Bisakah Alat Bantu Dengar Menyebabkan Gangguan Pendengaran? 1

Bisakah Alat Bantu Dengar Menyebabkan Gangguan Pendengaran?

Ini adalah pertanyaan yang sering kita dengar. Jawaban singkatnya adalah: pasti tidak, selama mereka telah diprogram dengan benar untuk gangguan pendengaran spesifik Anda . Faktanya, menggunakan alat bantu dengar telah terbukti benar-benar menjaga kemampuan pendengaran Anda lebih tajam dan menunda perkembangan alami gangguan pendengaran dari waktu ke waktu. Lalu kenapa pertanyaan ini sering muncul?

Ini adalah trik persepsi

Setelah memakai alat bantu dengar selama beberapa minggu, beberapa orang mengungkapkan kekhawatiran bahwa mereka tidak dapat mendengar dengan baik tanpa perangkat mereka sebelum mereka mulai menggunakannya. Namun pada kenyataannya, kesalahpahaman terjadi karena otak mereka menipu mereka.

Rata-rata, seseorang yang mengalami gangguan pendengaran menunggu tujuh hingga sepuluh tahun sebelum mencari bantuan dari profesional kesehatan pendengaran. Sudah umum (dan kemungkinan) bahwa kemampuan pendengaran mereka secara bertahap akan memburuk selama periode waktu tersebut. Akibatnya, otak semakin terbiasa dengan gangguan pendengaran dan mulai menganggap tingkat kemampuan pendengaran mereka sebagai “normal”.

Saat Anda mulai memakai alat bantu dengar, volume dan kejernihan suara bisa tampak menggelegar selama beberapa minggu pertama. Ini terjadi karena otak Anda sedang menyesuaikan dan belajar mengenali tingkat kemampuan pendengaran “normal” yang baru. Setelah itu terjadi, gangguan pendengaran Anda menjadi jauh lebih terlihat saat Anda tidak menggunakan alat bantu dengar. Anda mungkin menemukan bahwa tanpa perangkat Anda, suara tampak tidak terdengar secara drastis…karena memang begitu!

Proses ini mirip dengan kemampuan mata Anda untuk menyesuaikan diri dengan kegelapan atau cahaya. Ketika Anda berada di ruangan yang gelap untuk sementara waktu, Anda dapat melihat bentuk dan bahkan beberapa corak warna. Jika Anda kemudian menyalakan lampu, tampaknya terlalu terang karena mata Anda perlu menyesuaikan. Begitu mereka melakukannya, semuanya menjadi jauh lebih jelas dan penuh kehidupan. Saat Anda mematikan lampu kembali, Anda tidak dapat melihat bentuk dan corak warna itu lagi. Apakah penglihatan Anda tiba-tiba menjadi lebih buruk karena paparan cahaya? Tidak, tapi sekarang jelas betapa terbatasnya matamu dalam kegelapan.

Pemasangan yang baik membuat semua perbedaan.

Orang lain mengungkapkan kekhawatiran bahwa alat bantu dengar berbahaya bagi gendang telinga Anda. Namun, ini tidak terjadi jika perangkat cocok dan diprogram dengan benar.

Alat bantu dengar bekerja dengan memperkuat dan memproses suara sehingga Anda dapat mendengarnya dengan lebih mudah. Memang benar bahwa suara kuat yang dimainkan tepat di sebelah gendang telinga Anda dapat merusak telinga dan pendengaran Anda (seperti musik keras yang diputar melalui headphone). Namun, jika Anda mengalami gangguan pendengaran, volume alat bantu dengar yang pas tidak akan cukup keras untuk membahayakan.

Ketika profesional kesehatan pendengaran yang berpengalaman cocok untuk Anda dengan alat bantu dengar, mereka akan memprogram perangkat agar sesuai dengan tingkat gangguan pendengaran pribadi Anda. Ini berarti tingkat amplifikasi dan pemrosesan suara akan cukup untuk memungkinkan Anda mendengar sealami mungkin.

Jika, setelah masa rehabilitasi Anda, alat bantu dengar Anda tampak terlalu keras, Anda harus kembali ke ahli pendengaran Anda untuk menyesuaikannya. Jika perangkat diprogram untuk memperkuat frekuensi yang sudah dapat Anda dengar dengan baik, ini dapat menimbulkan bahaya dalam jangka panjang. ( Anak-anak dengan gangguan pendengaran mungkin tidak cukup tahu untuk berbicara jika perangkat mereka tampak terlalu keras. Sebaiknya perhatikan cara mereka berinteraksi dengan perangkat pendengaran untuk memastikan bahwa mereka tidak perlu diprogram ulang.)

Ada kasus tertentu ketika alat bantu dengar yang tidak pas dapat membahayakan pendengaran Anda. Jika diatur agar lebih keras dari yang seharusnya untuk mengkompensasi gangguan pendengaran spesifik Anda, maka tingkat suara dapat menyebabkan kerusakan kebisingan. Hal ini dapat terjadi lebih sering pada alat bantu dengar yang dibeli secara online. Bahkan jika Anda mengirim pengecer online hasil audiogram Anda dan mereka membuat penyesuaian berdasarkan informasi itu, tidak ada pengganti untuk program profesional yang berpengalaman dengan Anda secara langsung.

Penting juga untuk dicatat bahwa penguat suara pribadi (PSAP), seperti yang ditemukan di toko obat atau diiklankan di majalah, tidak dimaksudkan untuk digunakan untuk membantu gangguan pendengaran. Mereka dimaksudkan untuk membantu orang tanpa gangguan pendengaran mendengar suara yang sangat pelan dengan lebih baik (seperti pemburu yang mendengarkan rusa) dan bukan pengganti alat bantu dengar. Jenis perangkat ini sebenarnya dapat membahayakan pendengaran Anda karena terlalu keras untuk kebutuhan Anda.

Bahkan jika Anda tidak merasa mengalami gangguan pendengaran, yang terbaik adalah bersikap proaktif dan melakukan tes pendengaran . Ambil langkah pertama dan jaga kesehatan Anda. Anda dapat membeli alat bantu dengar di tempat jual alat bantu dengar AQM Hearing Center yang berlokasi di Arunika Amerta Sejahtera, Menara 165 Office Suite Lt. 4, Jl. TB. Simatupang No Kav. 1 Rt/Rw. 03/03 Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, 12560 (0812-1907-3308).

 

 

 


Baca juga :