Belajar Membuat Pivot Table Excel dengan Mudah dan Praktis bagi Pemula

Cara Membuat Pivot Table Excel, Alat Statistik untuk Meringkas Data

Excel merupakan program pengolah data yang sering digunakan di berbagai bidang, mulai dari akademik hingga bisnis. Salah satu fitur andalannya adalah Pivot Table, yang menjadi alat statistik yang meringkas dan mengorganisir ulang data dalam spreadsheet atau tabel database untuk mendapatkan laporan yang diinginkan.

Pivot Table tidak benar-benar mengubah data asli pada spreadsheet atau database. Alat ini hanya memutar atau memutar data untuk melihatnya dari perspektif yang berbeda. Namun, Pivot Table sangat berguna untuk mengolah data dalam jumlah besar yang akan memakan waktu untuk dihitung secara manual.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Fungsi pemrosesan data yang dapat dilakukan Pivot Table termasuk mengidentifikasi jumlah, rata-rata, rentang, atau outlier. Tabel kemudian menyusun informasi ini dalam tata letak yang sederhana dan bermakna yang menarik perhatian ke nilai kunci.

Cara Membuat Pivot Table Excel di Windows

Berikut adalah langkah mudah untuk membuat Pivot Table Excel di Windows:

  1. Pilih sel yang diinginkan untuk membuat Pivot Table. Pastikan data telah ditata dalam kolom dengan satu baris header.
  2. Pilih Sisipkan > Pivot Table.
  3. Pilih tabel atau rentang yang sudah ada untuk membuat Pivot Table.
  4. Pilih tempat yang ingin diletakkan laporan Pivot Table. Pilih Lembar Kerja Baru untuk meletakkan Pivot Table di lembar kerja baru atau Lembar Kerja yang Sudah Ada dan pilih tempat yang ingin ditampilkan Pivot Table yang baru.
  5. Klik OK.
Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Cara Membuat Pivot Table Excel di Mac

Berikut adalah langkah mudah untuk membuat Pivot Table Excel di Mac:

  1. Klik sel dalam sumber data atau rentang tabel.
  2. Masuk ke Sisipkan > Pivot Table yang Direkomendasikan untuk meminta Excel membuatkan Pivot Table.
  3. Pilih Pivot Table yang terlihat paling sesuai untuk kamu lalu tekan OK. Excel akan membuat Pivot Table pada lembar baru, dan menampilkan Daftar Bidang Pivot Table.

PivotTable dan PivotChart juga memungkinkan kamu membuat keputusan yang tepat tentang data penting di perusahaan. Kamu juga bisa menyambungkan ke sumber data eksternal seperti tabel SQL Server, kubus SQL Server Analysis Services, Azure Marketplace, file Office Data Connection (.odc), file XML, database Access, dan file teks untuk membuat PivotTable atau menggunakan PivotTable yang sudah ada untuk membuat tabel baru.

Simak juga:  Dedicated Hosting: Web Hosting Premium untuk Website Optimum

Dengan cara membuat Pivot Table Excel yang mudah ini, kamu bisa lebih produktif dan efisien dalam mengolah data. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu pekerjaan kamu.