Cara Mudah Menghilangkan Goresan Mobil

Jadi, Anda tidak sengaja menggores mobil Anda. Salah satu hal yang tidak boleh Anda lakukan setelah kecelakaan mobil adalah panik. Jadi, santai saja. Dalam beberapa kasus, goresan mungkin terlihat besar, tetapi sebenarnya itu hanyalah puing-puing dari cuaca buruk atau benturan. Jika mobil Anda terbentur dengan jenis benda apa pun yang lebih lembut dari pelapis kendaraan Anda, area tersebut mungkin memiliki garis timbul yang terlihat seperti goresan. Di sisi lain, goresannya mungkin sangat dalam — goresan yang meremas usus Anda setiap kali Anda melihatnya.

Namun, ada metode untuk memperbaiki goresan ini. Dalam beberapa kasus, itu tidak terlalu menantang untuk dilakukan. Nah, ketika Anda melihat goresan pada kendaraan yang Anda sukai dari lelang mobil bekas online, jangan menyerah dulu. Yang Anda butuhkan hanyalah alat, waktu, dan upaya yang tepat agar bodi kendaraan tampak seperti baru kembali.

Menghilangkan Lecet dan Goresan dengan Menggunakan Pasta Gigi

Oleskan area yang terkena dengan pasta gigi, lalu ambil kain lembab yang lembut untuk menghapus bekas lecet dan goresan. Melakukan ini bahkan tidak akan memakan banyak pekerjaan. Namun, perhatikan bahwa ini hanya berfungsi jika bekas lecet dan goresan belum sepenuhnya menembus lapisan bening cat mobil Anda. Cobalah menahan goresan dengan kuku Anda. Jika terlalu dalam sehingga Anda bisa memegangnya dengan kuku, Anda mungkin tidak bisa menggosoknya dengan pasta gigi.

Pasta gigi akan mengampelas permukaan yang tidak rata pada kemilau mengkilap mobil Anda. Ini juga akan mengisi celah dan memastikan area tersebut bersih. Tentu saja, Anda tidak ingin mengikis partikel kotoran dan kotoran ke dalam cat Anda. Jadi, jika ada unsur asing di atas lapisan, pasta gigi akan berfungsi sebagai bahan abrasif yang membantu menghilangkannya juga.

Memperbaiki Goresan Dalam Pada Mobil Anda

Seperti yang kita ketahui bersama, tidak semua kendaraan yang berasal dari lelang mobil bekas online masih asli dan mengkilat. Beberapa dari mereka memiliki goresan yang dalam. Namun, seperti yang telah kami sebutkan, goresan ini seharusnya tidak menghentikan Anda untuk membeli mobil yang Anda inginkan. Lagi pula, beberapa goresan yang dalam masih bisa diperbaiki. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaiki goresan yang dalam pada kendaraan Anda:

  1. Beli warna cat yang sama. Anda bisa mencari kodenya pada plat kecil yang dipasang di firewall kendaraan Anda.
  2. Pastikan Anda mencuci dan mengeringkan mobil Anda secara menyeluruh. Saat membersihkan, lebih fokus pada area yang terkena.
  3. Ampelas area yang rusak dengan menggunakan amplas basah atau kering 2000 grit. Ampelas secukupnya sampai mencapai clear coat dan jangan melangkah lebih jauh. Ingatlah untuk mengampelas ke satu arah saja, dan bilas area tersebut secara berkala.
  4. Tutupi area di sekitar area dengan selotip. Melakukan hal ini akan memastikan bahwa primer hanya akan sampai ke area yang terkena dan tidak ke tempat lain.
  5. Sebarkan lapisan tipis primer pada area yang terkena. Biarkan hingga benar-benar kering sebelum melanjutkan ke proses pengecatan.
  6. Gunakan botol touch-up untuk mencampur warna cat.
  7. Oleskan cat dan pastikan Anda menutupi seluruh area yang tergores. Anda bisa mulai dari tepi dan terus ke dalam. Jika area yang terkena sangat kecil, aplikasikan cat menggunakan tusuk gigi atau batang korek api. Hindari menerapkan terlalu banyak cat. Jika Anda melihat bahwa itu lebih tebal daripada area di sekitarnya, letakkan sedikit jaringan di permukaannya. Ini akan menyerap kelebihannya.
  8. Biarkan cat benar-benar kering. Ini mungkin memakan waktu beberapa hari.
  9. Lilin dan poles seluruh kendaraan, pastikan cat baru tercampur rata. Melakukan hal ini juga akan memberikan kilau yang bagus pada mobil.