10 Obat Sariawan Alami Yang Paling Ampuh

Apakah anda sedang mengalami sakit sariawan yang tak kunjung sembuh? 10 obat sariawan alami yang paling ampuh adalah yang akan kita bahas pada artikel kali ini. Maka tepat sekali bila anda berkunjung di artikel ini.

Obat sariawan yang kami bahas ini semoga bisa berkhasiat untuk mempercepat penyembuhan sariawan yang anda alami. Berikut pembahasannya.

Daftar 10 obat sariawan alami yang paling ampuh :

  1. Gunakan Lidah Buaya

obat sariawan 1

Ketika sedang sariawan sudah dipastikan mulut terasa tidak nyaman, apalagi ketika sedang mengunyah makanan. Untuk itu, anda dapat menggunakan lidah buaya sebagai obat sariawan alami. Cara penggunaanya adalah anda hanya memerlukan lidah buaya yang sudah dicuci dengan bersih. Kemudian anda tinggal mengoleskan cairan dari daging lidah buaya di tempat yang sariawan dan diamkan selama 2 jam. Anda bisa mengulangi mengoleskan lidah buaya ini dua hingga tiga kali.

 

  1. Gunakan Minyak Oregano

obat sariawan 2

Obat sariawan alami berikutnya adalah minyak Oregano, ya memang miyak ini sering dijumpai di dapur sebagai bahan tambahan untuk membuat makanan. Namun minyak Oregano ini juga dapat anda gunakan sebagai obat sariawan alami karena mengandung anti-mikroba dan anti-jamur yang dapat mengobati sariawan. Anda bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan minyak tersebut pada luka sariawan.

 

  1. Gunakan Cuka Sari Apel

obat sariawan 3

Obat sariawan alami yang ke tiga adalah cuka sari apel, cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh cuka sari apel dengan satu gelas air putih. Kemudian gunakan campuran tersebut untuk berkumur setidaknya selama 20 detik. Obat sariawan alami cuka sari apel ini terbukti ampuh untuk mengobati sariawan dengan cepat.

 

  1. Gunakan Vitamin C

Obat sariawan alami yang dapat anda gunakan selanjutnya adalah vitamin C. Vitamin C sudah terbukti ampuh untuk mengobati luka sariawan. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin C secara alami dengan mengkonsumsi sayuran dan buah secara rutin. Buah dan sayuran yang anda konsumsi memiliki fungsi untuk menambah sistem kekebalan yang dibutuhkan tubuh. Itulah yang bisa memperbanyak produksi sel darah putih dalam tubuh dan akan menambah perlindungan tubuh dari serangan infeksi.

 

  1. Gunakan Air Garam

Garam bisa digunakan sebagai obat sariawan alami karena memiliki kandungan anti-septik dan bersifat membersihkan dan juga dapat menenangkan. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan satu gelas air putih yang masih hangat. Kemudian genakan untuk berkumur secara menyeluruh di mulut.

 

  1. Gunakan Baking Soda

Baking soda adalah adalah salah satu alternatif obat sariawan yang bisa anda coba, cara menggunakannya anda hanya tinggal mencampurkan setengah sendok teh baking soda dengan satu gelas air putih. Lalu gunakan campuran tersebut untuk berkumur dengan rata di area mulut.

 

  1. Gunakan Yogurt

Obat sariawan alami yang ke tujuh adalah yogurt, yogurt bisa menjadi obat sariawan karena memiliki senyawa bakteri baik. Sehingga yogurt mampu memperbaiki keseimbangan antara bakteri baik dan tidak baik yang ada di dalam mulut. Kami sarankan anda untuk mengkonsumsi yogurt yang murni tanpa pemanis karena kandunga gula di dalam yogurt malah manjadikan jamur penyebab sariawan makin bertambah.

Baca juga: 10 manfaat saffron untuk kesehatan wajah
  1. Gunakan Lemon

Jus lemon dapat anda gunakan sebagai obat sariawan alami karena buah lemon mempunyai kelebihan sebagai anti-septik serta anti-jamur yang bisa membantu dalam melawan jamur yang menjadi penyebab jamur. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi dalam buah lemon juga mampu mendorong tubuh untuk melakukan produksi sel darah putih sehingga mempercepat proses penyembuhan luka sariawan yang ada di dalam mulut.

 

  1. Gunakan Kunyit

Anda bisa mencoba mengobati sariawan menggunakan kunyit karena kunyit mengandung kurkumin. Kurkumin ini lah yang dapat memulihkan sariawan yang ada di mulut, ini bisa terjadi karena kemampuan anti inflamasi yang dimiliki oleh kurkumin. Jika anda menginginkan hasil yang lebih maksimal anda dapat mencampurkan kunyit dengan piperin. Piperin ini merupakan zat atau senyawa yang dapat ditemukan di lada hitam, piperin ini membantu tubuh dalam menyerap kunyit.

 

  1. Gunakan Madu

Obat untuk mengobati sariawan alami yang terakhir adalah madu, madu memiliki kandungan anti-radang serta anti-bakteri. Kandungan itulah alasan kenapa madu dapat menjadi obat sariawan yang manjur. Dan karena kandungan yang dimilikinya tersebut madu mampu meminimalkan rasa perih serta juga mampu mempercepat proses pemulihan luka sariawan.

 

Demikian informasi mengenai 10 obat sariawan alami yang paling ampuh yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat dan bisa anda coba sendiri di rumah. Sekian terima kasih.


Baca juga: