Struktur Teks Deskripsi dan Contohnya

struktur teks deskripsi

Kamu sedang mencari informasi tentang struktur teks deskripsi dan contohnya? Tepat sekali kamu berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo. Pada materi pelajaran bahasa Indonesia terdapat pelajaran yang memuat teks deskripsi, eksposisi, hingga eksplanasi dan beberapa teks lain. Setiap teks tersebut mempunyai ciri-ciri yang membedakan antara struktur teks deskripsi dengan teks lainnya. Pada artikel ini saya akan mengupas tentang teks deskripsi, struktur teks deskripsi, hingga contoh teks deskripsi.

Saat belajar Bahasa Indonesia ada banyak jenis teks yang anda pelajari dan anda temui sehari-hari saat anda membaca. Namun kadang kala jika kita ditanya tentang suatu teks termasuk kedalam jenis teks apakah yang kita baca, kita tidak jarang keliru dan perlu banyak waktu untuk berpikir sebelum menjawab tentang termasuk mana teks tersebut. Kali ini saya akan membahas tentang salah satu jenis teks dalam Bahasa Indonesia yaitu  teks deskripsi lengkap dengan ciri-ciri, struktur teks deskripsi dan jenisnya.

Pengertian Teks Deksripsi

Struktur Teks Deskripsi dan Contohnya 1

Teks deskripsi adalah salah satu teks yang isinya berupa penggambaran suatu tempat, objek, atau peristiwa tertentu yang dijelaskan secara jelas dan terperinci. Teks deskripsi sendiri adalah sebuah  teks yang gagasan utamanya dikembangkan dengan dilukiskan atau dikembangkan dengan sejelas-jelasnya. Dalam istilah yang lain, teks deskripsi juga dapat diartikan sebagai sebuah paragraf yang menjabarkan secara jelas peristiwa, objek, atau tempat yang dalam bacaan tersebut yang menjadi topik pembaca.

Struktur teks deskripsi seharusnya dituliskan dengan cara yang jelas dengan tujuan agar pembaca bisa merasakan langsung atau seolah-olah ada dalam teks cerita tersebut hal tersebut dapat membangun simpati para pembaca, sehingga apa yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca bisa dipahami dengan mudah. Biasanya para penulis menjelaskan suatu teks menggunakan suatu ilustrasi seperti rasa, warna, rasa, keadaan atau kesan yang ada sesuai dengan topik yang ingin disampaikan. Tingkat keberhasilan dari teks deskripsi ini bisa dinilai ketika si pembaca bisa merasakan, melihat ataupun mendengar objek dan peristiwa yang sedang dideskripsikan. Semakin tinggi mereka merasakan apa yang ada teks maka teks deskripsi tersebut berhasil, dan berlaku sebaliknya.

Struktur Teks Deskripsi

struktur teks deskripsi

Pada pembuatan teks deskripsi yang baik dan benar, penulis harus memperhatikan setiap struktur teks deskripsi tersebut. Berikut ini merupakan struktur teks deskripsi yang bisa dijadikan acuan dalam menulis teks deskripsi.

  • Identifikasi

Identifikasi pada teks deskripsi merupakan bagian awal dari struktur teks deskripsi yang menjelaskan tentang gambaran umum objek yang ingin dibahas. Pada bagian identifikasi penulis mengerti serta menentukan hal apa saja yang akan dicantumkan dalam teks deskripsi tersebut sesuai dengan topik yang penulis angkat, tahap ini adalah saat penulis mulai menentukan identitas dari seorang tokoh didalam teks tersebut, benda, peristiwa serta tempat  sebagai objek yang akan dideskripsikan. Identifikasi sendiri bisa berisi tentang data lokasi, sejarah, makna nama, atau hal lain yang sifatnya umum yang memudahkan pembaca nantinya.

  • Klasifikasi

Struktur teks deskripsi selanjutnya adalah klasifikasi, penulis pada bagian ini harus mulai menentukan beberapa penyusunan kalimat dalam sebuah kelompok yang memiliki aturan dan harus sesuai dengan standar dan kaidah yang telah ditetapkan. Teks deskripsi yang telah dibuat secara sistematis ini memiliki tujuan untuk membuat memudahkan penulis saat menulis gagasan-gagasan yang ingin disampaikan oleh si penulis pada tahap selanjutnya.

  • Deskripsi

Struktur teks deskripsi terakhir adalah deskripsi, pada tahap ini penulis mulai membuat tentang gambaran-gambaran atau bagian-bagian yang akan dibahas dalam oleh penulis dalam teks tersebut. Dengan adanya sebuah pemaparan pada bagian ini, objek dalam topik tersebut bisa dituliskan secara lebih mudah sehingga para pembaca mudah memahami maksud dari teks deskripsi tersebut.

