juga udara yan sejuk dan segar. Hal tersebut sangat cocok menjadi tempat liburan bagi anda dan keluarga, untuk menghilangkan stress dan lelah dari hiruk pikuk suasan kota yang ramai.

Jadi sangat disarankan bagi anda untuk istirahat dan me-refressh diri sejenak dengan menginap beberapa hari di villa atau hotel yang disewakan di sekitar kebun teh Wonosari.

Fasilitas dan Aktivitas

kebun teh wonosari

Bila anda sedang berkunjung di kebun teh Wonosari, anda tak perlu khawatir tentang fasilitas yang ada di objek wisata tersebut. Kebun teh Wonosari memiliki fasilitas yang memadai seperti fasilitas penginapan (wisma, hotel, villa, cottage), masjid, tempat olahraga, tempat rekreasi, restoran, dan yang paling akan sangat dilirik wisatawan adalah tersedianya jaringan wifi di kebun teh Wonosari yang memudahkan wisatawan melakukan akses internet sambil berwisata.

Fasilitas kegiatan di tempat wisata kebun teh Wonosari juga sangat beragam sehingga anda tidak hanya bisa menikmati panorama hamparan kebun teh yang indah tetapi juga bisa menikmati aktivitas yang sangat menyenangkan yang telah disediakan oleh pihak pengelola wisata. Saat anda di kebun teh Wonosari, anda bisa melihat proses pengolahan teh dari proses pemetikan dauh teh hingga menjadi teh yang siap diseduh. Mulai dari proses penerimaan dauh teh, proses pelayuan, proses penggilingan, fermentasi, pengeringan, proses pengepakan sampai teh siap untuk dipasarkan. Anda juga bisa membawa pulang olahan teh di kebun teh Wonosari ini.

Kebun teh Wonosari banyak memproduksi teh yang akan diekspor keluar pulau Jawa, bahkan sampai ke mancanegara. Namun kegiatan ini hanya bisa dinikmati pada hari kerja, sedangkan pada hari libur atau minggu wisatawan tidak bisa melihat proses pembuatan teh di kebun teh Wonosari. Proses permbuatan teh dilakukan di pabrik peninggalan zaman Belanda. Hal ini juga menjadi daya tarik karena memberikan kesan pengalaman yang sangat menarik bagi para wisatawan.

Pantas saja selain wisatawan dalam negeri, juga banyak wisatawan mancanegara khususnya yang berasal dari Belanda, Amerika, Jerman, Jepang, dan Australia, yang sangat sering datang menginap dalam waktu yang cukup lama di Kawasan wisata kebun teh Wonosari. Selain itu, para wisatawan juga bisa menikmati tea walk di area kebun teh Wonosari yang sangat menyejukkan mata para wisatawan.

Saat anda di kebun teh Wonosari, selain bisa melihat proses pengolahan teh. Anda juga bisa berekreasi dan berolahraga, untuk rekreasi anda bisa mengunjungi kebun binatang mini untuk melihat-melihat koleksi hewan yang ada di kebun teh Wonosari. Lalu anda juga bisa untuk bermain di playground bersama anak-anak, bersantai di tamanm bermain di arena permainan outbound dan bila anda merasa kedinginan denga suhu di tempat tersebut, anda dapat berenang dengan air hangat di kolam renang kebun teh Wonosari.

Penginapan

kebun teh wonosari

Jika anda dengan keluarga atau teman sedang berencana untuk menginap di kebun teh Wonosari, maka sebaiknya direncakan terlebih dahulu berapa jumlah orang yang akan menginap. Apabila anda datang Bersama rombongan, maka saran saya untuk menyewa villa atau bunga low karena akan lebih murah dibandingkan menyewa hotel untuk anggota rombongan. Bila hanya datang sendiri atau dua orang, maka saran saya menyewa hotel saja. Menginap di hotel sendiri memiliki kelebihan lain daripada menyewa villa. Selain dapat melihat kebun teh Wonosari dengan viewa yang sangat indah, anda juga akan mendapatkan fasilitas kamar lengkap, terjamin dan pastinya kondisi kamar bersih.

Baca Juga: Jenis dan Tipe Kolam Renang

Harga Tiket Masuk

kebun teh wonosari

Harga tiket masuk agrowisata ini pada tahun 2021, yaitu untuk wisata agro Wonosari sebesar Rp. 8.000 per orang harga tersebut berlaku untuk hari kerja senin-sabtu. Sedangkan bila anda berkunjung di hari libur atau weekend atau hari libur naisonal, maka harga tiket akan naik menjadi Rp. 12.000 per orang.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat kepada para pembaca yang sedang merencanakan liburan di di kebun teh lawang wonosari.

Have A Nice Day 😊


Baca juga :