cara investasi saham dengan mudah

Cara Investasi Saham dengan Mudah

Anda ingin mencoba berinvestasi namun dana terbatas? Tenang… dalam artikel ini kami akan membahas bagaimana cara investasi saham dengan dana yang terbatas, mari kita simak…

Cara bermain saham dengan modal 100 ribu

Jika anda masih pemula di dunia cara investasi saham anda tidak perlu khawatir dengan beberapa resiko hilangnya dana karena salah dalam memprediksi atau salah dalam penerapan strategi. Karena untuk para calon investor reksa dana memberikan pelatihan mengenai cara belajar investasi reksadana saham atau cara investasi saham dan untuk memulai nya tidak membutuhkan modal yang besar. Karena hanya dengan 100 ribu rupiah Reksadana sudah bisa menerima anda sebagai investor untuk memulai saham.

Tetapi hanya dengan uang 100 ribu anda akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan keuntungan yang berarti karena perhitungan keuntungan dengan modal yang kecil itu tidak akan terlalu besar. Tapi sisi positifnya adalah kita bisa mempelajari bagaimana sistem bisnis minim resiko melalui Reksadana saham.

Kurang lebih seperti itulah cara bagaimana kita bermain saham dengan modal 100 ribu rupiah. Kemudian dengan apa yang sudah anda dapatkan dan ilmu investasi mulai meningkat, Anda harus lebih memberanikan diri untuk mengeluarkan uang lebih banyak untuk berinvestasi Reksadana saham agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

investasi saham 3

Trading online

Trading online merupakan salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk memulai belajar bermain saham. Prediksi malam ini merupakan saham yang dijual atau yang dibeli dalam rentang waktu pendek seperti misalnya harian mingguan atau dalam 1 hari.

Ada beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan saat anda akan melakukan trading saham sebagai pemula.

Berikut penjelasannya cara investasi saham :

Pertama, Dalam melakukan trading saham ini anda harus memantau perdagangan setiap hari, jadi Anda harus meluangkan waktu dan tenaga anda dan tidak bisa ditinggal dengan pekerjaan yang lainnya.

Kemudian walaupun saat ini teknologi sudah semakin maju, terlebih untuk trading online, anda tetap harus fokus untuk trading yang banyak membutuhkan waktu dan tenaga.

Karena trading saham ini berbeda dengan kebanyakan orang yang berbisnis yang menyerahkan perusahaan ke manajemen profesional yang akan mengelola dan memberikan hasil setelah jangka waktu tertentu misalnya dalam satu tahun atau dalam jangka waktu dua tahun. Jadi anda harus memperhatikan investasi saham Anda setiap hari atau bahkan setiap menit dengan berharap ada kenaikan nilai perusahaan setiap hari.

Kedua, Inti dari trading saham ini adalah berharap mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga saham setiap harinya. Yang pada dasarnya bisnis atau usaha yang merupakan cerminan dari harga saham ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit atau tidak singkat karena membutuhkan waktu lebih dari 1 hari atau bahkan bulanan untuk meningkatkan nilai valuasi perusahaan. Tetapi itulah yang diharapkan dalam trading saham.

Ketiga,  adalah timing market dalam trading saham jadi anda harus bisa menentukan kapan harga paling murah untuk Anda membeli saham dan kapan harga paling mahal untuk anda menjual saham. Anda harus bisa memperhatikan situasi dan kondisi ekonomi dan politik karena itu sangat berpengaruh dalam harga saham.

investasi saham 2

Cara investasi saham di Bank BRI

BRI merupakan salah satu perusahaan yang memiliki saham dengan kapitalisasi pasar di atas 100 triliun rupiah, yang tentunya sangat menjanjikan bila anda berinvestasi di perusahaan ini. Bank BRI memiliki produk investasi berupa reksa dana yang mana reksa dana ini ini merupakan wadah yang bisa digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Lalu bagaimana cara investasi saham di BRI, dikutip dari laman promo.bri.co.id berikut cara investasi saham BRI:

  1. Nasabah/Calon Investor datang ke unit kerja BRI yang memiliki ijin APERD
  2. Nasabah Membawa : Fotocopy KTP/SIM serta NPWP, Copy Buku Tabungan
  3. Nasabah melakukan pengisian: Formulir Aplikasi Reksa Dana, Formulir Profil Risiko Nasabah, Surat Pernyataan Pemahaman Risiko Produk Investasi,
  4. Pengisian Formulir harus dihadapan langsung (tatap muka) dengan Tenaga Pemasar yang sudah mengantongi izin WAPERD (Wakil Agen Penjual Efek Reksa Dana)
  5. Nasabah membaca dan memahami dengan seksama Prospektus Reksa Dana yang menjadi tujuan investasi, kemudian nasabah memilih produk yang akan dibeli / dijual dengan mengisi: Formulir Transaksi Layanan Investasi, selanjutnya Bank BRI akan memproses pembelian reksa dana.
  6. Surat Konfirmasi Transaksi dan Bukti Kepemilikan Unit Penyertaan diterbitkan oleh Bank Kustodian yang menyimpan aset atau kekayaan reksa dana. Dokumen ini akan diterima oleh investor setiap kali melakukan pembelian atau penjualan paling lambat 7 hari kerja setelah transaksi selesai. Surat konfirmasi transaksi ini adalah dokumen yang menunjukkan nilai bersih, Nilai Aktiva Bersih per unit (NAB/unit) atau harga pembelian reksa dana, jumlah Unit Penyertaan yang ditransaksikan (dibeli atau dijual) dan saldo akhir unit penyertaan.

Baca juga: Tips Menabung yang Bagus

investasi saham

Cara membeli saham BCA

Sama seperti halnya Bank BRI, Bank BCA ini juga memiliki saham dengan kapitalisasi pasar diatas 100 triliun rupiah. Tentunya ini sangat menarik untuk Anda membeli saham di Bank BCA lalu bagaimana cara investasi saham di BCA?

Berikut kami suguhkan kepada anda mengenai cara investasi saham BCA:

  1. Membuat akun di Sekuritas

Sebelum anda memulai membeli saham Anda perlu membuat akun disekuritas terlebih dahulu. Sekarang ini banyak aplikasi online yang bisa memudahkan anda dalam membeli saham tetapi hati-hati dalam memilih sekuritas Lila yang sudah memiliki izin OJK dan sudah terpercaya, anda bisa mendownload aplikasi tersebut di Play store ataupun app store. Dalam membuat akun baru bisanya Anda diminta untuk mengisi biodata diri seperti misalnya foto identitas kemudian kartu identitas dan sebagainya.

  1. Mengisi deposit dana RDN

Biasanya setelah anda membuat akun anda akan mendapatkan akun rekening dana nasabah (RDN). Rekening inilah yang nantinya akan nyari tempat untuk menyimpan dana investasi anda. Kemudian untuk membeli saham anda perlu mentransfer sejumlah dana ke rekening dana nasabah sebagai deposit.

  1. Pilih “BBCA”

Konten untuk proses membeli saham BCA anda perlu membuka aplikasi sekuritas yang sudah anda download tadi dengan membeli produk saham carilah kotak pencarian untuk mencari kode emiten kemudian masukkan kode “BBCA” ke dalam pencarian tersebut. Kemudian selanjutnya aplikasi tersebut akan menunjukkan statistik dan data emiten BBCA yang merupakan milik Bank BCA yang mana disitu akan ada data mengenai harga saham dan informasi lainnya.

  1. Menuliskan jumlah lot

cara investasi saham di BCA selanjutnya tuliskan berapa jumlah lot saham yang ingin anda beli. Satu lot adalah terdiri dari 100 lembar saham. Jadi setelah anda menuliskan jumlah lot yang ingin anda beli, Anda tinggal menekan tombol “beli” atau “buy” yang tersedia di aplikasi.


Kurang lebih seperti itulah cara bagaimana kita menginvestasikan bagian dana anda dengan mudah dan aman dan juga menjanjikan tentunya.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara investasi saham dengan sangat mudah semoga apa yang telah kami infokan kepada anda bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan serta bisa bermanfaat untuk kita semua . Terima kasih.


Baca juga: