Cegah Penuhnya Memori HP dengan Menonaktifkan Fitur Auto Download WhatsApp

Cara Matikan Fitur Auto Download WhatsApp untuk Hemat Memori HP

Baru-baru ini, banyak pengguna ponsel yang mengeluhkan memori penuh karena file media WhatsApp yang terus terunduh secara otomatis. Hal ini terjadi karena WhatsApp secara default mengaktifkan fitur auto download yang mengunduh semua gambar, video, dan voice note yang dikirimkan ke dalam aplikasi.

Namun, jangan khawatir karena ada cara untuk mengatasi hal ini. Kamu dapat mematikan fitur auto download WhatsApp sehingga hanya file yang penting saja yang akan terunduh. Dalam artikel ini, tim Sekilasinfo akan memberikan tutorial WhatsApp mudah untuk mematikan fitur auto download agar kamu dapat menghemat kuota internet dan memori HP.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/asterfolio)
Ilustrasi WhatsApp. (unsplash/asterfolio)

Cara Mematikan Fitur Auto Download WhatsApp

Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mematikan fitur auto download pada WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada HP kamu.
  2. Klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas pada halaman utama WhatsApp, lalu pilih opsi “Settings”.
  3. Klik menu “Storage and Data”.
  4. Akan muncul tiga opsi media auto download yaitu “When Using Mobile Data”, “When Connected on WiFi”, dan “When Roaming”.
  5. Pilih “When Using Mobile Data”, lalu hapus centang pada kolom foto, audio, video, dan dokumen.
  6. Lakukan hal yang sama pada opsi “When Connected on WiFi” dan “When Roaming”.
  7. Klik OK.
Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Dengan mematikan fitur auto download pada WhatsApp, kamu dapat menghemat kuota internet dan memori HP. Kamu dapat memilih file media apa saja yang ingin diunduh dan mengabaikan file yang tidak penting.

Selain itu, kamu juga dapat menghapus file media yang sudah tidak diperlukan untuk membebaskan ruang penyimpanan di HP kamu. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengklik file yang ingin dihapus, kemudian pilih opsi “Delete”.

Dengan mengikuti tutorial WhatsApp di atas, kamu dapat mematikan fitur auto download pada aplikasi tersebut dengan mudah. Selain itu, kamu juga dapat menghemat kuota internet dan memori HP agar tidak cepat penuh.