Sumber Daya Alam Yang Kekal, Dapat Diperbarui dan Yang Tidak Dapat Diperbarui

Bumi merupakan planet yang paling ideal untuk ditinggali makhluk hidup, karena bumi memiliki sumberdaya alam yang dapat menopang kehidupan makhluk hidup terkhususnya manusia. Setiap lapisan wilayah di bumi pasti memiliki ekosistem yang beragam baik ekosistem di darat ataupun di lautnya. Ekosistem menyimpan banyak sekali sumberdaya yangpenting bagi kehidupan makhluk hidup didunia. Artikel kali ini akan mengupas sisi sumber daya alam secara umum dan kebermanfaatanya bagi manusia. Berikut rangkuman singkatnya!

Sumber : Unsplash.com

Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari alam dan keberadaanya mampu menjadi penyeimbang bagi alam. Terdapat beberapa macam sumber daya alam yang ada di dunia digolongkan berdasar sifat, yakni sumber daya alam kekal, sumber daya alam tidak dapat diperbaharui dan sumber daya alam diperbarui.

Sumber Daya Alam Kekal

Sumber daya alam kekal merupakan sumber daya alam yang abadi atau tidak pernah habis masanya. Sumber daya alam kekal yang ada di bumi ini antara lain sinar matahari, air, udara, angin, panas bumi, pasang surut dan gelombang. Air hanya akan mengalami perubahan bentuk saja, namun hal tersebut tidak mempengaruhi volume air di dunia ini berkurang. Pun dengan cahaya matahari yang tidak akan pernah berhenti bersinar selama bumi berputar.

Dalam hal ini sumber daya alam kekal memberikan kebermanfaatan yang nyata bagi makhluk hidup di dunia, contohnya sinar matahari yang menjadi salah satu bahan untuk tanaman melakukan fotosintesis, serta menjadi energi terbarukan berupa sumber energi listrik tenaga surya yang mampu membantu manusia untuk memperoleh listrik. Air yang memberikan manfaat sebagai penopang kehidupan makhluk hidup didunia khususnya manusia, karena 70% tubuh manusia mengandung air. Udara untuk bernafas atau respirasi bagi makhluk hidup dan angin sebagai salah satu energi untuk pembangkit listrik tenaga angin.

Panas bumi memiiki manfaat beragam salah satunya di bidang agroindustri, panas bumi dimanfaatkan sebagai pengering hasil pertanian, unuk pasang surut memiliki manfaat yakni untuk pembuatan garam dan untuk memperlancarkan kegiatan nelayan untuk mencari ikan dan yang terakhir manfaat dari gelombang laut yaitu membantu persebaran nutrisi dilaut. Nutrisi yang dimaksudkan berupa zooplankton (moluska dan udang kecil) dan phytoplankton (alga dan rumput laut), bila nutrisi laut baik maka dapat dipastikan laut tersebut kaya akan ikan.

Sumber daya alam yang dapat diperbarui

Sumber daya alam dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang akan terus tergantikan dan jumlahnya tidak terbatas sehingga dapat digunakan secara terus menerus. Sumber daya alam ini sering kita jumpai dikehidupan sehari hari, contohnya tanah, hewan darat maupun laut dan juga tanaman.

Sumber : Unsplash.com

Tanah merupakan salah satu sumber daya alam paling banyak jumlahnya di dunia, tanah sangat bermanfaat bagi makhluk hidup diantara lain untuk perkebunan, pertanian hingga melakukan kegiatan pembangunan. Hewan darat dan laut juga merupakan salah satu sumber makanan manusia di dunia, jumlahnya tetap banyak dan akan terus tergantikan karena hewan darat dan laut dapat berkembang biak sehingga golongan ini termasuk dalam sumber daya alam yang dapat diperbarui.

Sumber daya alam yang dapat diperbarui selanjutnya yakni tanaman, tanaman atau tumbuhan ini merupakan salah satu bagian dari makhluk hidup yang tergolong dapat diperbarui karena dapat berkembang biak dan dikembang biak kan oleh manusia, salah satunya yakni pohon. Pohon meskipun telah ditebang, akan tetap dapat tumbuh seperti semula ( dengan catatan terpenuhi segala nutrisinya).

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

Berbeda dengan sumber daya alam dapat diperbarui, sumber daya alam tidak dapat diperbarui merupakan sumber daya alam yang terkandung di dalam bumi dengan jumlah kuantitas yang terbatas dan memerlukan waktu jutaan tahun untuk diperbarui, bahkan ratusan tahun. Sumber daya alam tidak dapat diperbarui ini sering dikenal dengan sebutan sumber daya alam hasil pelapukan fosil, karena sumbernya adalah makhluk hidup baik manusia, hewan ataupun tumbuhan yang sudah terkubur lama hingga ratusan tahun.

Sumber : Unsplash.com

Fosil tersebut akan digunakan untuk bahan bakar fosil seperti batubara, minyak bumi dan gas alam. Material tersebut tidak serta merta akan langsung tergantikan karenanya penggunaannya harus perlu pengawasan. Selain itu contoh lain dari sumber daya alam tidak dapat diperbarui yakni logam mulia (emas, perak, berlian), belerang, intan, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa langkah untuk menjaga kelestarian sumber daya alam di dunia ini yakni dengan mulai membiasakan diri untuk menggunakan sepeda atau jalan kaki bila hendak berpergian, hal ini dapat mengurangi penggunaan bahan bakar bensin sehingga dapat menjaga kelestarian minyak bumi kita, melakukan kegiatan 3R yaitu Reduce, Reuse,Recyle yang sangat terbukti mampu menurunkan tingkat polusi tanah, serta mematikan listrik bila tidak digunakan sehingga dapat menghemat energi listrik dan mengurangi panas bumi.