Apa itu Proxy? Pengertian, Fungsi Hingga Cara Kerja

Apakah Anda sedang bingung mencari informasi mengenai apa itu proxy dan bagaimana cara kerja dari proxy? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel kami, karena kali ini kami akan membahas menganai pengertian apa itu proxy, fungsi dari proxy, dan bagaimana cara kerja dari proxy. Langung saja tengok pembahasan kami dibawah ini mengenai apa itu proxy.

Sekarang ini kita hidup di zaman yang sudah modern, dimana semua ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berkembang dengan pesat. Perkembangan – perkembangan teknologi yang pesat ini mengakibatkan kita tidak bisa jauh dengan yang namanya internet, entah itu untuk sekolah, bekerja, atau kegiatan lainnya, bahkan untuk sekarang ini saat berbelanja pun kita terkadang juga memerlukan sebuah internet. Ketika kita terhubung ke sebuah internet, maka kita memerlukan sebuah perlindungan untuk melindungi data pribadi kita, karea ketika sebuah perangkat mulai terhubung dengan internet, maka server atau ISP bisa mendapatkan informasi perangkat dengan lokasi dan informasi pribadi pengguna.

Dengan begitu, tentu saja kita tidak mau informasi pribadi atau data pribadi kita tersebar luas, karena jika data pribadi atau informasi pribadi tersebar luas, maka bahaya akan mengintai jika ada pihak – pihak yang tidak bertanggungjawab. Maka dari itu, terdapat sebuah teknologi yang dapat melindungi data pribadi kita atau informasi pribadi kita agar tidak diketahui oleh orang lain, teknologi tersebut bernama proxy. Simak dibawah ini mengenai pengertian apa itu proxy.

Apa Itu Proxy?

apa itu proxy

Apa itu proxy? Proxy merupakan sebuah sistem yang memungkinkan kita untuk mengakses jaringan internet dengan menggunakan IP yang berbeda dengan yang diterima oleh perangkat, atau secara singkatnya adalah proxy dapat membantu Anda untuk menyembunyikan data asli Anda agar data asli pribadi Anda tetap aman. Proxy bisa bekerja jika menggunakan proxy server, yaitu perangkat yang digunakan atau komputer yang digunakan untuk menyediakan layanan proxy. Sehingga data yang akan diterima oleh website tujuan akan mendapatkan alamat IP dari proxy server bukan dari IP Anda atau IP pengguna.

Proxy ini sudah banyak digunakan oleh orang – orang untuk mengunjungi sebuh situs yang sudah diblokir di wilayah atau daerah tertentu. Banyak juga perusahaan yang menggunaakn layanan proxy ini untuk membuat jaringan bisnis yang tertutup.

Baca juga: 13 Mall di Bogor yang Lengkap Wajib Dikunjungi

Bagaimana Cara Kerja Proxy?

Setelah Anda mengetahui pengertian apa itu proxy, selanjutnya pasti Anda bingung bagaimana cara kerja dari proxy ini. Proxy server ini terletak diantara local computer dengan jaringan internet. Tanpa adanya proxy ini, informasi dari perangkat yang Anda gunakan diteruskan oleh router penyedia layanan internet atau biasa yang disingkat dengan nama ISP, lalu baru diteruskan ke server yang sedang Anda kunjungi tersebut. jadi, contohnya yang gampang seperti ini. misal Anda ingin mengunjungi suatu website, permitaan Anda yang ingin mengunjungi website tersebut akan diteruskan kepada proxy terlebih dahulu, atau akan diterima oleh proxy terlebih dahulu untuk datanya diubah. Setelah data Anda sudah diubah oleh proxy, baru kemudian akan diteruskan untuk menuju website yang ingin Anda kunjungi. Sehingga, dengan begitu website yang Anda kunjungi akan menerima alamat IP dari sistem proxy Anda, bukan dari alamat IP Anda. Jadi proxy ini akan melindungi data Anda atau alamat IP perangkat Anda saat Anda mengunjungi sebuah website.

Apa Saja Fungsi dari Proxy?

apa itu proxy

Proxy ini memiliki banyak sekali fungsinya jjika Anda gunakan dengan baik. Sistem ini memiliki beberapa fungsi utama untuk penggunanya. Berikut dibawah ini beberapa fungsi utama dari sistem proxy:

1. Mengontrol Penggunaan Internet Anak

Anda sebagai orang tua, Anda bisa memanfaatkan sistem proxy ini untuk membatasi dan memantau akses internet dari anak Anda. Proxy server ini bisa memberi tahu apa saja website yang sedang dikunjugi oleh anak Anda, karena proxy ini dapat terhubung dengan perangkat yang Anda gunakan. Sehingga, dengan begitu Anda bisa mengawasi dan mengontrol penggunaan internet pada anak Anda.

2. Meningkatkan Keamaan User/ Pengguna

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, bahwa proxy ini dalam bekerjanya mengubah alamat IP yang dterima oleh sebuah website. Maka dari itu, proxy ini memiliki fungsi utama yaitu meningkatkan keamanan dari user atau penggunanya. Bisa dikatakan bahwam saat Anda menggunakan proxy sama saja dengan Anda menulusuri website secara anonim, sehingga keamanan Anda cukup terjamin.

3. Mengakses Website yang sudah Diblokir

Anda bisa memanfaatkan penggunaan proxy untuk membuka website yang sudah diblokir oleh pemerintah. Terkadang terdapat beberapa konten yang disembunyikan, hal ini sebagian besar disebabkan oleh regulasi jaringan dan hak cipta. Tapi dengan menggunakan proxy ini, Anda bisa mengakses website tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa alamat IP yang akan diterima oleh website akan dirubah oleh sistem proxy, sehingga website tidak bisa mengenali alamat IP asli Anda, jadi Anda bisa mengunjungi website tersebut.

Baca juga: 10 Mall di Semarang yang Lengkap Wajib Dikunjungi

4. Pemantauan Trafik

Proxy ini juga memiliki fungsi untuk memantau sebuah trafik atau memonitoring pengguna internet. Hal ini sering diterapkan di beberapa lembaga pendidikan maupun perusahaan, untuk memonitoring penggunaan internet.

Kekurangan Proxy

Selain fungsi dan kelebihan, proxy juga memiliki beberapa kekurangan yang wajib Anda ketahui. Berikut dibawah ini beberapa kekurangan dari penggunaan proxy:

1. Mudah Dilacak dan Disusupi

Proxy juga bisa dihack oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Sistem proxy ini memiliki fungsi utama yaitu sebagai perantara antara user dengan internet. Sehingga proxy menyimpan semua data informasi pribadi Anda yang bersifat pribadi dan penting. Jika seorang hacker bisa menjebol sistem ini, sudah pasti hacker akan mendapatkan berbagai data atau informasi penting Anda.

2. Proxy memantau Aktivitas Internet

Hampir sama dengan diatas, hacker masih bisa melihat, memantau, memonitoring data Anda dengan melalui proxy. Karena di dalam proxy, menympan berbagai data atau informasi pengguna saatterakses dengan internet.

3. Gratis Sehingga Beresiko

Karena sistem ini gratis, maka proxy tidak menggunakan perangkat yang terenkripsi secara back – end yang canggih. Dengan masalah ini, maka sistem proxy terkadang terdapat kendala dalam kinerja dan keamanan informasi atau data.

Baca juga: Navigasi Website: Pengertian Hingga Cara Merancangnya

4. Tidak Full Melindungi dari Cyber

Meskipun Anda bisa mengakses dengan menggunakan alamat Ip milik proxy, namun Anda jangan langsung percaya dengan sistem keamanan milik proxy. Hal ini harus menjadi perhatian Anda, karena banyak server proxy yang masih belum menggunakan enkripsi, sehingga rawan terjadi data Anda dibobol oleh hacker.

Diatas tadi merupakan sedikit penjelasan dari kami mengenai apa itu proxy, cara kerja proxy dan juga fungsinya. Semoga sedikit artikel mengenai apa itu proxy diatas bisa menambah wawasan Anda mengenai apa itu proxy dan bagaimana cara bekerjanya. Bijaklah dalam menggunakan internet, karena sesungguhnya bahaya internet berada di dekat Anda, selalu waspada dan tetap berhati – hati. Sekian dari kami, jika ada kesalahan dalam penulisan di dalam artikel tentang apa itu proxy, kami mohon maaf sebesar – besarnya. Terimakasih dan sampai jumpa di lain artikel! Semoga sehat selalu.

 


Baca juga: