Piramida Makanan Pengertian dan Jenisnya

Piramida Makanan Pengertian dan Jenisnya 1

Apakah Anda tahu piramida makanan? Secara sederhana piramida makanan dapat diartikan sebagai pembagian populasi atau ekosistem flora dan fauna berdasarkan angka yang berbentuk piramida. Artikel sekilas info kali ini akan membahas secara merinci tentang piramida makanan.

Pengertian Piramida Makanan

Piramida Makanan merupakan gambaran yang menampilkan informasi tentang pengelompokan ekosistem yang membandingkan komposisi dan jumlah biomassa. Komposisi dan kuantitas biomassa dikelompokkan menurut Produsen, Konsumen I, Konsumen II, Konsumen III.

Dalam ekosistem normal, produsen memiliki jumlah terbesar dalam ekosistem. Selain itu, jumlah konsumen Tingkat I lebih banyak daripada jumlah konsumen Tingkat II, dan jumlah konsumen Tingkat II lebih banyak daripada jumlah konsumen Tingkat II.

Piramida makanan itu sendiri dapat dibagi menjadi dua kelompok sesuai dengan ekosistem organisme. Kelompok mewakili piramida makanan di ekosistem perairan dan piramida makanan di ekosistem darat. Piramida makanan pada dasarnya dibagi menjadi dua bagian karena habitat dan makanan makhluk dibagi menjadi darat dan laut. Karena itu, jenis makanan, gaya hidup, dan ekosistemnya juga harus berbeda.

Piramida Makanan Ekosistem Air

piramida makanan

Gambar Piramida Makanan Ekosistem Air

Dalam piramida makanan ekosistem perairan, contoh urutan organisme dalam piramida makanan adalah fitoplankton sebagai produsen, ikan kecil dan menengah sebagai konsumen I, anjing laut sebagai konsumen II, dan paus pembunuh pada tingkat konsumen III.

  • Karena kelimpahan fitoplankton, mereka adalah produsen dan pakan bagi sebagian besar organisme di ekosistem perairan.
  • Dalam piramida makanan ekosistem perairan, konsumen I biasanya ikan besar dan ikan kecil yang mengkonsumsi plankton.
  • Konsumen kedua ekosistem perairan adalah anjing laut dan ikan, yang mengkonsumsi ikan-ikan kecil.
  • Konsumen ketiga dari piramida makanan adalah paus pembunuh. Piramida makanan bioma akuatik adalah ikan besar yang tidak dimakan oleh organisme lain. Paus pembunuh dan paus biru adalah contohnya.

Piramida Makanan Ekosistem Darat

Piramida Makanan Pengertian dan Jenisnya 2

Gambar Piramida Makanan Ekosistem Darat

Dalam ekosistem darat, piramida makanan tidak hanya diisi oleh hewan. Namun, tumbuhan juga merupakan bagian penting dari piramida ekosistem darat. Berikut ini adalah analisis piramida makanan ekosistem darat.

  • Produsen dalam piramida makanan ekosistem darat diisi oleh berbagai tanaman, seperti rumput dan tumbuhan, yang daunnya dikonsumsi oleh sebagian besar populasi hewan di darat.
  • Konsumen I dalam piramida makanan ekosistem darat adalah serangga dan tikus yang memakan tumbuhan dan sejenisnya.
  • Konsumen II diisi dengan katak, ayam, dan binatang sejenis yang memakan serangga dan belalang.
  • Konsumen terbesar ketiga dalam piramida ekosistem darat adalah elang, ular, dan hewan lain yang memakan ayam dan hewan sejenis.

Jenis Piramida Makanan

Jika dibahas lebih detail, piramida makanan sebenarnya dapat dikelompokkan menurut siklus rantai makanan. Ini karena siklus makanan organisme berbeda. Contohnya termasuk hewan yang hidup di hutan, gurun, dan habitat lainnya. Piramida makanan dibagi menjadi 3 yaitu piramida energi, biomassa, dan populasi.

Misalnya untuk sebaran piramida di kawasan hutan, untuk konsumen tingkat III diisi dengan singa, harimau, cheetah dan spesies lainnya. Kemudian konsumen kedua diisi dengan hewan seperti rusa, kambing, dan banteng atau kerbau. Jenis ini disebut piramida biomassa.

Konsumen I di dalam habitat hutan adalah serangga, hewan kecil, dan hewan pengerat lainnya. Kemudian di tingkat produsen diisi dengan tumbuh-tumbuhan seperti pohon yang dimakan oleh hewan lain dan berbagai tumbuhan yang menjadi sumber makanan bagi makhluk-makhluk hutan.

1. Piramida Energi

Dalam piramida energi, tingkatan piramida juga sering diklasifikasikan menjadi Trofik I (produsen), Trofik II (konsumen I), dan seterusnya. Seperti dalam piramida distribusi makanan, semakin tinggi jumlah atau nilai gizinya, semakin kecil jumlah atau populasinya.

Dalam piramida energi, jumlah organisme pada tingkat Trofik I adalah yang tertinggi dan jumlah organisme pada tingkat 4 adalah yang terendah. Ada beberapa alasan mengapa jumlah di setiap zona nutrisi menurun.

Pertama, tidak semua makanan di Trofik 1 dikonsumsi oleh organisme di Trofik 2. Makanan yang tersedia di zona trofik tertentu tidak dapat diubah menjadi energi oleh beberapa organisme, karena mereka hanya menghasilkan kotoran.

Tidak semua makanan yang dicerna oleh suatu organisme menjadi suplemen bagi organ tubuh atau menambah berat badan. Namun, sebagian dilepaskan dan sisanya menjadi energi. Piramida energi bekerja untuk menghitung aliran energi dalam ekosistem tertentu dalam satuan (cal/m²/tahun).

2. Piramida Biomassa

Piramida biomassa adalah piramida makanan yang menggabungkan massa semua organisme dalam lingkungan tertentu. Kemudian, massa setiap organisme diukur dalam gram. Berat dihitung dari unit berat badan rata-rata menggunakan rumus perkiraan yang telah ditentukan.

Piramida biomassa terbagi menjadi 2, yaitu piramida terbalik dan piramida kanan. Piramida terbalik berisi organisme di habitat perairan, sedangkan piramida vertikal berisi organisme di habitat darat.

3. Piramida Populasi

Piramida populasi berisi informasi tentang total populasi ekosistem yang khas. Piramida populasi biasanya dibagi menjadi organisme mangsa dan predator. Keseimbangan jumlah organisme yang baik adalah jumlah mangsa harus lebih banyak daripada jumlah pemangsa.

Misalnya, dasar piramida ditempati oleh organisme atau produsen penghasil makanan, yang jumlahnya lebih banyak daripada jumlah herbivora di atasnya. Demikian pula, jumlah herbivora lebih tinggi daripada jumlah karnivora di atasnya.

Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa populasi organisme pada semua tingkatan berkurang dengan bertambahnya jumlah. Ini adalah cara produksi makanan tidak pernah terjadi. Namun jika yang terjadi sebaliknya, kekurangan pangan bisa berujung pada kepunahan.

Nah itulah artikel tentang piramida makanan dengan pengertian, contoh, gambar dan variasinya. Kami berharap bahwa mempelajari dan memahami materi ini akan bermanfaat dan membantu Anda/


Baca juga :