Cara Menggunakan Jangka Sorong Dengan Benar

Sudahkah anda tahu tentang jangka sorong? Jangka sorong merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang dan ketebalan benda dengan tingkat presisi dan akurasi sekitar 0,05 milimeter

Para enginer biasanya menggunakan jangka sorong untuk pengukuran diameter benda ataupun lubang pipa. Jangka sorong juga dapat digunakan untuk pengukuran kedalaman maupu ketinggian sebuah lubang yang kecil.

Fungsi Jangka Sorong

Fungsi dari jangka sorong untuk pengukuran benda antara lainnya yaitu :

  1. Pengukuran tinggi benda yang beritngkat
  2. Pengukuran ketebalan suatu benda dimana benda yang dapat diukur memiliki bentuk bulat, kubus, bujur sangkar, persegi, balok dan banyak bentuk lainnya.
  3. Pengukuran inner ring (bagian dalam sebuah benda)
  4. Pengukuran outer ring ( bagian luar sebuah benda)
  5. Pengukuran kedalaman benda

Fungsi Bagian Jangka Sorong

  1. Rahang Dalam
    Rahang dalam memiliki 2 bagian yaitu rahang tetap dan rahang geser. Rahang dalam mempunyai fungsi untuk pengukuran diameter luar dan ketebalan benda.
  2. Rahang Luar
    Rahang luar juga memiliki 2 bagian rahang layaknya rahang dalam. Rahang luar memiliki fungsi untuk pengukuran diameter benda
  3. Depth probe
    Depth probe memiliki fungsi untuk mengukur kedalaman dari suatu benda.
  4. Skala Utama (dalam cm)
    Skala utama digunakan untuk melihat hasil pengukuran utama dalam satuan centimeter
  5. Skala Utama (dalam inchi)
    Memiliki fungsi untuk melihat hasil dari pengukuran dalam satuan inchi
  6. Skala nonius (dalam 1/10 mm)
    Pada setiap haris skala menunjukan satuan 1/10 mm dan ada juga yang menunjukan skala ukuran 1/20 dll. Sepuluh skala nonius memiliki nilai 9 mm, sehingga jarang dua skala nonius yang berdekatan yaitu 0,9 mm. maka dari itu beda dari skala utama dan skala nonius antara lain 1 mm – 0,9 mm = 0,1 mm atau 0,01 cm. Dengan nilai skala terkecil dari benda tersebut, maka tingkat dari akurasi adalah setengah dari skala terkecil benda tersebut.
  7. Skala Nonius (untuk inchi)
    Memiliki nilai skala pengukuran inchi
  8. Tombol pengunci
    Tombol ini mempunyai fungsi untuk menahan bagian yang bergerak, sehinga pengguna dapat mengukur suatu benda menjadi lebih mudah.

Jenis Jenis Jangka Sorong

Jangka sorong memiliki dua jenis yang memiliki perbedaan dalam pembacaan skalanya antara lain

1. Jangka sorong analog (manual)

Jenis jangka sorong ini sangat sering digunakan pada saat praktikum di sekolahan maupun di universitas. Cara untuk memakai jangka sorong ini masih dengan cara manual, sehingga sangat perlu ketelitian yang tinggi. Selain itu untuk mengetahui hasil ukurnya kita juga harus menghitungnya terlebih dahulu.

2. Jangka sorong digital

Jenis dari jangka sorong ini merupakan pengembangan teknologi dari jangka sorong analog. Pada umumnya model jangka sorong digital sangat jarang kita temukan pada praktek di sekolahan. Jenis Vernier Caliper Digital mempunyai layar digital untuk memperlihatkan nilai dari benda yang sudah diukur tanpa harus menghitung terlebih dahulu. Dengan menggunakan jangka sorong digital ini anda akan lebih mudah dalam melakukan pengukuran terhadap suatu benda. Akan tetapi dari harga jangka sorong ini terbilang lebih mahal daripada jangka sorong analog.

Cara Penggunaan Jangka Sorong Yang Mudah

Untuk cara menggunakan jangka sorong yang benar adalah sebagai berikut

  1. Kendurkan terlebih dahulu penguncinya, selanjutnya geser rahang secara pelan, perkirakan dengan ukuran benda yang anda ukur. Pastikanlah saat rahang ditutup menunjukan angka nol.
  2. Setelah jangka sorong siap untuk mengukur, bersihkan terlebih dahulu rahang dan benda yang akan anda ukur. Jika masih ada kotoran yang tertempel dapat mempengaruhi hasil keakuratan pengukuran.
  3. Apitlah benda yang akan anda ukur dengan cara menutup rahang yang sudah dibuka tadi. Selanjutnya anda dapat melijat nilai dari skala utama dan skala noniusnya

Cara Menghitung Jangka Sorong

Contoh

cara menggunakan jangka sorong
Sumber : Youtube.com

Hitunglah hasil pengukurannya!

Penyelesaian :

Cara Menggunakan Jangka Sorong Dengan Benar 1
Sumber : Youtube.com
  • Pada skala utama menunjukan : 50 mm
  • Pada skala nonius menunjukan : 5 x 0.1 = 0.5 mm
  • Hasil pengukuran : (50 + 0.5 mm) = 50.5 mm = 5.05 cm.

Nah itulah cara menggunakan jangka sorong dari Sekilas Info, jika anda ingin mengetahui info info menarik lainnya anda dapat mengeksplore artikel artikel yang ada di Sekilasinfo.net anda dapat menyimak berbagai informasi untuk menambah wawasan anda.

 

 


Baca juga :


Tinggalkan komentar