Ciri Ciri Teks Deskripsi

Struktur Teks Deskripsi dan Contohnya 2

Teks deskripsi sendiri memiliki sebuah ciri-ciri yang menjadi dengan teks lainnya. Agar anda dapat dengan mudah mengidentifikasi teks deskripsi anda dapat menelaah teks dari ciri-cirinya. Berikut ini merupakan ciri-ciri dari teks deskripsi antara lain:

  • Melukiskan atau menggambarkan sesuatu hal yang akan dijelaskan.
  • Topik dapat berupa sebuah objek yang harus digambarkan sejelas-jelasnya dengan melibatkan kesan panca indra, baik itu oleh penulis maupun oleh pembaca.
  • Teks deskripsi harus membuat para pembaca seakan-akan sedang merasakan sendiri serta mereka terbawa dalam suasana saat membacanya.
  • Teks deskripsi banyak memuat kata-kata sifat serta kata-kata yang digunakan merupakan kata-kata yang umum digunakan, sehingga para pembaca mudah untuk memahami tujuan dari teks deskripsi.
  • Teks deskripsi biasanya menggunakan frasa yang mengandung kata benda, contohnya seperti beliau adalah seorang ketua RT yang tinggi hati.
  • Teks deskripsi biasanya menggunakan kata keterangan yang bertujuan untuk memberikan informasi tambahan mengenai suatu penggambaran objek contohnya seperti di sekolah, di warung, di hotel, dengan cepat.
  • Teks deskripsi biasanya menggunakan beberapa bahasa yang bersifat kiasan seperti metafora.
  • Pada penjelasannya, teks deskripsi menjelaskan tentang sifat objek atau ciri-ciri fisik tertentu seperti ukuran, bentuk, warna, dan kepribadian secara jelas dan terperinci dengan tujuan menjelaskan objek secara jelas-jelasnya.

Jenis Teks Deskripsi

Struktur Teks Deskripsi dan Contohnya 3

  • Paragraf Deskripsi Sugestif

Paragraf sugestif merupakan suatu paragraf karangan yang berisi penjelasan yang berusaha menggiring pembaca untuk memahami suatu penghayatan terhadap subjek atau objek yang digambarkan melalui sebuah imajinasi dari sang pembaca. Jenis paragraf ini biasanya menggambarkan sebuah Pengertian dari Teks Deskripsi pada bahasa Indonesia, hal tersebut disertai penjelasan struktur, contoh, ciri-ciri dan jenisnya  serta pengalaman atas suatu objek atau peristiwa yang dialami sehingga menciptakan sebuah interpretasi atau sebuah kesan dari pembaca. Biasanya pemilihan jenis kata-kata yang akan digunakan oleh penulis adalah kata-kata yang menggambarkan watak, sifat, ciri dari sebuah objek tersebut sehingga mampu menciptakan pikiran sugesti tertentu kepada pembaca.

Contoh dari teks deskriptif Sugestif:

Hari itu adalah hari pertama aku mengunjungi kampus, saat sampai di kampus aku diperkenalkan dengan kakak tingkat yang akan mengantarkan dan menjelaskan tentang hal apa saja yang ada dan harus dipahami pada kampus tersebut. Kakak tingkat itu nampak sangat bersemangat menyambut aku dengan rambutnya yang sepanjang rumput bahu. Dia selalu tersenyum ke arah ku yang membuatku merasa semakin bersemangat dan hangat di tengah lingkungan kampus tersebut.

  • Paragraf Deskripsi Ekspositoris

Jenis paragraf ini merupakan jenis paragraf deskripsi yang ditulis dengan maksud untuk membuat para pembaca mengenali sesuatu yang kita jelaskan bila mereka bertemu, melihat atau bahkan berhadapan dengan sebuah objek. Penulis pada paragraf ini juga menjelaskan unsur-unsur yang melekat pada sebuah objek yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dari pembaca, lalu untuk memahaminya paragraf ini dengan mudah biasanya penulis menjelaskan sesuatu dengan cara bertahap dari awal hingga akhir pada objek tersebut.

Contoh Teks Deskripsi

Struktur Teks Deskripsi dan Contohnya 4

Gunung Lawu

Indonesia menjadi negara yang memiliki banyak gunung berapi. Hal tersebut karena Indonesia berada pada Ring Of Fire. Terdapat  beberapa gunung berapi yang masih aktif seperti Gunung Kelud dan Gunung Merapi. Terdapat juga gunung-gunung yang sudah tidak aktif, salah satunya adalah Gunung Lawu.

Gunung Lawu adalah gunung yang terletak di Jawa Tengah. Gunung ini sangat populer di kalangan pendaki. Untuk mendaki gunung memiliki ketinggian 3265 MDPL, pendaki dapat melewati jalur Cemoro Sewu, Cemoro Kandang, dan Candi Cetho. Pada hari libur, gunung Lawu biasanya akan ramai dikunjungi oleh para pendaki. Jalurnya yang dimiliki dinilai tidak terlalu curam serta memiliki pemandangannya yang indah menjadi suatu alasan bagi para pendaki untuk menjadikannya sebagai tujuan pendakian mereka.

Contoh teks deskripsi lain:

Anjingku George

Saya memiliki seekor anjing bernama George. Bulunya yang dimilikinya sangatlah lembut dengan warna kecoklatan dengan campuran warna putih. George sendiri mempunyai ekor panjang dengan bulu tebal di ujung ekornya. Bulu tubuh yang dimilikinya terasa lembut dan saya sangat suka mengelusnya. George sangat suka makan daging ayam dengan nasi dan ketika Ia lapar maka akan menggonggong kepada saya. Ketika sedang tidur, George seperti anak kecil yang sangat sulit untuk dibangunkan. Saya sangat sayang dengan George.

Baca Juga: Contoh Surat Kuasa yang Formal

Sekian Informasi yang dapat saya sampaikan tentang teks deskripsi yang memuat struktur teks deskripsi. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat bagi anda khususnya dalam menambah wawasan anda terkait struktur teks deskripsi.

Have A Nice Day 😊


Baca juga :