Manfaat Penggunaan Aplikasi Absensi Karyawan dan Rekomendasinya

Manfaat Penggunaan Aplikasi Absensi Karyawan dan Rekomendasinya

Sebagai seorang Human Resource (HR), salah satu tugas utamanya adalah memastikan agar karyawan menerima gaji sesuai dengan absensi kehadirannya setiap bulan. Data absensi ini sangat berpengaruh terhadap jumlah gaji karyawan sesuai aturan yang berlaku di perusahaan.

Tak sedikit perusahaan yang menerapkan aturan ini, dengan tujuan agar karyawan lebih disiplin dan bertanggung jawab kepada perusahaan.

Untuk mendukung efisiensi dan efektivitas waktu dalam menghitung jumlah kerja, perlu adanya suatu sistem absensi karyawan. Sistem ini sudah terdapat dalam satu perangkat lunak, yaitu aplikasi absensi karyawan.

Apa Itu Absensi Karyawan?

Absensi karyawan adalah proses pendataan dari kehadiran karyawan pada setiap hari kerja. Data yang didapat dari sistem absensi meliputi jam kedatangan dan kepulangan karyawan. Dari sistem absensi tersebut dapat diketahui penyebab karyawan tidak hadir atau izin karena alasan tertentu.

Data tersebut nantinya akan digunakan perusahaan atau pemilik usaha untuk menghitung besaran gaji yang akan diterima oleh setiap karyawan. Sejumlah perusahaan sudah menerapkan sistem absensi berbasis teknologi ini untuk bisa mengetahui jam lembur karyawannya secara digitalisasi. Dengan demikian, pendataan dapat dihitung secara real time menggunakan sistem absensi online.

Manfaat Dari Penggunaan Aplikasi Absensi Online

Perusahaan yang menggunakan aplikasi absensi online tentu akan merasakan sejumlah manfaat seperti berikut ini:

1. Memastikan Kegiatan Opasional Perusahaan Berjalan Lancar

Absensi karyawan membantu Anda memastikan bahwa kegiatan terkait operasional perusahaan berjalan dengan baik atau tidak. Hal itu didapat dari hasil laporan absensi yang dapat dilihat berapa jumlah kehadiran karyawan setiap hari kerja, sakit, izin, dan lembur.

Dengan begitu, HR dapat menilai apakah kegiatan operasional perusahaan sudah berjalan dengan baik atau perlu ada evaluasi kerja.

2. Mengetahui Apakah Kinerja Karyawan Sudah Sesuai Standar Operasional Perusahaan

Kinerja karyawan dapat dilihat dari banyak faktor, salah satunya dari data absensinya. Pada aplikasi atau software absensi terdapat form yang bisa digunakan untuk mengetahui siapa saja karyawan yang tidak hadir dengan alasan atau tanpa alasan serta waktu kedatangan dan kepulangan karyawan.

Dari aplikasi ini, HR dapat melihat juga performa dari setiap karyawan. Selain itu, jumlah jam kerja karyawan pun jadi faktor yang menentukan terkait kesesuaian jam kerja yang telah diterapkan di perusahaan.

3. Jadi Tolak Ukur Untuk Promosi Jabatan

Masing-masing perusahaan mempunyai peraturan tersendiri terkait promosi jabatan yang akan diberikan kepada karyawan. Namun, biasanya perusahaan akan melihat daftar absensi karyawan sebagai tolak ukurnya.

Semakin rajin karyawan, peluang mendapatkan promosi jabatan akan terbuka lebar. Dari daftar absensi tersebut dapat dinilai apakah karyawan sudah melaksanakan tanggung jawab dan kewajiban kepada perusahaan atau belum.

4. Perhitungan Gaji Lebih Akurat

Gaji yang diberikan kepada karyawan harus sesuai dengan beban kerjanya. Maka dari itu, proses perhitungan payroll ini akan sangat mengandalkan daftar kehadiran karyawan. Begitu pula dengan perhitungan besaran tunjangan yang pastinya akurat berdasarkan jumlah jam lembur memerlukan data absensi karyawan tersebut.

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online

Saat ini sebenarnya sudah banyak aplikasi kehadiran karyawan berbasis website. Namun, ada satu aplikasi yang dapat dihandalkan dan hasilnya yang akurat yaitu LinovHR.

LinovHR ini merupakan aplikasi absensi berteknologi Human Resource Information System (HRIS) berbasis online yang dapat membantu perusahaan mengurus hal-hal administrasi HRD. Fitur yang dihadirkan untuk pencatatan kehadiran terbilang komplit dimana secara otomatis tersimpan dengan aman dan sistematis.

Apalagi sistem absensi pada aplikasi LinovHR sudah terintegrasi dengan perhitungan payroll sehingga penghitungan gaji, pendistribusian, hingga laporan penggajian dapat dilakukan sekali jalan.

Selain itu, LinovHR juga memiliki tampilan yang bersahabat karena mudah digunakan untuk karyawan yang belum terbiasa mengoperasikannya sekalipun.


Baca juga: