Autoclave merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mensterilkan peralatan dan perlengkapan dengan uap tekanan tinggi jenuh pada tekanan 121o Celcius selama 15- 20 menitan dan tergantung pada ukuran beban dan isi peralatan yang diseterilkan. Alat pada awalnya diciptakan oleh Charles Chamberland pada tahun 1879 , walaupun precursor yang dikenal sebagai digester uap diciptakan oleh Denis Papin pada tahun 1679. Nama autoclave berasal dari Bahasa Yunani yaitu Auto yang memiliki arti diri dan latin yang berarti Clavis kunci perangkat self locking. Autoclave memiliki banyak manfaat di bidang Mikrobiologi, Kedoktera, Tato, Tindik, Ilmu Kedokteran Hewan, Mikologi, Kedokteran Gigi, Perawatan Kaki dan dunia medis lainnya.

Autoclave juga banyak digunakan dalam menyembuhkan komposit dan dalam vulkanisasi karet. Panas yang tinggi dan tekanan yang otoklaf memungkinkan dalam membantu untuk memastikan bahwasnya sifat fisik terbaik yang repeatably dicapai. Industri kedirgantaraan dan sparmakers (Untuk perahu layer pada khususnya) dan memiliki otoklaf lebih dari 50 kaki Panjang beberapa lebih 10 kaki lebar.

Autoclave dalam dunia medis

Sebuah autoclave medis merupakan sebuah alat yang menggunakan uap dalam mensterilkan peralatan dan benda-benda lainnya. Hal ini berarti bahwa semua bakteri, virus, jamur, dan spora yang diseterilkan.  Autoclave ditemukan untuk keperluan medis, laboratorium, dan tempat-tempat lain yang memerlukan dalam menjamin sterilitas objek. Banyak prosedur saat ini digunakan sekali pakai barang daripada disterilisasi, barang dapat digunakan kembali.

Dikarenakan panas dan lembab yang digunakan, ada beberapa produk yang tahan panas dan tidak dapat diseterilkan dengan cara ini atau akan meleleh. Kertas atau objek lainnya yang mungkin rusak oleh uap juga harus disterilkan dengan cara yang lain. Dalam semua otoklaf objek harus selalu dipisahkan untuk kemungkinan uap yang menembus beban secara merata.

Autoclave GEA sering digunakan untuk mensterilkan limbah medis sebelum limbah dibuang ke aliran limbah padat. Alat ini sudah menjadi alternatif untuk pembakaran karena masalah lingkungan dan kesehatan. Dengan menggunakan Autoclave maka barang yang kurang steril dapat bersih dan steril. Penggunaan autoclave saat ini sudah banyak untuk menseterilkan peralatan peralatan medis dari virus dan bakteri serta lainnya.

Demikian informasi yang kami sampaikan. Dimana anda bisa mendapatkan alat ini? Alat ini bisa anda dapatkan dengan cukup mudah yaitu dengan mengunjungi website Alat Kesehatan AGM MEDICA. Autoclave GEA merupakan alat yang sangat penting untuk mensterilkan peralatan peralatan medis rumah sakit. Dan sangat bermanfaat sekali untuk dunia kesehatan.