5 Jenis Media Sosial Populer untuk Promosi Bisnis

 

Media Sosial
Media Sosial yang Ada Sekarang

Media Sosial, sekarang ini, adalah alat yang sangat berguna untuk meningkatkan penjualan dan promosi bisnis di era digital. Kehadirannya yang telah dipenuhi banyak jenis tentunya sangat memudahkan para pelaku bisnis untuk meraup untuk sebesar-besarnya. Artikel oleh Luhur Pambudi

Pada zaman yang serba digital dan terhubung, kehadiran media sosial sangat penting bagi kehidupan sosial masyarakat. Dengan media sosial, orang-orang dapat berkirim pesan, mencari informasi, dan menjalin relasi.

Media sosial dapat dikatakan sebagai platform digital yang menyediakan fasilitas bagi penggunanya untuk melakukan aktivitas sosial. Ketika pandemi Covid-19 melanda, media sosial sangat dibutuhkan oleh orang-orang untuk melaksanakan aktivitasnya. 

Sekarang ini, media sosial memiliki banyak manfaat, seperti dapat digunakan sebagai media bisnis dan marketing bagi para pelaku usaha. Dengan kelebihan yang dapat beroperasi 24 jam, media sosial menjadi tempat yang efektif untuk melakukan branding dari produk penjualan. 

Berikut 5 jenis media sosial yang sering digunakan untuk membangun bisnis:

1. WhatsApp

5 Jenis Media Sosial Populer untuk Promosi Bisnis 1

WhatsApp menjadi salah satu media sosial terpopuler dan paling sering digunakan oleh orang-orang. Pengguna WhatsApp beragam dari kalangan remaja hingga orang tua. Dengan jumlah pengguna lebih dari 100 juta orang, WhatsApp menjadi media terfavorit pelaku usaha untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan.

Fitur-fitur yang dimiliki WhatsApp, seperti chat, panggilan suara, dan panggilan video menjadi fitur favorit yang sering dipakai. 

WhatsApp juga memiliki fitur WhatsApp Business. Layanan ini berbeda dengan WhatsApp biasa. WhatsApp Business memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap untuk mendukung operasional bisnis. Beberapa fiturnya adalah:

  1. Labeling Chat
  2. Katalog Produk
  3. Balas Pesan Otomatis, dan
  4. Statistik Pesan

Layanan WhatsApp Business ini sangatlah membantu Anda untuk menjalankan bisnis sekaligus media komunikasi paling efektif dan profesional kepada pelanggan.

baca juga : 7 Ide Bisnis Online dan Alasan Melakukannya

2. YouTube

5 Jenis Media Sosial Populer untuk Promosi Bisnis 2

Sampai saat ini, Youtube masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di Indonesia. Dengan 88 persen dari total 150 juta orang pengguna yang aktif menonton video, YouTube tentunya sangat potensial untuk dijadikan media berbagi informasi apapun. 

Pengguna yang sangat banyak tentunya memberikan keuntungan bagi Youtube dan dapat menjadi media bisnis bagi para pelaku usaha. Pada bidang promosi atau penjualan, pengguna atau pemilik kanal Youtube dapat melakukan beberapa hal berikut:

  1. mendemonstrasikan produk
  2. branding bisnis
  3. memecahkan masalah pelanggan
  4. meningkatkan brand awareness.

Video yang Anda buat untuk dipromosikan melalui Youtube juga dapat disesuaikan dengan target pasar Anda. Target pasar yang dapat dikhususkan berdasarkan video Anda sering disebut niche. Niche secara sederhana merupakan istilah lain dari topik khusus atau pembahasan pada suatu channel Youtube.

Selain itu, Youtube juga menyediakan fitur analytics yang dapat memberikan pemilik chanel informasi terkait performa channel atau video. Fitur analytics, baik per video maupun channel dapat memberikan data realtime dan membantu Anda untuk membuat keputusan bisnis dari capaian channel Anda.

3. Instagram

5 Jenis Media Sosial Populer untuk Promosi Bisnis 3

Instagram menjadi platform media sosial yang cukup digandrungi masyarakat. Dengan jumlah pengguna aktif mencapai 61 juta orang, Instagram kini hampir menyaingi Facebook sebagai salah satu platform media sosial tersukses saat ini. 

Mayoritas pengguna instagram adalah kalangan anak muda dengan rentang usia 18-24 tahun. Instagram berbasis pada fitur unggah dan unduh foto dan video, sekaligus ini menjadi fitur utama. Fitur ini sering digunakan para pelaku usaha untuk mempromosikan produknya. 

Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna antara lain: InstaStory, Feed, IG TV. Dengan fitur-fitur tersebut, pengguna dapat mengunggah konten-konten promosi yang menarik bagi penonton.

Selain itu, Instagram juga memiliki fitur khusus Instagram Ads dan Anda juga memiliki peluang untuk berkolaborasi dengan influencer Instagram.

4. TikTok

5 Jenis Media Sosial Populer untuk Promosi Bisnis 4

Media sosial yang mengedepankan konten yang sedang viral dan hits telah menjadi platform baru yang paling sering digunakan anak muda Indonesia. Penggunanya kebanyakan berusia 16-24 tahun. Walaupun sering dianggap alay, ternyata TikTok juga dapat dijadikan media mempromosikan bisnis Anda. Dengan TikTok, pengguna dapat

  1. Membuat video-video kreatif terkait bisnis Anda
  2. Menggunakan Hashtag challenge untuk promosi
  3. Bekerja sama dengan influencer TikTok
  4. Menggunakan fitur TikTok Ads untuk meningkatkan penjualan produk

5. Facebook

5 Jenis Media Sosial Populer untuk Promosi Bisnis 5

Facebook menjadi platform media sosial paling eksis di kalangan masyarakat Indonesia. Jumlah penggunanya pun semakin meningkat dari waktu ke waktu. Tercatat, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 180 juta pada tahun 2018 dengan rentang usia terbanyak antara 20-29 tahun.

Dilansir dari website asiacommerce.id, Facebook memiliki beberapa fitur bisnis sebagai berikut:

  1. canvas
  2. power editor
  3. ads manager
  4. ad creation tools
  5. hashtags
  6. local awareness ads
  7. facebook pixel
  8. event response ads
  9. audience network, dan
  10. facebook blueprint

Kepopuleran Facebook ini menjadi peluang untuk mengenalkan dan mengembangkan bisnis Anda. Selain untuk mengenalkan, Facebook dapat digunakan untuk meningkatkan traffic website, leads, dan menaikkan engagement.

dalam Facebook, Terdapat juga fitur Ads yang dapat digunakan untuk menaikkan traffic pengunjung halaman bisnis Anda di Facebook.

 

Anda juga dapat menonton video dari channel Rico Huang untuk mengoptimalkan branding dari WhtasApp. Berikut videonya: