Inilah Top 10 Keterampilan Kerja di Tahun 2025 Menurut World Economic Forum

Kemampuan untuk menjadi inovatif, belajar dengan cepat, dan mentolerir stres telah menjadi hal penting baru dalam ramalan keterampilan kerja terbaru oleh  World Economic Forum. Apakah Anda sudah siap dengan perubahan di masa depan? Simak pembahasan top 10 skill di tahun 2025.

Hasil Analisis dari World Economic Forum tentang 10 Skill Teratas

Ketika World Economic Forum (WEF) merilis daftar 10 keterampilan teratas untuk tahun 2025 pada bulan Oktober, dua tempat dengan peringkat tertinggi jatuh ke keterampilan yang tidak muncul sama sekali dalam daftar WEF sebelumnya : 1) pemikiran analitis dan inovasi, dan 2) pembelajaran aktif dan strategi pembelajaran. Kelompok keterampilan lain yang tidak membuat daftar sebelumnya memulai debutnya di No. 5 – ketahanan, toleransi stres, dan fleksibilitas. Tidak sulit untuk melacak kebutuhan untuk menjadi inovatif, untuk belajar dengan cepat, dan menoleransi stres kembali ke COVID-19 – di tahun pivot ini, penyelenggara acara bisnis telah dipanggil untuk melakukan ketiganya.

Penguncian terkait pandemi dan kerugian ekonomi yang menyertainya dikombinasikan dengan tren global menuju otomatisasi untuk menciptakan gangguan ganda, menurut “Laporan Pekerjaan Masa Depan” WEF , yang menerbitkan daftar tersebut.

“Laju adopsi teknologi diperkirakan tidak akan berhenti dan mungkin meningkat di beberapa area,” termasuk penggunaan robot dan kecerdasan buatan, kata laporan itu. Sebagian besar bisnis – 84 persen – berencana untuk mempercepat digitalisasi proses kerja dan penggunaan alat digital, seperti konferensi video, sebagai tanggapan terhadap COVID-19. Separuh dari bisnis yang disurvei berencana untuk mempercepat otomatisasi tugas. Pada tahun 2025, laporan tersebut memperkirakan, “waktu yang dihabiskan untuk tugas saat ini di tempat kerja oleh manusia dan mesin akan sama.”

Terlepas dari tantangan tersebut, ekonom Klaus Schwab, pendiri dan ketua eksekutif WEF, menyuarakan optimisme tentang masa depan pekerjaan. Gangguan teknologi yang sama yang mengubah pekerjaan juga dapat memberikan kunci untuk menciptakannya – dan membantu kami mempelajari keterampilan baru, katanya. “Kami memiliki alat yang kami miliki. Karunia inovasi teknologi yang mendefinisikan era kita saat ini dapat dimanfaatkan untuk melepaskan potensi manusia. ”

10 Skill dengan Kebutuhan Teratas di Tahun 2025

Menurut laporan tersebut, kelompok keterampilan dan keterampilan teratas yang dipandang pengusaha meningkat dalam keunggulan menjelang tahun 2025 adalah:

  1. Pemikiran analitis dan inovasi
  2. Pembelajaran aktif dan strategi pembelajaran
  3. Pemecahan masalah yang kompleks
  4. Pemikiran dan analisis kritis
  5. Ketahanan, toleransi stres, dan fleksibilitas
  6. Kreativitas, orisinalitas, dan inisiatif
  7. Kepemimpinan dan pengaruh sosial
  8. Penalaran, pemecahan masalah, dan ideasi
  9. Kecerdasan emosional
  10. Desain teknologi dan pemrograman

Unduh laporan lengkap pekerjaan Masa depan menurut WEF  .

 


Baca juga :


Tinggalkan komentar