Menu Tutup

10 Tempat Wisata di Kaliurang Yogyakarta

10 Tempat Wisata di Kaliurang

Halo gaes kali ini sekilas info akan membagikan 10 tempat wisata di Kaliurang Yogyakarta. Artikel ini buat kamu yang bingung nyari tempat wisata di Jogja. Gak usah banyak fafifu, yuk kita simak artikel berikut ini.

Jogja merupakan kota wisata yang memiliki banyak destinasi keren seperti di Kaliurang. Siapa sangka ada tempat wisata yang dingin enak buat berlibur di Jogja?

Kaliurang berada di kaki Gunung Merapi. Kondisi Alamnya masih asri ditambah udaranya yang sejuk dan jauh dari polusi membuat Kaliurang jadi destinasi yang selalu dituju masyarakat untuk berlibur atau wisata.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kaliurang

Keindahan panorama alamnya sangat keren, membuat turis betah dan malas pulang. Di sini makin banyak destinasi tempat wisata baru yang jadi primadona. Di antaranya bahkan merupakan kawasan wisata yang bangkit kembali dari kerusakan akibat erupsi gunung Merapi beberapa tahun yang lalu.

Berkat kreativitas warganya, Daerah Kaliurang menjadi tempat wisata favorit masyarakat dari dalam dan luar Jogja. Berikut ini 10 tempat wisata di kawasan Kaliurang yang telah dihimpun tim Sekilas info.

1. Stonehenge Cangkringan Kaliurang

Stonehenge merupakan suatu bangunan yang dibangun pada zaman Perunggu, dan Neolitikum. Ia terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Inggris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury. Sebagai salah satu situs yang paling terkenal di dunia, Stonehenge merupakan lingkaran batu tegak yang berada di dalam lingkup tembok tanah.

Kini replika Stonehenge bisa kita nikmati keindahannya di Jogja, tepatnya di desa Cangkringan Kaliurang. Ini adalah salah satu tempat wisata baru di Kaliurang yang populer oleh anak muda.

Banyak wisatawan datang kesini untuk foto-foto dengan latar Stonehenge dan keindahan alam Gunung Merapi. Hijaunya rumput terlihat kontras dengan warna abu-abu dari batu yang disusun melingkar. Bentuk batunya yang unik akan membuat hasil foto jadi sangat instagramable, cocok juga untuk yang ingin buat foto prewedding disini.

Tiket Masuk :
Rp10.000

Jam Buka :
Senin – Minggu: pukul 7.00 – 17.00 WIB

Alamat :
Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Merapi Park Kaliurang

Sepuluh landmark monumental dari berbagai negara dapat dilihat dalam waktu yang bersamaan di Taman Wisata Merapi Park. Wisata The World Landmark Merapi Park Jogja ini menyajikan spot foto yang unik dan menarik pada setiap bangunan yang ada.

Pengunjung dapat berfoto pada 16 miniatur bangunan yang ada di Merapi Park Jogja, tentunya menjadikan pengalaman yang unik dan hasil foto yang istimewa.

Di tempat wisata di Kaliurang ini turut menghadirkan hijaunya rerumputan yang menghampar disertai tanaman bunga-bunga. Terlihat gagahnya Gunung Merapi di salah satu sisi langit semakin meneduhkan keindahan di Merapi Park.

Bagi kamu yang suka dengan fotografi atau untuk menambahkan foto di media sosialmu maka wajib untuk berwisata di Merapi Park Kaliurang.

Tiket Masuk :
Rp20.000

Jam Buka :
Senin – Minggu: pukul 8.00 – 16.00 WIB

Alamat :
Jalan Kaliurang km. 22, Banteng, Harjobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

3. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan kependekan dari “ULating bLENcong SEjatiNe TAtaraning LUmaku” yang memiliki arti “Nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan”. Filosofi tersebut diambil dari sebuah lampu minyak yang biasa dipergunakan saat pertunjukan wayang kulit.

Kenapa Museum Ullen Sentalu dikatakan unik? Salah satu alasannya, karena museum ini tak menggunakan bangunan kuno atau bangunan cagar budaya sebagai tempat untuk memajang barang koleksi, melainkan menggunakan bangunan baru di tengah kawasan hijau di Kaliurang, lereng Gunung Merapi.

Di museum kebudayaan ini, Kamu tak akan menemukan label-label yang bertuliskan penjelasan tentang koleksi yang ditampilkan. Inilah yang justru menjadi ciri khas Museum Ullen Sentalu.

Semua penjelasan akan disampaikan langsung oleh guide atau pemandu museum. Pasti lebih seru mendengarkan cerita langsung dari pemandu bukan, dari pada harus membaca tulisan yang tak bernada?

Bahkan di museum ini setiap pemandu harus belajar terlebih dahulu tentang sejarah masa lalu, khususnya yang berkaitan dengan barang-barang di museum tersebut. Jadi jangan khawatir, karena informasi yang akan Kamu dapatkan di museum ini nggak setengah-setengah.

Btw Museum Ullen Sentalu didapuk jadi top 9 museum terbaik di Indonesia lhooo….

Tiket Masuk :
Rp30.000 (Dewasa) dan Rp15.000 (Anak)

Jam Buka :
Weekday 8.30-16.00 dan Weekend 8.30-1700, Senin Libur

Alamat :
Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

4. The Lost World Castle

The Lost World Castle menawarkan tempat wisata di Kaliurang dengan spot foto yang unik. Dengan bangunan yang berupa kastil yang memanfaatkan batu sisa erupsi Merapi sebagai bahan bakunya, wisata ini sukses memesona pengunjung.

Tak hanya itu, tempat ini juga menawarkan spot-spot foto yang menarik. Yang paling ramai antreannya adalah spot paradise gate dan latar sayap. Masih ada lagi kawasan dengan rumput hijau yang menghampar luas dengan latar berhias pohon sakura.

The Lost World Castle terletak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Kalau masih ingat letusan dahsyat Merapi tahun 2006 silam, Desa Kepuharjo sering disebut dalam acara-acara berita sebagai wilayah yang paling parah terkena dampak erupsi. Hal itu memang benar terjadi, karena erupsi Merapi 2006 menyapu bersih sebagian kawasan Kepuharjo.

Melihat kedahsyatan letusan Merapi kala itu, pihak pengelola menamai spot wisata ini dengan The Lost World Castle. Artinya, kastil di kawasan yang bisa ‘hilang’ disapu bersih oleh amukan Gunung Merapi. Tempat wisata di kaliurang  ini kadang-kadang disebut juga sebagai “benteng takeshi”.

Tiket Masuk :
Rp25.000

Jam Buka :
Setiap Hari 7.00-18.00

Alamat :
Petung, Kepuharja, Cangkringan, Sléman, Cangkringan, Kabupatèn Sléman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

5. Taman Gardu Pandang Kaliurang

Pada awalnya, gardu pandang di kawasan Kaliurang hanya difungsikan untuk mengamati panorama Gunung Merapi dari kejauhan. Kamu dapat naik di gardu pandang yang tersedia dan melihat keindahan panorama gunung merapi.

Di Gardu Pandang kaliurang ini kamu juga dapat bermain, terdapat beberapa wahana permainan anak seperti jungkat jungkit, mobil mini, ayunan dan lainnya. Namun sejak tahun 2014, Gardu Pandang Kaliurang semakin hits dengan tambahan nama Taman Lampion.

Hal ini tidak terlepas dari penyelenggaraan Festival of Light (FOL) di kawasan tersebut yang digelar setiap tahun baru dan libur lebaran.

Tiket Masuk :
Weekdays Rp25.000 Weekend Rp30.000

Jam Buka :
Setiap Hari 08.00-16.00

Alamat :
Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

6. Moto Cross Tour Kaliurang

10 Tempat Wisata di Kaliurang Yogyakarta 1
@buruhphoto

Buat penggemar wisata alam pegunungan, kawasan Kaliurang dan lereng Gunung Merapi ialah tujuan wisata yang menarik. Apalagi semenjak erupsi Gunung Merapi beberapa tahun lalu, daerah Kaliurang dan sekitarnya telah banyak berubah.

Untuk menjelajahi tempat ini dan sekitarnya, kita dapat menyewa motor trail. Motor trail adalah sepeda motor tangguh yang dapat melewati medan-medan yang berat dan tentunya mengendarai motor trail rasanya berbeda dengan naik motor biasa.

Menikmati indahnya lereng gunung merapi menggunakan Moto Cross Tour Kaliurang dapat kamu rasakan dengan menyewa Moto Trail. Dengan durasi waktu tertentu anda akan diantarkan untuk trekking melewati sungai dan bukit melihat sisa-sisa letusan gunung api merapi.

Tiket:
Short Route Rp. 150.000/motor (2 Jam), Long Route Rp. 200.000/motor, Merapi Sunrise Rp. 250.000/motor (4 Jam)

Jam Buka:
07.00-16.00

Alamat:
Jalan Tlogo Puteri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

7. Museum Gunung Merapi

Museum Gunungapi Merapi adalah tempat wisata wajib jika anda berkunjung ke kaliurang. Disini anda dapat melihat dokumentasi letusan gunung Merapi. Museum Merapi diharapkan menjadi wahana edukasi konservasi pengembangan ilmu kebencanaan gunung api, berada di sebelah selatan Gunung Merapi.

Museum ini juga menyimpan jejak keganasan wedhus gembel yang menerjang rumah-rumah di lereng merapi. Sepeda motor hangus, peralatan memasak hangus, dan masih banyak yang lainnya. Mengelilingi ruang pamernya akan memberikan kita banyak pelajaran alam maupun cerita kehidupan yang sangat berharga.

Museum ini juga dilengkapi dengan bioskop mini yang bisa menampung hingga 85 orang. Saat musim libur museum ini biasanya banyak dikunjungi oleh anak-anak sekolah yang sedang melakukan studi tour ke Jogja maupun rombongan keluarga.

Tiket:
Rp5.000

Jam Buka:
08.00-15.30 (senin tutup)

Alamat:
Jalan Kaliurang km. 22 Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

8. Taman Edukasi Satwa dan Ternak Sato Loka

Taman Edukasi Satwa dan Ternak Sato Loka mengambil konsep Farm House dan taman edukasi satwa merupakan tempat wisata di Kaliurang. Sato Loka Jogja berusaha mengajak pengunjung untuk menikmati suasana sejuk alami khas kaliurang dan berinteraksi dengan satwa yang ada. Selain menerima kunjungan perorangan, Sato Loka juga menerima kunjungan untuk rombongan dengan materi edukasi satwa reptilia dan peternakan. Edukasi yang diberikan berupa teori dan praktek. Contohnya seperti edukasi ternak kambing perah Etawa, mulai dari proses pengambilan/pemerahan susu hingga diolah menjadi susu pasteurisasi.

Selain berinteraksi dengan satwa, pengunjung juga bisa mencicip hasil olahan yang ada seperti yoghurt, ice cream, susu pasteurisasi, pudding, goat milk yoghurt, yoghurt buah asli dan tentu saja rasanya dijamin enak.

Tiket:
Rp15.000

Jam Buka:
09.00-16.00

Alamat:
jalan Kaliurang KM 23 Hargobinangun, Pakem, Sleman, Yogyakarta

9. Tlogo Puteri Kaliurang

10 Tempat Wisata di Kaliurang Yogyakarta 3
@explorejogja

Tlogo Putri merupakan salah satu tempat wisata di Kaliurang. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa mencoba berbagai wahana permainan, melihat pertunjukan seni tiap hari minggu, atau trekking menyusuri jalan setapak di hutan.

Berada di lereng selatan Merapi dengan ketinggian 900 m dpl membuat udara di kawasan ini sejuk dan segar. Bahkan di waktu-waktu tertentu terbilang cukup dingin sehingga memaksa pengunjung untuk mengenakan jaket tebal.

Memadukan konsep wisata alam dan wisata tirta, tempat ini layak dijadikan lokasi liburan keluarga. Obyek wisata Tlogo Putri berada satu kompleks dengan Bukit Plawangan Turgo.

Sebelum erupsi Merapi tahun 2010, bukit ini berupa hutan yang cukup lebat dan menjadi habitat monyet serta elang jawa. Meski kondisi saat ini belum sepenuhnya pulih, Bukit Plawangan Turgo cukup menarik untuk dijadikan lokasi trekking.

Tiket:
Rp8.000

Jam Buka:
09.00-16.00

Alamat:
Jl. Tlogo Putri, Kaliurang Timur, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

10. Kawasan Sate Kelinci Taman Kaliurang

10 Tempat Wisata di Kaliurang Yogyakarta 4
@explorejogja

Kita seringnya menyantap olahan sate yang terbuat dari daging ayam ataupun kambing, bisa pula dibuat dari daging sapi. Namun, pernahkah Anda mencoba sate yang daging sengaja diambil dari daging kelinci?

Siapa sangka hewan mamalia berbulu yang terlihat manis tersebut bisa diolah menjadi santapan yang terkenal enak di kawasan Kaliurang Yogyakarta. Merasa penasaran dengan rasa dan sensasi daging kelinci saat masuk ke mulut maka sempatkan waktu untuk datang ke Kaliurang.

Ya kaliurang selain terkenal dengan suasana dinginnya, juga terkenal karena kuliner khasnya yaitu sate kelinci. Sate kelinci merupakan kuliner khas daerah Kaliurang Yogyakarta, salah satu tempat wisata  yang berada di kaki Gunung Merapi dan tentunya berudara dingin.

Jadi tak salah jika disetiap sudut tempat wisata di Kaliurang pasti terdapat warung penjual sate kelinci.

Harga :
17.000++

Lokasi :
Setiap Sudut Kaliurang

Penutup

Demikian arikel 10 Tempat Wisata di Kaliurang Yogyakarta dari sekilas info, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya, jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu yaa…



 

 

Artikel lainnya :

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa

34 Quote Inspiratif dari Tasaro GK (Pengarang Novel Muhammad)

Rekomendasi Jasa SEO Jogja Terbaik

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *