Pengertian Visi dan Misi

Kata visi dan misi seringkali kita temui akhir – akhir ini. Namun, banyak orang yang belum paham dan mengerti dengan pengertian dari visi dan misi tersebut. Visi dan misi biasanya selalu dimiliki oleh instansi, perusahaan, organisasi, kelompok, maupun individu. Pembuatan visi dan misi biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Dalam penentuan visi dan misi dibutuhkan pertimbangan yang matang. Itu dibutuhkan agar visi dan misi yang dihasilkan bermutu. Tidak jarang orang membayar mahal para konsultan untuk menentukan visi dan misi mereka. Untuk anda yang sedang bingung dan tidak paham mengenai pengertian visi dan misi, silahkan simak ulasan sekilasinfo di bawah ini.

1. Visi

visi dan misi

Visi adalah konsep bisnis yang berorientasi ke masa depan. Membentuk visi strategis adalah latihan dalam memikirkan kemana sebuah perusahaan atau organisasi harus menuju untuk menjadi sukses. Visi merupakan gambaran mental tentang kemungkinan dan keadaan masa depan organisasi yang diinginkan. Visi menggambarkan aspirasi untuk masa depan. Visi juga  dapat dibilang mimpi jangka panjang yang jauh. Visi suatu organisasi, yang sering disebut sebagai ‘tujuan organisasi’, dirancang untuk mengungkapkan alasan mendasar keberadaan organisasi.

Biasanya, sebagian besar organisasi menggambarkan visi atau tujuan mereka dalam satu atau dua kalimat dalam bentuk pernyataan – yang disebut pernyataan visi. Pernyataan visi digunakan untuk merujuk pada pemahaman tentang mengapa organisasi itu ada. Ini memberikan arahan bagi organisasi. Visi adalah spesifik organisasi, yaitu visi khas untuk organisasi tertentu. Visi membantu perusahaan menciptakan identitas yang khas. Organisasi perlu berhati-hati dalam mengembangkan pernyataan visi.

Pernyataan visi penting bagi perusahaan karena berbagai alasan. Pertama, ini memberikan arah yang jelas tentang ke mana arah perusahaan. Kedua, memiliki nilai pembuatan strategi dalam arti menunjukkan jenis strategi yang harus diikuti perusahaan untuk mencapai tujuan yang diimpikan. Ketiga, membantu manajer untuk berpikir secara strategis tentang isu-isu seperti munculnya teknologi baru, perubahan harapan dan kebutuhan pelanggan, peluang pemasaran yang tersedia dan faktor lingkungan lainnya. Keempat, manajer mendapatkan wawasan untuk menarik kesimpulan yang masuk akal mengenai angin perubahan dan kemudian memilih jalur yang tepat untuk menghadapi perubahan.

Visi merupakan kemampuan untuk menutup mata dan membayangkan masa depan yang belum ada. Pernyataan visi memberikan cara nyata bagi pemangku kepentingan, terutama karyawan, untuk memahami arti dan tujuan bisnis anda. Pernyataan visi menggambarkan hasil jangka panjang yang diinginkan dari upaya perusahaan anda. Visi adalah tentang tujuan anda untuk masa depan dan bagaimana anda akan sampai di sana. 

Baca juga: 6 Manfaat Garam Untuk Wajah Agar Lebih Cerah dan bebas jerawat

2. Misi

visi dan misi

Misi adalah tentang di mana anda sekarang dan mengapa anda ada. Misi adalah tujuan inti dari sebuah organisasi atau perusahaan. Misi merupakan sebuah ringkasan dari tujuan dan nilai-nilai inti. Sebuah misi dengan jelas memberi tahu apa yang anda sebagai organisasi lakukan untuk pelanggan. Sebuah misi bersifat komprehensif tetapi juga sangat spesifik untuk membedakan anda dari organisasi lain. Misi dapat dilihat sebagai alat yang hebat untuk mengembangkan tujuan dan sasaran bisnis.

Sebuah misi harus sesuai dengan identitas anda. Jika tidak, sangat sulit untuk menjalankan misi anda. Pernyataan misi adalah pernyataan tertulis dari tujuan inti dan fokus organisasi yang biasanya tetap tidak berubah dari waktu ke waktu.Pernyataan Misi adalah pernyataan tertulis dari tujuan inti dan fokus organisasi yang biasanya tetap tidak berubah dari waktu ke waktu. Misi sebagai sebuah istilah memiliki tempat tersendiri dalam konteks sebuah perusahaan.

Pernyataan misi mendukung visi dan berfungsi untuk mengkomunikasikan tujuan dan arah kepada anggota organisasi dan target organisasi tersebut. Satu hal yang ingin anda perhatikan saat membuat misi anda adalah menggunakan kata-kata yang tidak terbuka untuk ditafsirkan. Misi atau pernyataan misi anda menyelaraskan orang-orang dan menyelaraskan organisasi anda. Misi juga merupakan hal yang penting dalam mencapai visi anda.

Pernyataan misi anda, seperti semua bagian dari rencana strategis anda, membantu anda memfokuskan organisasi anda pada apa yang perlu anda kerjakan, dan apa yang tidak perlu anda kerjakan. Jadi, jika organisasi anda tidak selaras dengan misi, mereka tidak akan tahu bagaimana mencapai visi dengan cara seefektif mungkin.  Misi anda membantu anda memfokuskan energi dan pekerjaan anda. Misi dapat membantu anda memprioritaskan, dan membantu anda memaksimalkan dampak anda pada pelanggan target anda.

Ketika anda tidak memiliki misi atau tujuan yang jelas dalam organisasi nirlaba, tidak jelas di mana anda perlu memfokuskan energi anda, memfokuskan penciptaan nilai anda, dan bagaimana anda dapat mendorong jumlah nilai paling banyak bagi pelanggan anda. Pernyataan misi sangat penting untuk semua yang Anda lakukan sebagai sebuah organisasi. Gunakan misi anda untuk membimbing orang-orang anda, untuk memandu strategi anda, dan untuk memandu pengambilan keputusan anda. 

Baca juga: 10 Bimbingan Jasa Skripsi Jakarta Terbaik

Penjelasan diatas merupakan pengertian dari visi dan misi. Untuk anda yang sedang ingin membuat visi dan misi baik perorangan maupun instansi anda dapat memahami ulasan diatas. Semoga informasi yang disediakan oleh sekilasinfo di atas dapat bermanfaat.


Baca juga: