Mengenal Alat Bantu Dengar Anda

Mengenal Alat Bantu Dengar Anda 1

Jika Anda baru saja membeli alat bantu dengar baru, selamat telah mengambil langkah penting untuk meningkatkan kesehatan Anda! Alat bantu dengar adalah investasi penting yang memengaruhi cara Anda menjalani kehidupan sehari-hari.

Mirip dengan kebanyakan elektronik saat ini, alat bantu dengar telah mengalami inovasi yang signifikan selama bertahun-tahun. Lebih kecil dari sebelumnya, perangkat ini memiliki begitu banyak pilihan yang memiliki berbagai fitur dan teknologi yang dirancang untuk dengan mudah diintegrasikan dengan kehidupan Anda. Alat bantu dengar memiliki kapasitas lebih, membantu memaksimalkan pendengaran Anda di lingkungan yang berbeda dan saat melakukan berbagai aktivitas. Penting untuk meluangkan waktu untuk membiasakan diri dengan alat bantu dengar Anda – semua komponen dan pengaturan sehingga Anda dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Mari jelajahi jenis alat bantu dengar yang paling umum, bagian-bagiannya, dan fungsinya yang dapat Anda harapkan!

Memahami Cara Kerja Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar terdiri dari berbagai komponen yang bekerja sama untuk menyerap dan memproses suara. Semua alat bantu dengar memiliki empat bagian dasar:

  • Mikrofon: mengumpulkan semua suara di lingkungan Anda dan mengubah gelombang suara itu menjadi sinyal listrik.
  • Amplifier: memperkuat (memperkuat) sinyal-sinyal tersebut dan pada alat bantu dengar yang lebih canggih, amplifier dapat memanipulasi sinyal-sinyal ini sesuai preferensi pendengaran seseorang.
  • Penerima : juga disebut sebagai speaker, mengubah sinyal listrik kembali menjadi suara dan mengirimkannya ke telinga bagian dalam.
  • Komponen keempat adalah catu daya (yaitu baterai isi ulang). Semua jenis dan ukuran alat bantu dengar terdiri dari mekanisme dasar ini.

Jenis Alat Bantu Dengar

Ada banyak merek, model, dan model alat bantu dengar dan mungkin sulit untuk disaring dan dipahami. Hal utama yang perlu diketahui di sini adalah ada dua jenis alat bantu dengar utama:

Di Telinga (ITE): dikenakan di telinga dan biasanya melibatkan pengambilan cetakan khusus di telinga Anda agar pas dengan perangkat.

Behind the Ear (BTE): dipakai di belakang atau di atas telinga luar. Perangkat ini terhubung (melalui tabung kecil dan bening) ke bagian telinga yang berada di liang telinga.

Alat bantu dengar jenis ini juga memiliki model yang sama

ITE

Invisible in the canal (IIC) & Completely in the canal (CIC) – adalah alat bantu dengar terkecil dan paling tidak terlihat yang tersedia. Mereka dibuat menggunakan earmold agar pas di liang telinga. Alat bantu dengar IIC dibuat lebih jauh di telinga dibandingkan jenis CIC.

Di liang telinga (ITC): alat bantu dengar jenis ini ditempatkan di mangkuk bagian bawah telinga luar. Artinya, alat bantu dengar lebih besar dan juga lebih terlihat daripada jenis alat bantu dengar lainnya.

BTE

Receiver in the ear (RITE): gaya ini melibatkan pembicara yang duduk di liang telinga. Kabel menghubungkan speaker ke mikrofon dan prosesor yang terletak di belakang telinga.

Ada jenis alat bantu dengar yang mungkin lebih cocok untuk kebutuhan pendengaran Anda. Beberapa gaya ini bekerja lebih baik untuk orang yang mengalami jenis gangguan pendengaran tertentu – gangguan pendengaran frekuensi tinggi vs. rendah misalnya. Tim kami dibekali dengan pengetahuan untuk mendiskusikan jenis alat bantu dengar yang akan lebih memenuhi kebutuhan pendengaran Anda.

Alat Bantu Dengar Digital

Inovasi dalam pemrosesan digital secara drastis mengubah industri alat bantu dengar. Alat bantu dengar digital memiliki kapasitas untuk memanipulasi suara yang Anda serap dan membuat perubahan yang lebih sesuai dengan kebutuhan khusus Anda. Ada pengaturan yang dapat diprogram untuk menyetel suara yang masuk agar paling sesuai dengan pendengaran Anda. Jadi, jika Anda kesulitan dengan suara dan / atau frekuensi tertentu, alat bantu dengar Anda dapat disesuaikan untuk memperhitungkannya. Manfaat lainnya termasuk:

  • Mengurangi kebisingan latar belakang dan umpan balik, yang mempertajam kualitas suara
  • Analisis lingkungan Anda dan alihkan ke pengaturan berbeda yang lebih optimal
  • Pengenalan suara yang disempurnakan sehingga suara Anda terdengar lebih alami dan tidak terlalu terdistorsi

Selain itu, alat bantu dengar digital dapat memiliki fitur seperti konektivitas nirkabel yang menggunakan teknologi Bluetooth. Ini memungkinkan alat bantu dengar Anda terhubung secara nirkabel dengan perangkat elektronik lain (smartphone, speaker, laptop, dll.) Dan mengalirkan audio langsung ke perangkat Anda; meningkatkan kualitas suara.

Pendengaran merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki, bagi anda yang memiliki gangguan pendengaran anda dapat berkunjung ke Klinik Pendengaran Jakarta AQM Hearing Center. Klinik Pendengaran Jakarta AQM Hearing Center menyediakan berbagai layanan yang dapat menjadi solusi masalah pendengaran anda. Segera konsultasikan masalah pendengaran anda ke AQM Hearing Center sekarang juga.

 


Baca juga :