10 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah

cara menghilangkan bruntusan secara alami

Kamu sedang mencari informasi tentang cara menghilangkan bruntusan secara alami? Tepat sekali kamu berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo. Karena disini kami akan bahas tentang cara menghilangkan bruntusan secara alami, langsung saja simak pembahasannya dibawah ini.

Memiliki wajah yang halus dan bebas dari bruntusan sudah menjadi idaman bagi kebanyakan orang. Wajah yang mengalami bruntusan membuat penampilan individu tersebut kurang percaya diri, lalu bruntusan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Namun biasanya bruntusan disebabkan oleh alergi tubuh, cuaca yang ekstrim, polusi udara, gigitan serangga, infeksi, ketidak tahanan tubuh terhadap bahan kimia, atau bahkan sedang mengalami efek pengobatan yang sedang dijalani.

Bruntusan menyebabkan wajah menjadi gatal dan kemerahan, di sisi lain bruntusan juga bisa membuat tampilan kulit wajah individu menjadi tidak mulus lagi. Bahkan bruntusan juga dapat menyebabkan bekas di kulit yang tidak mudah dihilangkan, menggaruk wajah yang bruntusan dapat menyebabkan infeksi pada wajah yang membahayakan individu tersebut.

Dari hal tersebut dapat diambil kesimpulan bruntusan harus dihilangkan atau setidaknya diminimalisir. Agar bruntusan pada wajah tidak semakin parah, maka kamu perlu melakukan beberapa cara menghilangkan bruntusan secara alami dan juga menggunakan bahan alami agar bruntusan dapat sedikit diringankan dan perlahan bisa hilang dari wajah.

Lalu apa saja bahan dan cara menghilangkan bruntusan secara alami?

1. Lidah Buaya

10 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah 1

Bahan yang digunakan pertama dalam cara menghilangkan bruntusan secara alami adalah lidah buaya. Tanaman lidah buaya disebut mampu meredakan rasa gatal yang melkamu akibat adanya bruntusan pada wajah.

Selain hal itu, lidah buaya juga mengandung vitamin E yang sangat bermanfaat untuk mengatasi luka yang timbul dan gatal karena iritasi seperti pada bruntusan. Cara menggunakan bahan ini cukup mudah, kamu hanya perlu mengaplikasi gel lidah buaya pada area wajah yang mengalami bruntusan lalu setelah kering bilas dengan air dingin.

Jika kamu tidak ingin ribet dalam mengupas lidah buaya dari tanamannya langsung, kamu bisa membeli gel lidah buaya di apotek atau toko obat terdekat dari rumah anda.

2. Tomat

10 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah 2

Buah yang sering dijadikan jus serta bahan masakan ini, ternyata memiliki banyak khasiat bagi Kesehatan dan kecantikan. Vitamin A yang terkandung pada tomat membuat tomat bermanfaat dalam mengatasi masalah Kesehatan mata. Selain itu, tomat juga sangat manjur untuk digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah bruntusan maupun jerawat pada wajah.

Maka sudah umum jika banyak orang menggunakan tomat sebagai bahan dan cara menghilangkan bruntusan secara alami. Cara pengaplikasian dari bahan ini cukup mudah, pertama haluskan tomat dengan cara diblender lalu jadikan tomat halus menjadi masker wajah. Setelah masker mengering bilas wajahmu dengan air dingin bersih.

3. Lemon

10 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah 3

Cara menghilangkan bruntusan secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Lemon mengandung berbagai senyawa seperti astringent dan antibakteri yang bermanfaat bagi pengelupasan sel kulit mati dan mencegah penyumbatan para pori-pori kulit wajah.

Namun perlu diperhatikan, bahwa penggunaan jangka panjang dari lemon tidaklah baik. Penggunaan jangka panjang dari lemon dapat menimbulkan iritasi, maka sebaiknya gunakan lemon secukupnya saja.

Cara pengaplikasian lemon juga cukup mudah, kamu hanya perlu membelah lemon menjadi dua bagian. Lalu oleskan bagian dalam lemon pada area wajah yang mengalami bruntusan, setelah kering bersihkan dengan kapas dan air.

4. Madu

10 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah 4

Sejak zaman dahulu madu sudah dikenal luas dalam manfaat yang diberikan bagi kesehatan dan juga kecantikan. Madu juga sering digunakan untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit, seperti jerawat, kulit kusam, dan bruntusan.

Cara pengaplikasian sangat sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan madu murni pada wajah yang bruntusan. Lalu biarkan hal tersebut hingga mengering, setelah kering bilas dengan air bersih.

5. Teh Hijau

10 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah 5

Kebanyakan orang mengkonsumsi teh hijau adalah dengan tujuan mendapatkan tubuh yang langsing dan sehat. Ternyata terdapat manfaat lain dari teh hijau, yaitu menghilangkan bruntusan pada wajah.

Mengkonsumsi teh hijau dapat menghilangkan bruntusan pada wajah, hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan yang tinggi dari teh hjau. Kandungan antioksidan yang tinggi juga bisa memberikan manfaat lain khususnya dalam mengatasi kulit wajah yang mengalami masalah.

6. Putih Telur

10 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah 6

Cara menghilangkan bruntusan secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan putih telur. Putih telur dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bruntusan dan masalah lain pada kulit wajah.

Penggunaan masker putih telur disebut-sebut mampu untuk membersihkan kulit dengan mengangkat kotoran pada wajah sekaligus menyerap kelebihan minyak yang dihasilkan oleh wajah. Minyak yang berlebih dapat menyebabkan bruntusan, maka penggunaan masker putih telur dinilai sangat cocok.

7. Cuka Apel

10 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah 7

Bahan cuka apel dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan secara alami. Manfaat cuka apel dapat membantu kamu mengendalikan bakteri pada wajah yang menyebabkan jerawat dan juga mengurangi kemungkinan timbulnya bruntusan.

Kandungan zat asam asetat pada cuka apel sangat baik untuk meredakan peradangan pada kulit wajah. Lalu berikut cara menghilangkan bruntusan secara alami menggunakan cuka apel:

  • Siapkan cuka apel, air dan kapas.
  • Campurkan 1 sendok teh cuka apel dengan 3 sendok makan air.
  • Oleskan campuran tersebut pada bagian wajah yang bruntusan dengan kapas, yang sebelumnya telah dibersihkan.
  • Diamkan kira-kira 30 detik, lalu bilas wajah dengan air bersih. Ulangi proses tersebut 1-2 kali setiap hari secara rutin.

Perlu dipahami bahwa penggunaan cuka apel hanya dapat mengatasi bruntusan pada wajah yang masih tergolong ringan.

8. Minyak Zaitun

10 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah 8

Sejak dulu minyak zaitun sudah dipercaya bermanfaat untuk digunakan sebagai bahan dalam cara menghilangkan bruntusan secara alami. Kamu bisa mengaplikasikan minyak zaitun dengan cara mengoleskan ke area wajah yang bruntusan atau kamu dapat mencampurkannya dengan produk perawatan kulit yang lain.

Cara mengaplikasi minyak zaitun:

  • Siapkan minyak zaitun.
  • Tuang minyak zaitun dan ke telapak tangan kamu, lalu oleskan minyak tersebut pada area wajah yang bruntusan.
  • Diamkan kira-kira 30 detik, lalu bilas wajah dengan air bersih.
  • Lakukan Langkah ini setiap hari dan rutin, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Minyak Cengkeh

10 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah 9

Minyak cengkeh mengandung bahan eugenol yang mampu mengatasi rasa gatal dan menenangkan kulit. Bahan ini dapat kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bruntusan secara alami.

Cara pengaplikasian:

  • Siapkan sebotol kecil minyak cengkeh.
  • Tuang minyak cengkeh secukupnya pada wadah.
  • Campurkan minyak cengkeh dengan sedikit air.
  • Lalu oleskan pada area wajah yang bruntusan.
  • Lakukan Langkah ini setiap hari dan rutin, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Es Batu

10 Cara Menghilangkan Bruntusan Pada Wajah 10

Cara menghilangkan bruntusan secara alami ternyata dapat memanfaatkan penggunaan dari es batu. Meski penggunaan es batu tidak dapat mengatasi bruntusan sepenuhnya, namun menggunakan es batu dapat memberikan sensasi dingin pada kulit. Sensasi dingin yang ditimbulkan dapat mengurangi rasa gatal dan warna kemerahan pada wajah.

Masalah yang ditimbulkan oleh bruntusan dapat diatasi oleh es batu, karena akan menyamarkan bruntusan pada wajah akibat sensasi dingin yang ditimbulkan.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan tentang cara menghilangkan bruntusan secara alami, semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda dalam menambah wawasan tentang cara menghilangkan bruntusan secara alami.

Have A Nice Day 😊


Baca juga :