10 Skill Wajib Yang Dimiliki Oleh Karyawan Hotel

Bekerja dalam industri perhotelan bisa sangat bermanfaat.  Anda tidak hanya membantu pelanggan setiap hari, ada banyak peluang untuk kemajuan karir.  Karena itu, setiap jalur karier jelas memiliki pasang surut. Bekerja sebagai busboy atau tukang cuci panci, misalnya, bisa sangat membosankan, tetapi bahkan peran kasar ini dapat memberi Anda seperangkat keterampilan yang dapat ditransfer.

Jadi, keterampilan apa yang Anda pelajari saat bekerja di perhotelan? Daftarnya tidak ada habisnya, tetapi kami bersama HHRMA telah menguranginya menjadi hanya 10 – Anda mungkin akan terkejut dengan keterampilan yang sudah Anda miliki.

1. Kerja tim:

Hampir setiap pekerjaan dalam industri perhotelan melibatkan kerja tim. Misalnya, jika Anda seorang Manajer Restoran, Anda harus bekerja dengan staf Front of House Anda untuk memastikan pelanggan Anda tetap senang. Di dapur, anggota tim harus bekerja sama untuk memastikan bahwa makanan disiapkan tepat waktu dan dengan standar yang benar. Tanpa kerja tim yang efektif, pelanggan tidak akan merasakan kualitas layanan yang mereka harapkan.

2. Multi-tasking:

Tidak ada hari yang sama dalam industri perhotelan. Jejak kaki pelanggan bervariasi setiap hari, oleh karena itu, staf harus dapat melakukan banyak tugas untuk menangani jumlah pekerjaan yang berpotensi tinggi dalam satu hari.

3. Fleksibilitas:

Tidak hanya sebagian besar staf perhotelan bekerja dalam shift yang panjang dan sulit,  mereka juga diharuskan bekerja selama liburan. Natal dan Tahun Baru, misalnya, biasanya merupakan waktu yang paling menguntungkan bagi perusahaan perhotelan. Staf harus tetap fleksibel dengan rencana pribadi mereka untuk memastikan bahwa mereka dapat bekerja saat dibutuhkan selama masa sibuk. Tentu saja, ada manfaat untuk bekerja dalam shift yang sulit ini. Sebagian besar perusahaan akan menawarkan insentif seperti bonus, atau hari libur tambahan untuk diambil di akhir tahun.

4. Perhatian terhadap Detail:

Dalam keramahan, semuanya dinilai oleh pelanggan Anda, oleh karena itu, semuanya harus memiliki standar tertinggi untuk membangun hubungan perusahaan. Perhatian terhadap detail akan dibor ke dalam pekerjaan Anda dari hari pertama pekerjaan. Terlebih lagi, sebagai keterampilan, perhatian terhadap detail sangat dapat dialihkan di seluruh sektor pekerjaan karena pentingnya dalam memberikan layanan pelanggan yang sangat baik.

5. Kesadaran Industri:

Ini mungkin tampak cukup jelas, tetapi bekerja di industri perhotelan akan meningkatkan pengetahuan Anda tentang hal itu! Anda tidak hanya akan bekerja sesuai dengan standar dan prosedur industri, Anda juga akan mendapatkan pengetahuan dari rekan kerja Anda. Ini juga merupakan keterampilan yang dapat Anda perbaiki di luar pekerjaan… Mengapa tidak meneliti berita dan tren perhotelan di waktu Anda sendiri? anda bisa membuka situs HHRMA Bali untuk info terupdate.

6. Manajemen Waktu:

Pekerjaan harus diselesaikan tepat waktu agar semua aspek restoran atau hotel berjalan lancar. Misalnya, pelanggan baru tidak bisa menunggu kamar hotelnya dibersihkan setelah penghuni sebelumnya check out. Jika ini masalahnya, Anda hampir dapat menjamin bahwa hotel akan menerima ulasan buruk!

7. Komunikasi:

Tidak ada yang lebih buruk, sebagai pelanggan di restoran, ketika Anda mendekati anggota staf yang meremehkan dan kasar. Keterampilan komunikasi sangat penting dalam memastikan bahwa pelanggan senang. Namun, jangan khawatir, jika Anda secara alami tidak percaya diri saat berbicara dengan orang yang tidak Anda kenal. Industri perhotelan sangat ideal bagi individu yang ingin mengembangkan dan menyempurnakan keterampilan komunikasi mereka. Ini karena banyaknya orang yang ditemui staf perhotelan setiap hari, masing-masing dengan pertanyaan dan/atau masalah mereka sendiri.

8. Keterampilan Interpersonal:

Sekali lagi, keterampilan ini sangat penting dalam layanan pelanggan, dan karena itu akan dipraktikkan setiap hari saat bekerja di industri perhotelan. Keterampilan interpersonal adalah keterampilan  yang diperoleh dengan berinteraksi dengan orang-orang di sekitar Anda. Mereka adalah keterampilan sosial seperti empati, negosiasi, mendengarkan, berpikir kreatif, kesabaran, dan toleransi.

9. Pemecahan Masalah:

Karena industri perhotelan berfokus pada pelanggan, staf harus menghadapi banyak pertanyaan dan masalah setiap hari. Kemampuan untuk ‘berpikir cepat’ dipelajari dengan cepat, sehingga staf dapat menangani masalah ini secara efektif. Pemecahan masalah juga penting untuk mengatur waktu Anda. Memikirkan cara untuk membuat pekerjaan kasar Anda tidak memakan waktu berarti Anda membebaskan waktu untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih sulit.

10. Kesadaran Bahaya:

Keterampilan ini sangat penting ketika Anda bekerja di area yang berpotensi berbahaya, seperti dapur. Peraturan Kesehatan dan Keselamatan harus diajarkan kepada, dan diikuti oleh, semua anggota staf. Pengetahuan tentang bahaya di tempat kerja sangat dicari oleh banyak pengusaha.

Pernahkah Anda melihat beberapa keterampilan yang Anda tidak pernah tahu Anda miliki? Jika demikian, perbarui CV Anda untuk menunjukkannya. Anda bahkan mungkin dapat memikirkan saat-saat tertentu bahwa Anda telah menggunakan keterampilan ini – yang akan menjadi contoh bagus untuk disebutkan dalam wawancara kerja di masa mendatang!


Baca juga: