9 Cara Membuat Aquarium Dengan Mudah

cara membuat aquarium

Kamu sedang mencari informasi tentang cara membuat aquarium? Tepat sekali kamu berkunjung pada artikel ini di Sekilasinfo. Rumah anda sedang kosong? Ingin menambah kesan air untuk dekorasi rumah? Maka pasang saja aquarium hias berisi ikan yang cantik. Memelihara ikan bisa menjadi salah satu cara yang dapat anda pilih untuk melepaskan stress dari hiruk pikuk kehidupan, usai menjalani hari yang sibuk di kantor, pulang ke rumah dan melihat ikan kesayangan berenang di aquarium pastinya menjadi suatu hal yang berbeda dan pastinya menyenangkan.

Sudah tertarik dalam memelihara ikan di rumah? Anda tidak perlu beli aquarium yang harganya cukup mahal. Membangun aquarium adalah kegiatan yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Karena anda harus cermat dalam mengikuti setiap langkah pembuatan jika keliru sedikit saja, maka aquarium yang ada dapat mudah kotor dan ikan tidak dapat hidup dengan baik.

Jika anda sedang bingung bagaimana memulainya, berikut tahapan lengkap cara membuat aquarium ikan hias yang bisa kamu ikuti.

Cara Membuat Aquarium

1. Tentukan jumlah ikan dan ukuran aquarium

9 Cara Membuat Aquarium Dengan Mudah 1

Salah satu alasan mengapa anda saat ini mencari cara membuat aquarium karena saat ini anda ingin memiliki ikan hias di rumah. Seharusnya anda sudah terpikirkan jenis dan jumlah ikan yang ingin dipelihara. Anda perlu menentukan hal tersebut karena jika ikan peliharaan akan sedikit dan berukuran kecil, dengan tujuan menghemat biaya dan membuat aquarium mini saja hal tersebut juga bertujuan agar ikan dapat dilihat dengan sempurna.

Karena jika aquarium terlalu besar, menurut saja tidak cocok untuk ikan-ikan kecil yang akan terlihat lebih kecil. Di sisi lain, jika anda ingin memelihara ikan dengan jumlah yang banyak dan ukuran ikan lebih besar, maka anda harus memiliki sebuah aquarium yang juga berukuran besar sesuai dengan ikan yang akan mengisi aquarium tersebut.

Sebelum, melanjutkan ke rangkaian cara membuat aquarium, pastikan anda telah mempertimbangkan lokasi tempat aquarium agar sesuai dengan ukuran akuarium yang telah kamu tentukan berdasarkan jumlah dan ukuran ikan yang pastinya membuat hiasan rumah tersebut makin cantik.

2. Persiapkan dan Kumpulkan Alat dan Bahannnya

9 Cara Membuat Aquarium Dengan Mudah 2

Tahap selanjutnya adalah mempersiapkan bahan adan alatnya. Sebelum memulai rangkaian cara membuat aquarium, siapkan material dan peralatan terlebih dahulu yang diperlukan dalam pembuatan aquarium.

Material yang dibutuhkan adalah:

  • Kaca
  • Pipa air

Peralatan atau perkakas yang dibutuhkan adalah:

  • Alat lem tembak
  • Lem silikon
  • Pisau cutter
  • Lakban
  • Spidol
  • Penggaris

Setelah menyiapkan semua bahan dan peralatan, pastikan menyiapkan tempat untuk membuat dan menaruh aquarium ini pun sudah kosong. Hal ini bertujuan agar kamu tidak merusak furnitur lainnya saat melakukan proses cara membuat aquarium dan pastinya memperlancar kegiatan proses pembuatan aquarium.

3. Punya Gambaran atau Desain untuk Bentuk Akuarium

9 Cara Membuat Aquarium Dengan Mudah 3

Dalam pembuatan aquarium anda jangan membuat akuarium tanpa gambaran yang jelas. Sebaiknya Anda sudah memiliki ide untuk desainnya, apakah segi tiga, segi empat, segi enam, atau bentuk-bentuk lainnya. Bentuk yang paling simpel, sederhana dan nggak memakan tempat adalah segi empat. Serta bentuk segi empat dirasa bentuk yang efisien dalam bentuk aquarium.

4. Proses Pemotongan Kaca Sesuai dengan Desain Aquarium

9 Cara Membuat Aquarium Dengan Mudah 4

Tahap selanjutnya dalam proses cara membuat aquarium adalah memotong material kaca sesuai dengan desain yang sudah dirancang sebelumnya. Dalam proses pemotongan kaca, lebih baik kamu menggunakan jasa pemotongan kaca yang memang sudah ahli agar lebih aman, hasilnya lebih rapi, dan anda tidak perlu terlalu ribet dalam proses ini. Jangan lupa untuk meminta kepada tukang potong kaca untuk menghaluskan pinggiran kaca bekas potongan dengan batu asahan atau gerinda agar memberikan kesan aman tidak membahayakan anda saat menjalankan cara membuat aquarium sederhana ini. Lepas hal itu, persiapkan kaca yang telah dipotong  tadi menurut spesifikasi ukuran dalam desain untuk masuk ke proses selanjutnya.

5. Konstruksi kerangka aquarium dan isinya

9 Cara Membuat Aquarium Dengan Mudah 5

Setelah pemotongan kaca selesai dilakukan, anda sudah bisa memulai proses cara membuat aquarium dengan menyatukan kaca tadi. Anda bisa menggunakan lakban sebagai penahan yang juga berfungsi sebagai pembatas supaya lem material kaca dari silikon yang akan dioleskan tidak merembet ke bagian lain, supaya kaca tersebut tidak bergeser. Proses selanjutnya, cara membuat aquarium ini adalah dengan menyatukan potongan kaca yang ada dengan lem silikon menggunakan alat lem tembak. Setelah melakukan proses pengeleman, tunggu hingga lem kering, lalu lepas lakban dan rapikan sisa-sisa lem yang menempel pada kaca menggunakan pisau cutter.

6. Memasang Pipa pada Aquarium

9 Cara Membuat Aquarium Dengan Mudah 6

Jika anda telah berhasil melakukan proses cara membuat aquarium di atas, anda bisa melakukan pengecekan apakah aquariumnya bocor atau tidak dengan memasukkan sejumlah air ke dalam aquarium hingga aquarium tersebut penuh.

Jika aquarium tidak mengalami kebocoran, maka waktunya melanjutkan proses berikutnya dalam cara membuat aquarium ini dengan menambahkan pipa air dan filter air untuk menunjang hidup ikan di dalam aquarium. Pastikan anda menggunakan pipa dengan kualitas bahan yang baik agar  hasilnya lebih awet.

Supaya pengairan air dari dan ke luar akuarium terjaga kualitasnya hingga waktu yang lama, gunakanlah pipa PVC yang berkualitas baik.

7. Pemasangan Alat Penunjang Ekosistem Akuarium

9 Cara Membuat Aquarium Dengan Mudah 7

Proses selanjutnya dalam cara membuat aquarium yaiut, memasang sebuah alat penunjang ekosistem. Hal ini meliputi filter air, lampu akuarium, dan aerator oksigen. Lengkapi filter tersebut dengan pompa air untuk membantu proses penyaringan air.

8. Menambahkan hiasan pada aquarium

9 Cara Membuat Aquarium Dengan Mudah 8

Setelah selesai melakukan proses pemasangan pipa air dalam proses cara membuat aquarium yang sederhana tersebut, anda bisa menambahkan hiasan aquarium sesuai keinginan. Hiasan atau dekorasi aquarium ikan yang biasanya digunakan adalah batu-batuan, pasir, lampu, background aquarium, dan batu karang. Hal tersebut tidak hanya membuat tampilan aquarium jadi cantik, hiasan-hiasan tersebut yang juga sering digunakan pada aquascape sederhana dapat membuat ikan lebih senang dengan bermain-main di sekitarnya sehingga ikan akan memiliki kehidupan yang lebih baik. Selain itu, anda juga bisa berkreasi sesuka hati.

9. Memasukkan ikan ke dalam aquarium

9 Cara Membuat Aquarium Dengan Mudah 9

Jika anda menganggap proses cara membuat aquarium sudah selesai, eits anda salah. Pastikan air sudah tertuang hingga penuh secara perlahan agar tidak merusak instalasi peralatan, kemudian mulai mengaktifkan peralatan aquarium dan membiarkan air aquarium tersaring untuk menghindari racun. Jika perlu, anda juga bisa meneteskan obat pensteril air sehingga pH air lebih cocok untuk hidup ikan. Setelah melakukan proses pensterilan air di dalam aquarium selama semalaman, kini proses cara membuat aquarium telah selesai dan aquarium siap kamu gunakan untuk diisi dengan ikan hias yang kamu inginkan.

Tips Merawat Akuarium

  • Jangan letakkan akuarium searah dengan angin AC.
  • Pastikan alat penunjang ekosistem aman dan tidak akan menimbulkan konsleting listrik.
  • Jangan memasukkan tangan kotor ke dalam aquarium.
  • Tak perlu memberi tambahan oksigen, karena di dalam aquarium ada tanaman hijau.
  • Cek suhu air secara berkala, pastikan tidak lebih dari 26 derajat celcius.
  • Jangan mencuci aquarium dengan sabun, yang akan menimbulkan risiko keracunan pada ekosistem air di dalamnya.
  • Jangan mengisi aquarium terlalu penuh, ikan membutuhkan ruang gerak dan tanaman membutuhkan ruang tumbuh.
Baca Juga: Cara Membuat Aquascape Dengan Mudah

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi yang saya sampaikan bermanfaat bagi anda dalam halnya mengetahui cara membuat aquarium.

Have A Nice Day 😊.


Baca juga :