Menu Tutup

Bagaimana Saya Bisa Belajar Berenang Sendiri?

belajar berenang

Ujung kolam renang yang dangkal adalah tempat yang baik untuk belajar berenang sendiri. Berenang melibatkan pernapasan, menendang dengan kaki Anda dan membelai dengan tangan Anda. Ini adalah hal-hal yang dapat Anda praktikkan satu per satu di air dangkal.

Mungkin langkah paling sederhana untuk pemula adalah merangkak ke depan. Setelah Anda memahami cara mendorong diri Anda di atas permukaan air, Anda dapat berlatih dan mempelajari pukulan lainnya.

Tip
Belajarlah berenang sendiri mulai dari ujung kolam yang dangkal. Mulailah dengan perayapan depan karena merupakan langkah termudah

1. Bagaimana Memulai

Berdirilah dengan punggung menghadap ujung kolam, tarik napas dan tekuk ke depan di pinggang sampai wajah Anda benar-benar di dalam air. Telinga Anda harus berada di garis air. Tahan posisi ini selama dua detik, perlahan-lahan putar kepala Anda ke satu sisi dan buang napas ke dalam air seperti yang Anda lakukan. Kembali ke posisi berdiri.

2. Tarik napas dan buang napas

Pegang tangan Anda dari samping, telapak tangan ke bawah bersama-sama. Ambil napas dan tekuk ke depan seperti sebelumnya. Dengan wajah Anda di dalam air, angkat lengan kanan ke atas dan keluar dari air, dan raih di depan diri Anda sendiri.

Ketika tangan Anda menyentuh air, tarik lengan Anda lurus ke bawah dan lakukan gerakan memutar di bawah air sampai tangan Anda berada di belakang Anda dan di sisi kanan Anda. Telapak tangan Anda harus naik pada saat ini. Putar kepala Anda ke kanan dan tarik napas baru melalui mulut Anda tanpa mengangkat kepala Anda. Balikkan kepala dan buang napas melalui mulut atau hidung, kata A.S. Tuan Berenang, dengan wajah Anda di dalam air.

3. Stroke Lengkap, Napas Penuh

Ulangi stroke dan latihan pernapasan sampai Anda bisa membuat stroke dengan masing-masing lengan dan satu napas lengkap tanpa mengangkat kepala keluar dari air. Sapuan yang berliku atau tidak teratur di bawah air akan menyebabkan Anda bekerja lebih keras untuk menempuh jarak yang sama saat berenang.

Lengan mendorong bagian depan tubuh Anda dan menendang kaki Anda akan mencegah tubuh Anda tenggelam. Swimming.org menyarankan untuk mengingatkan diri Anda untuk menjaga tubuh Anda selurus mungkin di dalam air dan dekat dengan permukaan.

baca juga : Jasa Perawatan Kolam Renang Wilayah Kota Se Jabodetabek

4. Tendang Cepat, Tidak Memercik

Hadapi sisi kolam dan letakkan kedua tangan di tepinya. Rentangkan tangan Anda, angkat kedua kaki hingga lengan, tubuh, dan kaki Anda berada pada garis lurus menjauh dari ujungnya. Putar kepala Anda ke satu sisi dan tarik napas melalui mulut Anda. Jangan angkat kepala lurus ke atas.

Pegang lutut Anda lurus dan tendang kaki Anda dari pinggul. Tendangan relatif cepat dan buat percikan sekecil mungkin. Kaki Anda seharusnya tidak keluar dari air. Buang napas di bawah air, putar kepala Anda dan tarik napas baru. Lanjutkan tendangan dan pernapasan Anda hingga Anda nyaman bernapas sambil menendang.

5. Sisi ke Sisi

Berdirilah dengan punggung menghadap sisi kolam, menghadap ke ujung dangkal ke sisi yang berlawanan. Tekuk lutut, rentangkan lengan kiri di depan, tarik napas dan dorong menjauh dari samping dengan kaki. Saat Anda bergerak menjauh dari samping, wajah Anda harus masuk ke dalam air dan kaki Anda akan mulai menendang saat Anda melakukan pukulan ke depan dengan lengan kanan Anda.

6. Latihan Membuat Sempurna

Lanjutkan menendang saat Anda melakukan pukulan terkonsentrasi, kembalikan masing-masing tangan hingga telapak tangan berada di sisi Anda saat Anda meraih ke depan untuk melakukan pukulan dengan tangan lainnya. Buat dua pukulan dengan masing-masing lengan, putar kepala Anda dan tarik napas, kembalikan kepala Anda ke lurus dan lanjutkan. Berlatihlah sampai Anda merasa nyaman dengan pernapasan dan Anda dapat berenang selebar kolam tanpa harus berhenti.

simak juga tulisan menarik dari idealpools.id : 7 Tips Belajar Berenang Untuk Orang Dewasa CepatĀ 

Related Post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *