Elon Musk Diduga Memanipulasi Harga Dogecoin dengan Memanfaatkan Pengaruhnya

Elon Musk Dituduh Manipulasi Harga Dogecoin oleh Investor

Beberapa waktu lalu, momen saat Elon Musk mengubah logo Twitter menjadi Doge berhasil viral. Namun, sejumlah investor menuduh bahwa Musk memanipulasi harga Dogecoin (DOGE) dan memanfaatkan pengaruhnya untuk tujuan pribadi.

Sebagai informasi, Doge merupakan kripto memecoin yang popularitasnya meroket sejak “dilirik” oleh Elon Musk. Dilansir dari Mashable, pemilik Twitter dan Tesla ini dituduh melakukan “perdagangan orang dalam” dan memanipulasi harga DOGE terkait gugatan class action yang diusulkan.

Mereka menuding Musk telah melakukan manipulasi harga Dogecoin, yang menyebabkan kerugian miliaran dolar. Dalam pengajuan pada hari Rabu di pengadilan federal Manhattan, para investor mengatakan bahwa Musk menggunakan unggahan Twitter, influencer online yang dibayar, penampilannya di acara “Saturday Night Live” di NBC pada tahun 2021, dan aksi publisitas lainnya untuk melakukan perdagangan dengan keuntungan atas biaya mereka melalui beberapa dompet Dogecoin yang dikuasai olehnya atau oleh Tesla.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Para investor mengatakan bahwa ini termasuk ketika Musk menjual sekitar US\$124 juta Dogecoin pada bulan April. Tepatnya, setelah dia mengganti logo burung biru Twitter dengan logo anjing Shiba Inu Dogecoin, yang menyebabkan lonjakan harga Dogecoin sebesar 30 persen.

Perilaku sengaja menghasut, manipulasi pasar, dan insider trading memungkinkan Musk untuk menipu investor, mempromosikan dirinya sendiri dan perusahaannya, demikian disebutkan dalam pengajuan tersebut.

Sebagaimana diketahui, Musk membeli Twitter pada Oktober tahun lalu. Dia juga mengelola SpaceX, produsen roket dan wahana antariksa, serta Tesla, yang memproduksi mobil listrik.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Kuasa hukum Musk dan Tesla, Alex Spiro menolak berkomentar pada hari Kamis (01/06/2023). Pengacara para investor tidak segera merespons permintaan komentar.

Dikutip dari Blockchainmedia.id (jaringan Suara.com), para investor telah menuduh Musk, dengan sengaja mendorong harga Dogecoin naik lebih dari 36.000 persen dalam dua tahun dan kemudian membiarkannya jatuh. Mereka menyertakan tuduhan terbaru mereka dalam perubahan gugatan ketiga yang diusulkan, dalam gugatan yang dimulai pada bulan Juni tahun lalu.

Musk dan Tesla pada bulan Maret mencari penghapusan gugatan yang diubah kedua, menyebutnya sebagai karya fiksi yang khayalan, dan pada tanggal 26 Mei mengatakan bahwa perubahan gugatan lain tidak adil.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Dalam perintah pada hari Rabu, Hakim Distrik AS Alvin Hellerstein mengatakan bahwa dia “mungkin” akan mengizinkan perubahan gugatan ketiga, mengatakan bahwa para tergugat tidak mungkin akan dirugikan. Hellerstein juga mengabulkan permintaan para investor untuk mengeluarkan Dogecoin Foundation sebagai tergugat. Pengacara mereka, Seth Levine, menyebut pengeluaran tersebut sebagai “hasil yang tepat.”

Kasus gugatan ini tengah ditangani Pengadilan Distrik AS, Distrik Selatan New York. Bagaimana kelanjutan kasus ini? Kita tunggu saja.