Model Ciri Khas Rumah Adat Joglo

model ciri khas rumah adat joglo

Anda sedang mencari informasi mengenai model ciri khas rumah adat joglo? Tepat sekali bila membuka artikel ini, karena kami dalam artikel ini akan membahas mengenai model ciri khas rumag adat Joglo. Berikut pembahasannya.

Namun sebelum masuk ke pembahasan apakah anda tahu bagaimana awal mula suku jawa terbentuk dan bagaimana bisa populasinya menjadi suku yang populasinya terbanyak di Indonesia? Ini jawabannya.

Sama seperti kelompok etnis Indonesia yang lain, termasuk masyarakat Sunda, masyarakat Jawa adalah  bangsa Austronesia yang nenek moyangnya diperkirakan berasal dari Taiwan dan bermigrasi melalui Filipina guna mencapai Pulau Jawa di kisaran tahun 1500 SM hingga 1000 SM. Akan tetapi, menurut studi genetik riset terbaru, masyarakat Jawa dan juga masyarakat Sunda serta Bali mempunyai rasio tanda genetik yang hampir sama antara genetik bangsa Austroasiatik dan Austronesia.

Rumah adat joglo adalah satu dari beberapa jenis rumah adat atau tradisional yang dipunyai oleh suku Jawa. Model ciri khas rumah adat joglo suku Jawa ini ini ini memiliki banyak nilai budaya dan makna di setiap bentuk struktur tata ruang dan juga ragam hiasnya.

Pada umumnya banyak orang Jawa yang memandang model ciri khas rumah adat joglo ini sebagai sebuah mahakarya arsitektur Jawa tradisional dan menganggapnya sakral di Jawa. Jadi di rumah adat Jawa ini bukan hanya untuk ditinggali tapi memiliki banyak arti, makna, dan filosofi tersendiri.

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah bagaimana model atau bentuk dari rumah adat joglo Jawa ini? Apa ciri khas nya? Apa yang membedakan dengan rumah adat suku lain?

rumah adat joglo 2

Jadi bentuk dari rumah suku adat Jawa ini atau biasa disebut rumah joglo ini adalah memiliki bentuk atap yang menyerupai bentuk baju meruncing pada bentuk gunung. Arti kata joglo ini bila di kaji dalam etimologis berasal dari 2 kata yaitu tajuk dan loro, yang artinya adalah penggabungan dari dua tajug. Atap rumah adat joglo yang berbentuk seperti gunung ini oleh masyarakat Jawa diyakini memiliki makna yang sakral karena gunung menurut kepercayaan masyarakat Jawa dulu, merupakan tempat tinggal para dewa. Kemudian yang membedakan rumah adat joglo ini dengan rumah adat suku lainnya adalah dari desain bangunannya desain dari rumah joglo ini memiliki nilai filosofi yang menggambarkan kehidupan masyarakat Jawa.

 

Selanjutnya adalah ciri-ciri dari Rumah adat Joglo Beserta penjelasannya. Yang pertama adalah desain arsitektur, jadi di bentuk rumah joglo ini ini memiliki desain yang khas seperti ruang tamu di dalamnya. Dan memiliki beberapa fungsi yang khusus di setiap di dalam setiap ruangan, di setiap ruangan inilah terdapat nilai atau esensi filosofi yang erat kaitannya dengan budaya dan masyarakat Jawa, kebanyakan Rumah Adat Joglo berwarna coklat tua sesuai warna kayu.

joglo 1

Keunikan rumah adat joglo yang kedua adalah bangunan ini memiliki empat tiang utama yang menjadi pondasi utama dari rumah joglo ini tempat yang ini biasa disebut dengan saka guru 4 tiang atau 4 soko guru inilah yang menjadi bagian utama dari bangun karena ini menopang seluruh komponen bangunan.

 

Kemudian yang ketiga adalah teras yang luas dan tanpa ditutup atau disekat pada rumah adat Joglo. Tujuan dari teras yang luas dan tanpa disikat ini adalah untuk tetap menjaga atau bersilaturahmi dengan tetangga di sekitar rumah dan juga sebagai fasilitas untuk berinteraksi dengan masyarakat.

 

Rumah adat Joglo memiliki banyak jendela dan berukuran besar merupakan ciri khas keempat yang dimiliki oleh rumah adat suku Jawa. Asal usul dari ciri khas yang ini adalah berasal dari warisan Belanda yang saat itu menjajah Indonesia kemudian dilebur atau digabungkan dengan arsitektur Jawa. Di dalam satu rumah joglo biasanya jumlah jendelanya mencapai puluhan.

Selanjutnya yang kelima adalah tata letak pintu, jadi dalam sebuah bangunan rumah joglo, pintu utama atau pintu depan itu terletak di bagian tengah bangunan. Pintu yang terletak di tengah ini ini memiliki makna keterbukaan dan keharmonisan di antara penghuni rumah dan tetangga atau masyarakat.

 

Itulah beberapa ciri khas dari bangunan rumah adat suku Jawa atau rumah joglo yang dapat kami informasikan kepada anda semoga apa yang kami sampaikan bisa menjadi tambahan pengetahuan dan juga wawasan bagi kita semua bahwasanya rumah adat suku Jawa yang biasa disebut dengan rumah joglo ini memiliki keunikan dan juga filosofi pada bangunannya maupun pada komponen atau bagian-bagian bangunannya. Jadi mari kita jaga warisan budaya nenek moyang kita ini agar terus bisa kita nikmati dan anak cucu kita nikmati. Terima kasih.


Baca juga :