6 Rekomendasi Wisata Jogja Gunungkidul

6 Rekomendasi Wisata Jogja Gunungkidul 1

Siapa sih yang tidak tahu mengenai Yogyakarta? Ya, salah satu provinsi yang mendapatkan gelar daerah istimewa ini memang nyatanya sangat istimewa. Yogyakarta banyak dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, bahkan hingga wisatawan asing. Kota ini menjadi destinasi wisata menarik baik itu wisata alam ataupun wisata budaya. Salah satu kabupaten di Yogyakarta yang menawarkan wisata cantik adalah Kabupaten Gunungkidul. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata Jogja Gunungkidul yang sayang untuk Anda lewatkan.

1. Pantai Indrayanti

pantai indrayanti wisata gunungkidul

Salah satu wisata pantai gunungkidul yang recommended untuk Anda kunjungi adalah Pantai Indrayanti. Nama pantai ini sebenarnya adalah Pantai Pulang Sawal (disingkat dengan sebutan Pantai Pulsa). Sebenarnya, nama Indrayanti adalah nama pemilik sebuah cafe disana. Namun, banyak orang lebih mengenal pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti memiliki pasir putih serta air yang bersih berwarna biru yang indah. 

Terdapat banyak fasilitas bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Disana terdapat penginapan, cafe serta restoran. Pantai Indrayanti dikelilingi oleh batu-batu karang berukuran besar. Ada juga gazebo-gazebo yang bisa Anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati udara pantai yang sejuk dan menenangkan.

2. Gunung Api Purba (GAP) Nglanggeran

wisata jogja

Gunung Api Purba Nglanggeran atau biasa disingkat dengan GAP memiliki ketinggian puncak 700 mdpl. GAP merupakan sebuah gunung api yang dulunya aktif pada jaman purbakala. Namun, sekarang gunung ini sudah tidak aktif dan menjadi objek wisata menarik di Gunungkidul. Gunungkidul sangat terkenal dengan pantai. Namun GAP ini bisa menjadi alternatif wisata gunung kidul selain pantai.

GAP merupakan bagian dari Geopark Gunung Sewu yang telah diakui Global Geopark Network sehingga keindahannya memang sebanding dengan berbagai Geopark di belahan dunia lainnya. Wow keren ya ternyata Indonesia punya wisata alam yang diakui dunia.

Salah satu momen yang paling sering diburu oleh pengunjung adalah moment sunrise di pagi hari dari atas ketinggian gunung. Tempat wisata ini cocok untuk Anda yang gemar mendaki dan hiking. Track jalannya sangat bervariasi mulai dari conblock, jalan setapak, hingga lorong sempit yang diapit dua batu raksasa. Membutuhkan waktu hampir sekitar 50-60 menit untuk menuju ke lokasi ini. Dengan waktu yang lumayan singkat Anda sudah bisa menikmati udara sejuk dan pemandangan alam yang cantik.

Gunung Gedhe merupakan sebutan untuk puncak bagian barat dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Pengunjung biasanya melihat sunrise dari puncak ini. Kondisi puncak ini agak lapang namun tidak bisa digunakan untuk camping ataupun mendirikan tenda.

Apabila Anda hendak mendirikan tenda atau camping Anda bisa bergeser ke bawahnya sekitar 50 meter. Di situ terdapat camping ground yang sangat strategis sekaligus bisa berlindung dari kencangnya angin di Puncak Gunung Api Purba. Pemandangan dari puncak Gunung Gedhe yakni bisa menikmati kemegahan Gunung Lima Jari.

Tiket masuk ke wisata Jogja Gunungkidul Gunung Api Purba Nglanggeran ini sangatlah terjangkau yakni Rp15.000 /orang untuk siang hari. Namun, apabila Anda datang di malam hari, tarifnya naik menjadi Rp20.000/orang untuk WNI dan Rp30.000/orang untuk wisatawan asing. Selain tiket masuk, pengunjung juga dikenai biaya parkir senilai Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

3. HeHa Ocean View

6 Rekomendasi Wisata Jogja Gunungkidul 2

 

Wisata Gunungkidul terbaru 2021 yang baru saja dibuka untuk umum adalah HeHa Ocean View. Tempat wisata Jogja Gunungkidul ini resmi dibuka untuk umum sejak 1 Februari 2021 dan sangat viral akhir-akhir ini sehingga ramai oleh pengunjung yang penasaran.

HeHa Ocean View letaknya berada di tepi tebing pantai selatan Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Wisata Gunungkidul 2021 ini terdapat area nongkrong dengan spot foto Instagramable dengan latar belakang pantai laut selatan. Selain menikmati indahnya pantai selatan, disini pengunjung juga bisa menikmati momen sunset.

Tempat wisata ini berada di Bolang, Kelurahan Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. HeHa Ocean View buka setiap hari Sabtu – Kamis pukul 10.00 – 20.00 WIB dan Jumat pukul 13.00 – 20.00 WIB. Jam operasional tersebut hanya berlaku selama pandemi dan masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Namun, apabila kondisi sudah normal, tempat ini akan beroperasi hingga pukul 21.00 WIB.

4. Goa Jomblang

WISATA JOGJA GUNUNGKIDUL

Gunungkidul merupakan suatu daerah karst yang sangat luas sehingga memiliki banyak sekali goa bawah tanah. Goa ini oleh pemerintah dijadikan sebagai objek wisata goa yang sangat menguji adrenalin. Berbeda dengan goa pada umumnya, Goa Jomblang merupakan goa vertikal sehingga kamu bisa mendapatkan atmosfer yang sangat dramatis dan eksotis.

Kedalaman Goa Jomblang mencapai 60 hingga 80 meter. Berbagai pemandangan menakjubkan bisa ditemukan selama menjelajahi tujuan wisata di Gunungkidul ini termasuk sebuah sungai yang mengalir di dasar goa. Lokasi Goa Jomblang berada di  Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Sebaiknya Anda mendatangi goa ini saat pagi hari karena udaranya masih sejuk dan pemandangan pagi yang cerah dapat menyegarkan mata Anda.

Untuk menjelajahi Goa Jomblang tarifnya sekitar Rp. 450.000 hingga Rp.1.000.000. Harga ini sudah termasuk dengan jasa pemandu dan berbagai peralatan caving dan keamanannya sehingga tak heran jika tarif tersebut cukup tinggi.

5. Air Terjun Sri Gethuk

6 Rekomendasi Wisata Jogja Gunungkidul 3

Walaupun Gunungkidul merupakan suatu daerah yang terkenal tandus karena tanahnya merupakan tanah kapur dan banyak batuan kapur, Gunungkidul juga memiliki air terjun yang indah yakni Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul. Air terjun ini tidak pernah kering dan terus mengalir di musim kemarau sekalipun, walaupun debit airnya berkurang.

Air Terjun Sri Gethuk diapit batuan kapur memiliki tinggi sekitar 50 Meter. Airnya yang turun ke bebatuan karst kemudian membentuk kolam besar yang menyambung dengan sungai. Sekeliling air terjun terdapat pepohonan hijau dan airnya sangat jernih sehingga pemandangannya sangat indah dan menyegarkan.

Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung saat berkunjung ke destinasi wisata Gunungkidul ini mulai dari yakni berenang, body rafting di Sungai Oya, hingga berfoto-foto. Anda juga bisa mencoba cliff jumping atau canoying dari bebatuan tinggi yang berada di air terjun.

Lokasi Air Terjun Sri Gethuk berada di  Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

6. Geoforest Watu Payung

6 Rekomendasi Wisata Jogja Gunungkidul 4

Salah satu tempat wisata Jogja Gunungkidul yang bisa Anda kunjungi untuk melihat lansekap Gunungkidul yang indah adalah Watu Payung, Turunan Panggang. Di destinasi wisata ini Anda bisa menikmati pemandangan lanskap hutan hijau di perbukitan luas dengan sungai yang di tengahnya berkelok yang berbentuk seperti payung.

Objek wisata Watu Payung ini berlokasi di kawasan hutan dan perbukitan karst Padukuhan Turunan Desa Girisuko, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Tempat wisata ini merupakan suatu Geoforest yang sangat indah. Anda bisa mengunjunginya saat musim hujan ataupun kemarau.

Nah, itulah beberapa rekomendasi destinasi tempat wisata Jogja Gunungkidul yang menarik. Beberapa rekomendasi tempat wisata tersebut memiliki pemandangan yang indah. Walaupun sangat indah, namun tarif masuknya sangatlah terjangkau. Selamat berlibur ya.

 

 


Baca juga :