Navigasi Website: Pengertian Hingga Cara Merancangnya

Apakah Anda sedang mencari informasi mengenai navigasi website? Tepat sekali Anda berkunjung pada artikel kami, karena kali ini kami akan membahas mengenai apa itu navigasi website hingga sampai cara merancangnya atau membuatnya. Langsung saja baca penjelasan kami dibawah ini.

Bagi Anda yang bekerja atau sudah berkecimpung di dunia IT atau yang berhubungan dengan teknologi, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang akan kami bahas kali ini. Navigasi website ini sudah cukup sering dijumpai oleh mereka yang bekerja pada bidang IT. Bagi Anda yang belum mengenal mengenai navigasi website, simak penjelasan kami dibawah ini.

Apa Itu Navigasi Website?

Navigasi website

Navigasi website menjadi bagian penting dari sebuah desain web. Navigasi website merupakan sebuah tampilan yang dapat membantu pengunjung laman website dalam mengakses website tersebut. Navigasi website ini bertujuan agar memudahkan pengunjung dalam mengakses dan membantu pengunjung masuk ke dalam halaman yang mereka butuhkan lebih cepat. Sebuah website yang memiliki struktur tampilan website yang baik, akan bisa mengakibatkan pengunjung web merasa nyaman dan betah saat mengunjungi laman website tersebut. Maka dari itu, pentingnya memiliki navigasi website yang baik dan nyaman dilihat, agar pengunjung merasa nyaman.

Di dalam navigasi website ini biasanya berisikan sebuah petunjuk untuk berpindah ke halaman lain yang berisikan sesuai dengan keinginan si pengunjung. Sehingga, dengan adanya navigasi ini pengunjung dapat mengetahui untuk meng-klik petunjuk yang mana akan membawa pengunjung pada halaman yang diinginkan atau yang diakses.

Baca juga: 10 Mall di Semarang yang Lengkap Wajib Dikunjungi

Apa Pentingnya Navigasi Website?

Navigasi website

Apabila website Anda memiliki navigasi website yang baik, maka akan ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan. Berikut dibawah ini merupakan beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika Anda memiliki navigasi website yang baik:

1. Menurunkan Bounce Rate

Pasti Anda akan merasa sedikit asing dengan sebutan bounce rate ini. Bounce rate adalah sebuah presentase yang menunjukkan banyaknya kunjungan yang dilakukan oleh pengunjung ke halaman pertama saja atau ke single – page dan tanpa diikuti dengan tindakan selanjutnya. Jadi, bisa dikatakan bahwa bounce rate ini pengunjung hanya mengunjungi halaman pertama website saja, tidak dilanjutkan untuk mencari informasi lainnya di website yang dikunjungi tersebut.

Maka dari itu, pentingnya sebuah navigasi website yaitu dapat menurunkan presentase pengunjung melakukan bounce rate. Karena jika bounce rate menunjukkan angka yang cukup tinggi, hal tersebut berarti bahwa tampilan website milik Anda tidak menarik dan tidak membuat pengunjung betah mengunjungi website Anda.

Tidak hanya harus menarik saja, selain menarik sebuah navigasi website juga harus menunjukkan nama menu yang sesuai dengan isi website, sehingga tidak membingungkan pengunjung. Dengan begitu, angka presentase bounce rate bisa ditekan dan tidak melambung tinggi.

2. Meningkatkan Konversi

Hal ini terkhusus untuk sebuah website yang berbasis bisnis. Di website bisnis, tampilan menu yang tertata dengan rapi dan baik akan menyebabkan halaman website mudah untuk ditemukan, sehingga dapat mendorong pengunjung website untuk membeli produk barang atau jasa milik website Anda.

Jika tampilan menu pada website Anda terkesan acak – acakan dan tidak rapi, maka pngunjung akan sukar untuk menemuka sebuah produk yang diingingkan, sehingga pengunjung dapat mengurungkan niat untuk membeli produk di website Anda. Maka dari itu, untuk website bisnis, sangat penting untuk memperhatikan navigasi website ini. Karena dapat berpengaruh terhadap keuntungan atau profit perusahaan.

Baca juga: 12 Mall di Bandung yang Lengkap Wajib Dikunjungi

3. Membantu SEO

Search Engine Optimization atau yang biasa dikenal dengan sebutan atau singkatan SEO adalah sebuah upaya untuk menoptimasi atau memaksimalkan ranking website agar menjadi yang teratas di dalam hasil pencarian Google. Dengan adanya Search Engine Optimization atau SEO ini website akan mudah ditemukan oleh pengunjung dan akan memiliki potensi untuk mendapatkan traffic yang lebih banyak.

Tampilan menu website yang baik dan tertata rapi, akan membantu meningkatkan upaya SEO. Karena dengan memiliki susunan yang rapi, jelas, dan mudah ditemukan pengunjung maka Google bisa mendapatkan website Anda dengan mudah dan cepat.

4. Memungkinkan Website untuk Mendapatkan Sitelink

Sitelink ini berisi sebuah link untuk menuju ke berbagai macam halaman website tersebut yang cukup terkenal atau populer. Hal ini berhubungan dekat dengan adanya navigasi website yang baik, karena dengan memiliki navigasi website yang baik, maka website milik Anda akan mendapatkan sebuah sitelink di hasil explore Google atau di hasi pencarian Google. Dengan adanya sitelink ini, website Anda akan lebih mudah untuk ditemukan oleh para pengunjung dan lebih banyak pengunjung yang akan mengklik website Anda.

Bagaimana Cara Merancang Navigasi Website?

Navigasi website

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk merancang navigasi website yang baik dan benar. Berikut dibawah ini beberapa tips yangb bisa Anda gunakan:

1. Rencanakan dengan Baik

Anda harus memiliki konsep website yang sudah pasti, karena awal dalam merancang sebuah navigasi website yaitu menentukan konsep website yang Anda inginkan. Konsep tersebut akan menjadi sebuah navigasi dasar yang kemudian dapat menjadi sebuah acuan dasar untuk membuat tampilan – tampilan kecil lainnya yang bersifat mendetail.

2. Letak Navigasi

Navigasi ini akan membawa pengunjung website dari hal yang bersifat umum hingga ke hal yang bersifat mendetail. Pada halaman pertama, lebih baik dimuat tampilan – tampilan menu yang bersifat umum, kemudian halaman berikutnya akan lebih terperinci dan lebih mendetail mengenai isi website Anda.

Baca juga: 13 Mall di Medan yang Lengkap Wajib Dikunjungi

3. Konsisten

Sebaiknya tampilan – tampilan menu pada halaman website tidak perlu dirubah tata letaknya, sehingga pengunjung bisa lebih mudah untuk menemukan menu – menu tersebut. Karena dengan konsisten untuk tidak mengubah tata letak menu, tentu saja akan memudahkan pengunjung untuk mengunjungi halaman website Anda.

4. Singkat dan Deskriptif

Kata – kata yang ada di dalam menu haruslah merupakan kata – kata yang singkat namun dapat menjelaskan secara jelas. Disinilah pentingnya menggunakan diksi – diksi kata yang cocok, sehingga tidak memiliki makna yang bertele – tele dan tentu saja memudahkan pengunjung saat mengunjungi website Anda. Sebaiknya gunakan istilah kata yang mudah dimengerti, tidak bermakna ganda, singkat, dan lazim.

5. Beri Tanda Petunjuk

Halaman website akan terlihat lebih baik, jika pada halaman website tersebut memiliki petunjuk yang bisa memudahkan pengunjung untuk mengenalinya. Misalnya, diberikan sebuah petunjuk mengenai visi misi, tengtang kami, contact us, alamat, dan lain sebagainya yang bisa membantu pengunjung untuk memudahkan saat mengunjungi website Anda.

6. Beri Sitemap

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, sitemap memiliki peran yang penting di dalam sebuah website atau navigasi website. Maka dari itu, untuk merancang sebuah navigasi website yang baik dan benar, gunakan sitemap. Hal ini berguna untuk memudahkan dan mempersingkat pengunjung untuk mengunjungi halaman lain.

Itulah tadi sedikit penjelasan dari kami mengenai pengertian navigasi website hingga cara merangcangnya. Semoga sedikit penjelasan dari kami bisa menambah wawasan Anda tentang navigasi website. Sekian dari kami, jika ada kesalahan dalam penulisan artikel, kami mohon maaf. Terimakasih dan sampai jumpa dilain artikel!

 


Baca juga: