Mengenal Sejarah Parfum

sejarah parfum dunia

Kali ini Sekilas Info akan membahas sejarah parfum. Parfum berusia ribuan tahun, dengan bukti parfum pertama yang berasal dari Mesir Kuno, Mesopotamia, dan Siprus. Kata bahasa Inggris “parfum” berasal dari bahasa Latin per asap, yang berarti “melalui asap.”

Sejarah Parfum Di Seluruh Dunia

Sejarah Parfum Di Seluruh DuniaBangsa Mesir Kuno adalah yang pertama memasukkan parfum ke dalam budaya mereka, diikuti oleh Cina kuno, Hindu, Israel, Kartago, Arab, Yunani, dan Romawi.

Parfum tertua yang pernah ditemukan ditemukan oleh para arkeolog di Siprus. Mereka berusia lebih dari empat ribu tahun. Sebuah tablet berhuruf paku dari Mesopotamia, sejak lebih dari tiga ribu tahun, mengidentifikasi seorang wanita bernama Tapputi sebagai pembuat parfum pertama yang tercatat. Tetapi parfum juga dapat ditemukan di India pada saat itu.

Penggunaan botol parfum paling awal adalah dari Mesir dan berasal dari sekitar 1000 SM. Orang Mesir menemukan gelas dan botol parfum adalah salah satu kegunaan umum pertama untuk kaca.

Ahli kimia Persia dan Arab membantu menyusun produksi parfum dan penggunaannya menyebar ke seluruh dunia zaman kuno klasik. Kebangkitan agama Kristen, bagaimanapun, melihat penurunan dalam penggunaan parfum untuk sebagian besar Zaman Kegelapan. Dunia Muslimlah yang menjaga tradisi parfum tetap hidup selama masa ini — dan membantu memicu kebangkitannya dengan permulaan perdagangan internasional.

Abad ke-16 menyaksikan popularitas parfum meledak di Prancis, terutama di kalangan kelas atas dan bangsawan. Dengan bantuan dari “pengadilan parfum,” pengadilan Louis XV, semuanya menjadi harum: Mebel, sarung tangan, dan pakaian lainnya.

Penemuan eau de cologne abad ke-18 membantu industri parfum terus tumbuh.

baca juga : mengenal sejarah bolpoin

Penggunaan Parfum

Salah satu penggunaan parfum tertua berasal dari pembakaran dupa dan rempah aromatik untuk layanan keagamaan, sering kali getah aromatik, kemenyan dan mur dikumpulkan dari pohon. Namun, tidak butuh waktu lama bagi orang untuk menemukan potensi romantis parfum dan itu digunakan baik untuk rayuan dan sebagai persiapan untuk bercinta.

Dengan kedatangan eau de cologne, Prancis abad ke-18 mulai menggunakan parfum untuk berbagai tujuan. Mereka menggunakannya dalam air mandi mereka, dalam tapal dan enema, dan mengkonsumsinya dalam anggur atau digerogoti dengan gula.

Meskipun pembuat parfum khusus tetap melayani orang yang sangat kaya, parfum saat ini menikmati penggunaan yang luas — dan tidak hanya di kalangan wanita. Namun, penjualan parfum tidak lagi hanya menjadi wewenang pembuat parfum. Pada abad ke-20, desainer pakaian mulai memasarkan garis aroma mereka sendiri, dan hampir semua selebriti dengan merek gaya hidup dapat ditemukan menjajakan parfum dengan nama mereka (jika tidak berbau) di atasnya.

baca juga Mengenal Sejarah Kertas

baca juga : 10 tempat wisata di kawasan Kaliurang 

————————–

sumber : https://www.thoughtco.com/history-of-perfume-1991657

Posts created 12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas