8 Keuntungan Berat Badan Ideal untuk Kamu!

8 Keuntungan Berat Badan Ideal untuk Kamu! 1

Siapa sih yang tidak mau mempunyai berat badan ideal? Sebagian besar orang bahkan semua pasti ingin punya berat badan ideal. Selain bentuk badan yang menjadi bagus, berat badan ideal tentunya memberikan sejuta manfaat bagi mereka yang memilikinya. Tak heran, berat badan ideal menjadi impian dan orang-orang rela melakukan apa saja untuk mendapatkannya.

Lalu, apa saja sih keuntungan memiliki berat badan ideal jika ditinjau dari sisi kesehatan? Berikut penjelasannya.

Mengurangi Risiko Diabetes

Dengan berat badan ideal, risiko terkena diabetes akan berkurang.The Diabetes Prevention Program (DPP) menyatakan bahwa penurunan berat badan sebanyak 5-7% dapat mengurangi risiko terkena diabetes melitus. Berat badan yang ideal juga akan mempengaruhi kerja insulin dalam mengontrol gula darah, serta mengurangi kadar asam lemak dan peradangan.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung sangat berbahaya dan menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Risiko penyakit jantung ternyata dapat dikurangi dengan memiliki berat badan ideal. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of American College of Cardiology menunjukkan bahwa orang dengan BMI (Body Mass Index) lebih dari 25 telah memiliki tanda-tanda penumpukan plak di pembuluh darah arteri. Tentunya ini berbahaya bagi mereka yang punya berat badan berlebih.

BMI (Body Mass Index) atau indeks massa tubuh adalah indikator pengukuran yang digunakan untuk menentukan kategori berat badan ideal atau tidak. BMI dikembangkan oleh Adolphe Quetelet selama abad ke-19. Melalui hasil perhitungan BMI, Anda akan mengetahui kategori berat badan, yaitu kurus, ideal, berlebihan, atau bahkan obesitas. Selengkapnya dapat dibaca di sini.

Tidur Lebih Nyenyak

Anda yang sering kali sulit tidur atau insomnia, mungkin saja penyebabnya adalah berat badan berlebih. Penumpukan lemak khususnya di perut ternyata memperberat kerja organ paru-paru untuk pernapasan. Hal ini disampaikan oleh profesor kedokteran Universitas Johns Hopkins, Kerry J. Stewart. Selain itu, orang yang memiliki berat badan berlebih dapat menurunkan kualitas tidurnya.

Menjaga dan Meningkatkan Kesuburan

Siapa nih pasutri yang sedang program hamil? Perlu tahu juga kalau berat badan ideal dapat menjaga kesuburan, terutama pada wanita. Berat badan yang ideal dapat menjaga keseimbangan hormon tubuh, mencegah resiko keguguran, dan menormalkan fungsi reproduksi.

Peluang Hidup Lebih Panjang

Percaya gak percaya, berat badan ideal membawa kita hidup ‘lebih panjang’. Kenapa? Tubuh yang ideal dapat menurunkan risiko bahkan mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan lain sebagainya.

Bentuk Badan Lebih Indah

Ini adalah harapan para pejuang BB ideal. Bentuk tubuh yang indah menjadi impian karena akan membuat tampilan lebih menarik. Ssstt….Pasanganmu juga bakal lebih sayang lhoo….

Selain itu, pakaian-pakaian lamamu bisa dipakai lagi, gak jadi nambah stok pakaian lagi.

Meningkatkan Mood

Buat kamu yang moody, suasana hati cepat berubah, barangkali itu pertanda kalau berat badanmu sudah berlebih. Ternyata, kadar lemak yang tinggi dapat meningkatkan tingkat stres seseorang karena hal itu mempengaruhi penampilannya. 

Berat badan ideal dapat meningkatkan rasa percaya diri dan pastinya kamu tidak akan stres dengan penampilan badanmu.

Jangan lupa, imbangi dengan diet sehat yang tinggi nutrisi dan rendah gula agar mood dan tubuhmu baik.

Meningkatkan Level Energi

Kamu yang malas gerak (mager) dan tidak bersemangat beraktivitas, bisa jadi kamu obesitas. Energi yang seharusnya digunakan untuk bergerak, disalurkan untuk melakukan fungsi organ tubuh karena berat badan berlebih. Berat badan ideal menjadi solusi agar kamu tidak malas gerak dan lebih energik. Jadi, badanmu tidak bekerja keras lagi setelah berat badanmu turun.

 

Oleh karena itu, yuk kita sama-sama berjuang buat dapat berat badan impian kita. Pola makan, pola tidur, dan olahraga juga harus selalu diperhatikan agar tetap sehat dan bugar. Buat kamu yang baru memulai diet, berikut beberapa tips diet yang bisa kamu baca di tautan ini (https://sekilasinfo.net/gimana-cara-diet-berikut-7-tips-mudahnya/)

Kamu juga bisa menonton video berikut ini untuk lebih memahami cara-cara diet yang baik dan benar. Jangan menyerah para pejuang berat badan ideal. Semangat yaaa!