Menu Tutup

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 1

Kali ini sekilas info akan mengulas Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa. Jika Anda putus asa untuk melepas bra di akhir hari, Anda mungkin mengenakan bra ukuran yang salah. Maaf para wanita, tetapi fakta bahwa 75 persen wanita mengenakan ukuran yang salah, memaksa mereka untuk menangani rasa sakit yang tidak perlu dan payudara yang tidak nyaman. Setelah 700 tahun evolusi, kita pasti PASTI merasa tidak nyaman. Jadi bagaimana kita sampai di sini dan bagaimana bisa lebih banyak wanita mendapatkan bra yang pas?

1300S – THE FIRST BANDEAU

INDIA, GREECE AND ROME

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa

Bandeaus telah menjadi makanan pokok bagi semua wanita, kembali ke India kuno membantu wanita pekerja mendukung payudaranya dan melindungi punggungnya sejak tahun 1300-an. Biasanya, “bandeaus” ini dibuat dengan membungkus kain yang kencang di sekitar payudara untuk mengurangi gerakan. Kelemahan dari hal ini adalah perkembangan payudara wanita terbatas, menyebabkan semua jenis masalah medis seperti distrofi otot di dada. Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa.

1500S – THE WHALEBONE CORSET

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 2

Wanita dari kelas atas di masyarakat Inggris mulai menonjolkan bingkai feminin mereka dan mengencangkan pinggang mereka dengan korset whalebone. Tren ini bertahan hingga tahun 1800-an, dengan banyak wanita lebih menyukai bodi bertali renda ketat yang menonjolkan payudaranya dalam gaun berpotongan rendah. Korset itu sendiri dibuat dengan memasukkan whalebone atau cane melalui kain untuk memberikan kekakuan dan dukungan. Banyak wanita mengalami kerusakan internal serius pada jantung, paru-paru, sirkulasi, payudara, lambung, hati, usus besar, rahim, kandung empedu dan berbagai otot karena ikatan ketat yang mulai populer di sekitar tahun 1700-an. Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa. Tiba-tiba, kami BANYAK lebih berterima kasih untuk bra kami!

1800S – THE METAL GIRDLE & CORSET EYELETS

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 3

1800-an membawa perubahan signifikan lainnya dalam mode, dengan lingkar pinggang wanita turun ke posisi yang lebih alami, mendorong korset yang lebih pendek. Korset menjadi empuk, memudahkan jalan mereka ke tahap yang lebih utama, diproduksi secara massal. Dengan munculnya produksi massal, whalebone menjadi lebih sulit ditemukan dan karenanya cosets menjadi lebih mahal untuk diproduksi. Pada tahun 1850, korset yang diproduksi secara massal mulai bertulang dengan baja. Dengan semakin populernya mata ikan, pengikat ketat adalah mode yang meningkatkan masalah kesehatan banyak wanita kelas atas.

Girdles mulai menjadi alternatif populer untuk korset berperawakan berat menjelang akhir abad ke-19. Girdle umumnya duduk lebih rendah di tubuh dan melewati pinggul untuk mempertahankan bentuk. Korset ini lebih mudah dipakai dan menjadi elastis menjelang awal 1900-an. Korset sangat penting karena merupakan pakaian pertama yang membagi korset menjadi bagian atas dan bawah, bagian bawah adalah korset. Penemuan korset memungkinkan pengembangan bra. Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa.

baca juga : mengenal sejarah bolpoin.

1907 – VOGUE’S “BRASSIERE ”

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 4

Artikel ikonis tahun 1907 di Vogue Magazine menciptakan kata “Brassiere” untuk menggambarkan bagian atas korset terbelah dan mitra mendukung pakaian untuk korset. Kata brassiere adalah bahasa Prancis dan berasal dari kata yang berarti “lengan atas”. “Brassiere” tidak akan ditambahkan ke Oxford English Dictionary hingga 1911.

1910 – THE MODERN BRA

MARY PHELPS JACOB & THE BACKLESS BRASSIERE

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 5

Sebagai seorang wanita muda yang sehat, kaya, Mary Phelps Jacob (juga dikenal sebagai Caresse Crosby) adalah pemain reguler dalam adegan bola debutan, menghadiri 3-4 bola setiap malam. Pada satu pesta, Jacob menjadi tidak nyaman dan merasa sadar dengan korsetnya yang terlalu besar dan menjepit gaunnya agak tidak menarik. Yakub cepat melenceng dan mengumpulkan dua sapu tangan sutra dan pita, membuatnya menjadi bra darurat. Idenya bukan serangan langsung, tetapi wanita di eselon atas masyarakat mulai memperhatikan tren dan ingin Yakub menjahit “bra” ini untuk mereka juga. Jacob menerima paten untuk “bra backless” -nya pada tahun 1914, pada awal perang dunia pertama. Upaya perang menuntut agar wanita berhenti mengenakan korset bertulang logam untuk membantu pelestarian baja. Ini menelurkan kampanye iklan baru yang menampilkan manfaat korset karet, bandeaus, dan Backless Brassiere milik Jacob. Ini memaksa penurunan korset karena lebih banyak wanita memilih desain Jacob yang lebih sederhana dan lebih longgar. Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa

1920S – THE FLAPPER

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 6

Gambar ikon flapper 1920-an adalah salah satu yang belum pudar dari memori. Flapper mewakili kebebasan dan seksualitas wanita yang tidak pasti, membantu dalam memperkuat feminitas mereka di tahun-tahun mendatang. Pakaiannya lebih lembut, lebih lacier, lebih feminin dan jauh lebih tidak membatasi, memungkinkan flapper untuk menari dan berpesta sebanyak yang mereka inginkan. Desain pakaian mencerminkan bralette modern dengan cangkir lembut dan tanpa kabel atau tulang. Menggabungkan ini dengan korset renda, suspender dan stoking yang kontras adalah lambang seksi dan wanita tidak pernah benar-benar memunggungi renda sejak itu.

baca juga : mengenal sejarah kertas.

1930S – THE UNDERWIRE

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 7

Paten Marie Tucek tahun 1893 merinci bentuk dan fungsi bra underwired, memungkinkan bra menjadi lebih mendukung dan kurang dari pernyataan mode. Tren underwire tidak lepas landas hingga awal 1930-an ketika wanita bustier menuntut lebih banyak dukungan daripada bra flapper, tetapi cara yang lebih efisien untuk menerima dukungan ini daripada korset yang menyakitkan. Underwire telah menjadi bahan pokok di setiap pakaian wanita dan merupakan salah satu item yang paling banyak digunakan di dunia barat. Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa.

1940S – THE BULLET BRA & WW2

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 8

Dengan para lelaki pergi berperang, wanita di tahun 1940-an melangkah ke dunia kerja dengan mengenakan sekop untuk mengisi kekosongan. Wanita yang bekerja tidak bisa mengenakan korset sepanjang hari di pabrik atau kantor, juga tidak bisa mengenakan bra flapper eksentrik. Jadi apa yang harus dia kenakan untuk dukungan? Karena peningkatan komunikasi antara garis depan dan media barat, istilah militer menyelinap ke dalam kosakata publik. Ini dimainkan di banyak industri, termasuk pakaian wanita. Torpedo atau bra “peluru” melambung ke popularitas karena kampanye iklan yang menjanjikan “proyeksi maksimum” wanita pada pekerjaan. Tidak sampai tahun 1950-an bra ini akan menjadi ikon seksual, dipopulerkan oleh ikon Marilyn Monroe dan Lana Turner. Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa.

1950S – THE “SWEATER GIRL” & THE STYLISED BULLET BRA

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 9Ikon ini dan teman-teman bintangnya Lana Turner dan Jayne Mansfield memiliki pengaruh besar pada wanita muda dan pilihan pakaian mereka di tahun 1950-an. Istilah kolektif untuk para wanita ini adalah “Gadis Sweater”, dinamai karena pilihan mereka untuk mengenakan sweater ketat di atas bra peluru berbentuk kerucut. Bra ini menjadi bahan pokok dan mendefinisikan era pakaian dalam, mode, dan femininitas.

baca juga : mengenal kolam jacuzzi

1964 – THE PUSH UP & WONDERBRA

BONUS: BRA BURNING, THE FEMINIST MOVEMENT & THE SEXUAL REVOLUTION

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 10

Temui pahlawan setiap gadis – Wonderbra. Wonderbra adalah bra push up pertama dan memakai setengah cangkir berenda, desain terjun yang dalam. Dengan feminisme di cakrawala dan revolusi seksual tahun 1970-an, peran dan penampilan wanita menjadi lebih jelas, mempromosikan tren seperti munculnya rok mini dan penurunan pantyhose. Dalam apa yang akhirnya digambarkan sebagai agen penggerak revolusi seksual, pembakaran bra menjadi praktik protes yang populer, di mana wanita membakar bra mereka karena mereka percaya bahwa mereka hanya sarana untuk terlihat seksi dan menarik pria, peninggalan rasa kepemilikan atas perempuan.

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 11

Pembuat Wonderbra melakukan penelitian pasar dan menemukan bahwa wanita tidak membenci bra. Bahkan, mereka menyukai bra mereka. Itu adalah simbolisme penghapusan pembatasan yang menarik tentang pembakaran bra. Mengetahui hal ini, Wonderbra mengejar pangsa pasar bra tanpa henti dan agresif sementara perusahaan lain merasa terancam oleh pergerakan bra yang terbakar dan mulai mengalihkan fokus mereka ke tempat lain. Wonderbra mengidentifikasi target mereka sebagai wanita muda, karena penelitian mereka menunjukkan mereka sebagai wanita yang melihat bra sebagai peningkatan seksualitas dan mendambakan “kurang bra” dan kurang perhatian pria tetapi masih ingin merasa seksi untuk diri mereka sendiri. Bra push up pertama diciptakan sebagai hasil dari riset pasar yang luas ini tentang revolusi seksual dan praktik pembakaran bra. Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa.

baca juga : 10 tempat wisata di kawasan Kaliurang 

1977 – THE FIRST SPORTS BRA – THE “JOG BRA”

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 12

Keliru yang umum tentang Jogbra adalah bahwa kata itu awalnya bukan “jog”, kata itu “atlet” – seperti dalam cawat olahraga. Ya, nona Wanita di awal 1970-an mengenakan 2 cawat olahraga di sekitar dada mereka untuk menopang payudara mereka saat mereka berolahraga selama olahraga menggila. Iya nih. Betul. Hanya 47 tahun yang lalu tidak ada bra olahraga. Dada kita sakit hanya memikirkannya. Tapi! Lisa Lindahl dan desainer kostum teater Polly Smith melihat kebutuhan tersebut dan menciptakan Jockbra, yang kemudian diganti namanya menjadi Jogbra. Pada tahun 1990, Playtex akan membeli Jogbra dan menciptakan kerajaan yang dibangun di atas meningkatnya jumlah wanita yang aktif secara fisik berkat tren budaya pop seperti Baywatch, Olivia Newton John dan Spandex Craze tahun 80-an dan awal 90-an.

1977 – VICTORIA’S SECRET & LINGERIE

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 13

Dengan perluasan industri bra, department store keluarga seperti Macy’s & Bloomingdales mulai menimbun pakaian yang lebih seksi seperti bra push up bra sehingga industri bra seksi pun semakin berkembang.

Jika ada orang yang menyeret lelaki mereka berbelanja pakaian dalam, Anda tahu garis “Saya akan menunggu di sini” – ini terjadi terlalu sering pada pengusaha Amerika Roy Raymond. Roy jelas adalah orang yang sangat pemalu dan mudah malu dan selalu merasa bahwa dia tidak disukai di toko-toko seperti itu. Lingkungan department store yang canggung ini mendorong Roy untuk mempelajari pasar pakaian dalam selama 8 tahun sebelum membuka toko Victoria’s Secret pertama, sebuah toko di mana para pria dapat merasa nyaman membeli pakaian dalam.

Roy berhenti dari pekerjaannya di departemen pemasaran perusahaan Vicks dan berhasil membuka toko ritel pakaian dalam komersial pertama – Victoria’s Secret pada tahun 1977. Setelah 5 tahun, Roy menjual 6 toko Victoria’s Secret, 42 katalog halaman dan pendapatan $ 6 juta per tahun untuk Leslie Warner sebesar $ 1 juta. Pada 1990, Victoria’s Secret adalah pengecer pakaian dalam terbesar di Amerika. Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa.

1990 – THE CONE BRA & MADONNA

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 14

Madonna’s iconic cone bra from her 1990 Blond Ambition Tour fostered a resurgence in the classic 1950s Sweater Girl look. The garment, created by designer Jean Paul Gaultier, drew on the sexy silk lingerie style of the 1980s and the bullet bra from the 1950s to challenge modern outerwear. This look would be replicated later by superstars like Katy Perry and Lady Gaga, helping the Sweater Girl live on in modern fashion. Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa.

2000 – LINGERIE ON SHOW

THE VICTORIA’S SECRET FASHION SHOW & THE WORLD’S MOST EXPENSIVE BRA

Mengenal Sejarah Bra dari Masa ke Masa 15

2000 adalah tahun model dengan bom bom seperti Tyra Banks, Heidi Klum dan Gisele Bundchen yang cantik mengakhiri tahun 1990-an “pahlawan wanita”. 2000 juga merupakan tahun dimana Victoria’s SecretFashion Show memulai debut Fantasi Bra mereka yang paling luar biasa – The Red Hot Fantasy Bra and Panties. Set bra dan celana dalam yang bertahtakan permata ini masih memegang rekor sebagai lingerie yang paling mewah dan mahal yang pernah dibuat. Dibuat dengan lebih dari 1.300 batu dan 300 karat rubi Thailand, The Red Hot Fantasy Bra dan Panties menjadi populer oleh air mata dari banyak wanita terpesona yang menonton siaran langsung di internet (ya, salah satu aliran live pertama acara itu adalah di 2000!). Pada tahun 2016, Victoria Fashion Secret Show menyiarkan kepada 6,6 juta penonton di Amerika Serikat bersama dengan model seperti Gigi Hadid dan Kendall Jenner di acara itu.

2017 – BRAS FOR EVERY OCCASION

Dari strapless hingga backless, push up ke minimisers, korset ke bandeaus, sama sekali tidak ada kesempatan untuk menemukan bra. Wanita dari segala bentuk, ukuran dan tipe tubuh memiliki opsi untuk dukungan, banyak dari mereka menemukan merek atau gaya yang mereka sukai dalam 5 tahun pertama mengenakan bra. Namun, tidak peduli seberapa besar Anda mencintai sesuatu, itu tidak berarti bahwa itu baik untuk Anda. Banyak wanita tidak pernah dipasang dan sebagai hasilnya, sekitar 70% wanita Australia mengenakan bra ukuran yang salah. Di DeBra, tukang di toko kami dapat membantu Anda menemukan pakaian favorit baru tanpa stres dan kesulitan menebak. Cintai bra Anda!

sumber : https://www.debras.com.au/blog/history-of-bras

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *