Proyek Kripto Worldcoin Dapat Dukungan Pendanaan Baru dari Petinggi OpenAI

OpenAI Founder Samuel Altman Mengembangkan Proyek Kripto Worldcoin

Pendiri OpenAI, Samuel H. Altman, sedang mengembangkan proyek kripto baru bernama Worldcoin. Melalui situs resmi perusahaan, proyek ini bertujuan untuk menciptakan mata uang digital global yang didistribusikan secara merata ke semua orang di dunia. Meskipun masih dalam versi beta, Worldcoin mengincar dana investasi baru senilai US$100 juta (Rp1,5 triliun).

Proyek Worldcoin diketahui menggunakan protokol proof-of-personhood untuk mendistribusikan token proyek. Protokol tersebut melibatkan penggunaan pemindaian biometrik iris mata penerima yang kemudian diverifikasi dengan ID yang dikeluarkan pemerintah untuk mengonfirmasi identitas. Namun, proyek ini telah mendapat kritikan dari Edward Snowden, mantan pegawai NSA yang pernah membocorkan informasi rahasia negara, karena khawatir proyek ini akan menghasilkan database global dari iris yang dipindai dan akan disimpan dalam bentuk hash.

Proyek ini telah meraup dana dari perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz (a16z) dan Khosla Ventures dalam putaran pendanaan sebelumnya. Ini membawa valuasi proyek menjadi US$3 milyar. Putaran pendanaan seri A sebesar US$25 juta di bulan Oktober 2021 dipimpin oleh a16z dan diikuti oleh Digital Currency Group, Coinbase Ventures, dan Multicoin. Versi beta akan segera diakhiri dan dilanjutkan dengan peluncuran resmi dalam enam minggu ke depan.

Melansir dari Decrypt, proyek kripto pemindai iris yang disebut Worldcoin, terus menarik investor untuk dapat berkembang. “Worldcoin sedang membangun identitas dan jaringan keuangan terbesar di dunia sebagai utilitas publik, memberikan kepemilikan kepada semua orang,” ungkap situs resmi proyek Worldcoin.

Dengan lebih dari 1,6 juta pendaftar dalam versi beta dan 500.000 lebih pengguna aktif World App bulanan, penyebaran di OP Mainnet akan memperluas akses dan membantu Worldcoin mencapai ekosistem pengembang dan pengguna yang selaras nilai, ujar Worldcoin Foundation.

Proyek Worldcoin yang masih dalam pengembangan ini memang cukup ambisius dan menarik perhatian banyak pihak dengan tujuannya untuk menciptakan mata uang digital global yang didistribusikan secara merata ke semua orang di dunia.